Penderita Anoreksia Yang Berhasil Bangkit Kembali

March 23, 2017 1969 Views

Tubuh yang ideal dan menarik merupakan idaman semua para wanita. Demi mendapatka hal tersebut, wanita rela tidak makan dan melakukan diet keras. Akan tetapi, jika melakukan diet yang berlebihan dapat menyebabkan anoreksia. Anoreksia nervosa merupakan suatu masalah kesehatan jiwa yang mana pengidapnya terobsesi untuk memiliki tubuh kurus dan sangat takut jika mereka terlihat gemuk.

Mereka bahkan selalu menganggap tubuhnya masih kurang kurus atau masih gemuk meski kenyataannya tidak seperti itu. Usia 16-17 tahun merupakan usia yang dianggap rawan bagi gangguan ini untuk mulai muncul. Mayoritas pengidap anoreksia berasal dari kalangan remaja putri dan wanita dewasa.

1. Gemma Walker

Remaja anoreksia yang sedikit lebih berat dari empat batu dan diberikan 48 jam untuk hidup telah berbagi foto mengerikan dari penyakit yang dideritanya setelah pemulihan yang menakjubkan. Ketika Gemma Walker berusia 14 tahun, dia didiagnosis dengan anoreksia nervosa dan bulimia. Dokter memperingatkan bhwa dia bisa meninggal tanpa pengobatan. Dengan bobot 28 kilogram Gemma juga mengalami permasalahan dengan pernafasan yang membuatnya perlu diawasi secara ketat. Selama tujuh tahun berikutnya ia dirawat di rumah sakit tiga kali dengan satu perawatan darurat dan dua penerimaan kejiwaan dan re-feeding jangka panjang.

2. Rachael Farrokh

Rachael Farrokh, 37, dari San Clemente, California, menjadi berita utama setelah posting video merinci panjang dekade memperjuangkan hidup dari penyakit yang dideritanya. Rachael Farrokh hanya memiliki berat badan sekitar 18 kg saja. Setelah simpatisan dalam donasi online untuk dirinya hampir mencapai $200.000, ia mampu untuk menangani tagihan medis dan menjalani pengobatan untuk menyelamatkan nyawa. Kurang dari enam bulan melakukan pengobatan, akhirnya Rachael Farrokh mulai pulih dan telah memperoleh kembali berat badannya yang hilang.

3. Rowena Buxton Henderson

Karena sebuah peringatan yang diberikan disekolahnya, Rowena yang takut mengalami obesitas kemudian secara mental mengalami gangguan makan dan perlahan menuju anorexia. Dengan tinggi badan 182 cm, Rowena kala itu hanya memiliki berat 31 kilogram saja. Praktis hal terebut membuatnya terlihat bak tulang yang hidup. Bahkan ibunya telah sempat mempersiapkan makam untuk Rowena yang divonis dokter tidak bisa bertahan. Namun berkat kegigihannya Rowena kini bisa mengembalikan berat badannya dan berniat menjalankan hidupnya secara lebih baik.

4. Beth Hall

Pekerja toko cokelat yang hanya hidup dari 10 kalori per hari selama masa remajanya telah membuat pemulihan yang luar biasa. Beth Hall (24) dari Cambridge, berjuang melawan anoreksia saat bekerja di sebuah toko cokelat. Tersiksa oleh pengganggu kejam di sekolah, Beth mulai rajin diet ketat pada usia 16 tahun yang hanya mengkonsumsi teh hitam dan kopi saja.

Bertekad untuk menurunkan berat badan, Beth sering pergi selama tiga hari tanpa makan apapun. Setelah bertahun-tahun melakukan hal tersebut, akhirnya dia pergi ke klinik dan mengatakan bahwa dia mengalami gangguan makan. Setelah kejadian tersebut meth melalukan pemulihan penuh dan berhasil melawan anoreksia yang di deritanya. Setelah melakukan pemulihan penuh, dia kembali melakukan studi desain grafis di Anglia Ruskin University di Cambridge.

5. Nicky Royle

Nicky sebelumnya adalah penderita anoreksia yang berat badannya pulih setelah anjlok hingga 28 kg dan mengakibatkan jantungnya berhenti berdetak. Nicky membiarkan dirinya kelaparan sejak umur 13 tahun dan secara teratur melewatkan makanan dan menyembunyikan makanan serta bertahan dengan mengkonsumsi obat pencahar, pil diet dan satu apel per hari. Empat tahun kemudian, dia hampir meninggal di rumah sakit.

Setelah kejadian tersebut ia memutuskan untuk melakukan sesuatu untuk sembuh dari anoreksianya dan menghabiskan tahun berikutnya dengan keluar masuk rumah sakit agar menjadi lebih baik. Saat ia mulai kembali memperkenalkan dirinya ke dunia makanan, mahasiswi jurusan fashion di Newcastle University ini menemukan bahwa dirinya memiliki bakat di dapur. Nicky pun berniat untuk membuka sebuah toko roti. Saat ini Nicky menjadi seorang blogger di bidang makanan.

Jadi bagi Anda yang suka melakukan diet, jangan terlalu ketat ya guys. Karena jika Anda melakukan tersebut dengan ketat, bisa jadi Anda menjadi salah satu dari penderita anoreksia.