Halo sobat Martinrecords! Buah-buahan merupakan kebutuhan manusia yang sangat penting, karena didalamnya terkandung 1001 manfaat bagi tubuh. Oleh karena itu, buah sangat digemari oleh semua makhluk hidup. Tak hanya kaya dengan manfaat, buah-buahan pun memiliki rasa yang sangat enak dan banyak sekali rasanya. Namun, tahukah kamu bahwa dari banyaknya jenis buah, ada juga buah yang tak layak untuk dikonsumsi dan sangat berbahaya bagi kesehatan kita. Loh kok ada ya? Nah, daripada penasaran lebih baik kita simak ulasan berikut ini.

Pengertian Buah-buahan

Buah adalah salah satu bagian dari tanaman yang berasal dari bunga dan merupakan bagian penting bagi tumbuhan yang berkembangbiak secara generatif. Karena biji tersebut nantinya jika di tanam akan tumbuh dan berkembang menjadi individu baru yang mempunyai sifat seperti kedua induknya. Setiap buah berasal dari bunga, tapi tidak setiap bunga menghasilkan buah. Contoh bunga yang menghasilkan buah adalah mangga, jambu, rambutan dan lain-lain. Sedangkan bunga yang tidak menghasilkan buah adalah tanaman bunga-bungaan seperti melati. Buah identik dengan bahan pangan yang dapat di makan mentah atau tanpa diolah dulu.

Buah-buahan bagus untuk kesehatan manusia karena kaya akan kandungan vitamin, kalsium, protein dan serat. Selain bagus untuk kesehatan, banyak pula jenis buah-buahan yang bisa dimanfaatkan untuk mempercantik kulit. Namun, dibalik sejuta manfaat yang ditawarkan oleh buah-buahan, ada beberapa jenis buah yang harus hati-hati jika mengkonsumsinya. Berikut 8 buah-buahan yang berbahaya bagi kesehatan jika salah konsumsi.

1. Durian

Siapa yang menyangka, buah yang sangat banyak diminati ini bisa berbahaya bagi kesehatan jika anda salah mengkonsumsinya. Alkohol dan asam arachidonat yang terkandung dalam buah durian sangat tinggi, sehingga tidak dianjurkan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsinya secara berlebihan. Mengkonsumsi buah durian secara berlebihan bagi ibu hamil bisa beresiko mengalami keguguran. Tak semua orang suka durian. Tapi bagi penggemar fanatiknya, durian barangkali menjadi buah paling enak di dunia.

Walau begitu banyak yang menyebut durian berbahaya bagi kesehatan. Nah, adakah efeknya bagi tubuh jika kita kebanyakan makan durian? Benarkah makan durian terlalu banyak bisa bikin mabuk? Durian termasuk buah yang tinggi kalori. Oleh karena itu, saran porsi penyajian durian bagi orang dewasa pada umumnya adalah 100-200 gram per satu kali makan.

2. Apel

Buah apel memiliki rasa yang luar biasa dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, tapi tahukah Anda efek berbahaya buah apel? Buah ini bukan hanya bermanfaat, tapi juga ada efek berbahaya apel. Efek berbahaya apel terjadi jika dikonsumsi berlebihan. Para ilmuwan telah menemukan bahwa apel juga mengandung racun sianida sama seperti almond.

Bedanya buah apel hanya dibagian bijinya saja yang mengandung racun sianida. Jika seseorang mengkonsumsi banyak buah apel dengan ikut menelan bijinya, orang itu akan mengalami gejala sakit perut, muntah, dan keringat berlebihan. Berikut ini efek samping jika anda memakan secara berlebihan.

  • Meningkatkan gula darah
  • Melemahkan tulang
  • Penyakit jantung
  • Alergi
  • Diare

3. Kacang Almond

Banyak yang beranggapan kacang almond kaya akan vitamin B dan E, mineral, kalsium dan zat besi yang bagus bagi tubuh. Sehingga tak heran jika kacang almond ini dijadikan sebagai camilan setiap saat. Siapa sangka, buah yang biasa dimakan bersamaan dengan cokelat ini ternyata mengandung sianida di dalam buahnya. Perlu teknik memasak yang tepat agar kandungan itu hilang dan aman untuk dikonsumsi. Bahkan, buah almond mentah juga ternyata tidak diperjual-belikan secara bebas dikarenakan faktor tersebut.

Terlalu berlebihan mengonsumsi kacang almond juga bisa menyebabkan efek keracunan meskipun dampak ini tergolong jarang terjadi. Hanya saja, kita memang sebaiknya mewaspadai keberadaan asam hidrosianat di dalam kacang almond yang bisa memicu gangguan pernapasan, gangguan pada sistem saraf, atau bahkan tersedak. Kandungan ini biasanya ditemukan pada kacang almond yang memiliki rasa pahit.

4. Tomat muda

Tomat merupakan buah yang sangat berguna bagi bumbu pada masakan, tomat merah dibuat minuman seperti jus. Manfaat mengkonsumsi buah ini juga telah sering diberitakan di dunia maya seperti memperlancar sistem pencernaan, membantu memulihkan fungsi liver, menyembuhkan penyakit kolera, membantu mengurangi resiko kanker prostat dan sebagainya. Namun, berbeda dengan tomat muda, siapa yang menduga jika tomat muda mengandung zat citropin dan solanin yang beracun.

Gejala yang ditimbulkan adalah mulut seperti terbakar, sakit pada perut, mual dan muntah. Pastikan Anda mengkonsumsi buah tomat hijau yang telah matang untuk menghindarkan bahaya racun yang terkandung didalamnya. Jika tomat tersebut telah matang maka kandungan solaninnya akan berubah menjadi solanidin yang tidak berbahaya bagi kesehatan.

5. Pepaya muda

Meski banyak memberikan manfaat kesehatan dan baik untuk sistem metabolisme tubuh, buah pepaya ternyata tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan, terutama yang masih mentah. Terdapat sejumlah efek samping yang akan didapatkan dari mengonsumsi buah pepaya terlalu banyak atau berlebihan.

Mau tahu apa saja efek samping yang terjadi saat mengonsumsi terlalu banyak buah pepaya?

  • Menyebabkan keguguran, Fakta bahwa pepaya bisa menyebabkan alergi lateks pada individu. Ini bisa berpotensi berbahaya bagi ibu dan juga anak yang belum lahir
  • Masalah pencernaan, Papain yang sama yang bisa menenangkan perut Anda juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan jika dikonsumsi berlebihan.
  • Menyebabkan batu ginjal, Pepaya penuh dengan vitamin C dan penelitian menunjukkan bahwa kelebihan vitamin C (lebih dari 2.000 mg per hari untuk orang dewasa dan lebih dari 1.200 mg per hari untuk anak-anak) bisa menyebabkan gejala keracunan, termasuk batu ginjal.
  • Menyebabkan gangguan pernafasan, Papain dalam pepaya juga merupakan alergen yang potensial. Orang-orang yang mengonsumsi banyak pepaya akhirnya menelan papain berlebihan dan ini bisa menyebabkan alergi pada pernapasan.

6. Leci

Bagi penderita diabetes mengonsumsi leci mungkin sangat membantu untuk menurunkan gula darah, tetapi konsumsi leci yang tidak terkontrol bisa menurunkan gula darah kita ke taraf yang sangat rendah. Kondisi inilah disebut hipoglikemia.

Apalagi jika pasien diabetes sudah mengonsumsi obat untuk mengendalikan kadar gula darah, konsumsi leci justru akan memperburuk kondisinya.

7. Nanas

Bila Anda alergi terhadap udara dingin, hindarilah mengonsumsi nanas. Kenapa? Enzim yang tersemat dalam nanas berpotensi besar memperburuk alergi bahkan menyebabkan sakit tenggorokan. Penderita nyeri sendi tak disarankan untuk menyantap buah nanas. Perlu Anda tahu, nanas dapat memperparah nyeri sendi yang dialami.

Meskipun buah nanas sehat dan lezat, apabila memakan berlebihan dapat menyebabkan desensitisasi gigi atau kerusakan gigi. Buah-buahan seperti nanas yang sangat asam di alam memulai proses kimia di mulut ketika dikonsumsi. Kandungan asamnya bisa melembutkan enamel dan menyebabkan kerusakan gigi.

8. Kacang tanah

Hal ini disebabkan oleh kadar kalori di dalam kacang yang sebenarnya cukup banyak. Sebagai contoh, jika kita mengonsumsi kacang almond sejumlah satu ons saja, maka kita sudah mengonsumsi 163 kalori. Padahal, terkadang kita mengonsumsinya lebih dari jumlah tersebut. Selain itu, jika kita mengonsumsi kacang yang digoreng, maka kita pun akan mengonsumsi lemak dalam jumlah yang cukup banyak.

Padahal, lemak bisa menyebabkan pencernaan berjalan dengan lebih lambat dan akhirnya membuat gangguan pencernaan seperti perut kembung atau begah.

Nah, itulah beberapa buah-buahan yang tidak baik dikonsumsi jika dengan cara berlebihan. Apapun makanan yang kita makan sudah pasti memiliki jutaan manfaat yang baik bagi kesehatan, namun jangan beranggapan bahwa semua makanan yang baik akan menghasilkan kesehatan yang baik pula, malah beberapa makanan yang memiliki kadar vitamin yang baik, bisa menjadi pemicu resiko penyakit yang lebih serius karena terlalu berlebihan mengkonsumsinya. Maka dari itu, tetap jaga kesehatan dan lengkapi kebutuhan tubuhmu secukupnya saja, tidak baik untuk berlebihan ya gaes :D. Sekian dan terima kasih.