Yuk, Kenali lebih Dalam Mengenai Es Krim

April 8, 2018 3933 Views

Jika kita berbicara mengenai makanan penutup ataupun cemilan yang menyegarkan, es krim merupakan salah satu yang bisa kita nikmati. Untuk bisa menikmati es krim, seperti yang kita tahu bukanlah hal yang susah karena dimanapun kita bisa dengan mudah mendapatkan olahan makanan yang satu ini.

Es krim biasanya akan terasa nikmat bila disajikan dan dikonsumsi pada cuaca yang terbilang panas. Hal tersebut karena rasa dingin yang ada pada es krim mampu membuat dahaga kita merasa lebih baik dikala cuaca sedang panas. Selain itu, es krim juga sangat cocok untuk dinikmati bersama orang terdekat maupun sanak saudara.

Berbicara mengenai es krim, berikut ini adalah hal-hal menarik yang bisa kita pahami bersama mengenai sajian olahan kuliner yang satu ini. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasannya berikut ini.

Apa Itu Es Krim

Es krim bisa dikatakan merupakan salah satu jenis olahan kuliner yang paling banyak digemari di dunia. Dengan berbagai macam rasa yang menggugah selera dan tentunya sangat nikmat, bukan hal aneh lagi jika es krim termasuk yang paling banyak diminati. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya restoran ataupun toko-toko yang menjual cemilan dengan sensasi dingin ini.

Mulai dari usia muda hingga tua, es krim bisa dinimati oleh siapa saja tanpa memandang usia. Es krim adalah produk pangan beku yang dibuat melalui kombinasi proses pembekuan dan agitasi pada bahan-bahan yang terdiri dari susu dan produk susu, pemanis, penstabil, pengemulsi, serta penambah citarasa (flavor).

Es krim biasa dikonsumsi sebagai makanan selingan (dessert) dan dikelompokkan dalam makanan camilan (snack). Prinsip pembuatan es krim adalah membentuk rongga udara pada campuran bahan es krim sehingga diperoleh pengembangan volume yang membuat es krim menjadi lebih ringan, tidak terlalu padat dan mempunyai tekstur yang lembut.

Menurut SNI (1995) es krim adalah jenis makanan semi padat yang dibuat dengan cara pembekuan tepung es krim atau dari campuran susu, lemak hewani maupun nabati, gula, dengan atau tanpa bahan makanan lain dan bahan tambahan makanan yang diizinkan. Es krim merupakan hasil pembekuan sebagian sistem buih (foam) yang biasanya mengandung 40-50% udara (v/v).

Fasekontinyu dari buih tersusun oleh kristal es, partikel padatan terlarut, dan koloidal (garam, protein, gula, dan stabilizer), serta lemak dalam bentuk emulsi. Jumlah protein di dalam es krim cukup tinggi. Protein tersebut sebagian besar berasal dari susu yang mengandung protein hewani yang sangat baik dan sisanya berasal dari bahan penstabil.

Es krim merupakan salah satu produk olahan susu yang dibuat dengan cara membekukan dan mencampur bahan baku secara bersama-sama. Bahan yang digunakan dalam proses pembuatannya biasanya adalah kombinasi susu dengan satu atau lebih bahan tambahan lain seperti gula dan madu dengan atau tanpa stabilizer. Campuran tersebut akan membentuk sistem emulsi beku. Oleh karena itu, mutu es krim yang dihasilkan sangat dipengaruhi oleh cara pengolahan dan bahan baku termasuk stabilizer yang digunakan.

Es krim mempunyai struktur berupa busa yaitu gas yang terdispersi dalam cairan, yang diawetkan dengan pendinginan sampai suhu beku. Es krim tampak sebagai wujud yang padu, tetapi bila dilihat dengan menggunakan mikroskop akan tampak empat komponen penyusun es krim yaitu padatan globula lemak susu, udara yang ukurannya tidak lebih dari 0,1 mm, kirstal-kristal kecil es dan air yang melarutkan gula, garam dan protein susu.

Sejarah Perkembangan Es Krim

Sebagian dari kita atau bahkan kita semua pastinya pernah merasa penasaran mengenai bagaimana sejarah perkembangan yang ada mengenai es krim ini. Menurut Oxford English Dictionary kata “es krim” pertama kali muncul pada tahun 1688 dan kemudian muncul lagi istilah yang lainnya yaitu “ice cream” yaitu pada 1744. Sampai sekarang pun kedua kata itu masih tetap dipakai.

Sejarah kemunculan es krim dipercaya berawal dari zaman kepemimpinan Kaisar Nero dari Romawi di tahun 64 Masehi. Ini terbukti dari catatan sejarah yang menceritakan mengenai salah satu hidangan pesta. Hidangan tersebut adalah es salju halus yang diambil dari penggunungan dan dihidangkan bersama buah-buahan serta madu.

Di alkitab menyebutkan bahwa Nabi Sulaiman AS atau dikenal dengan king salomon sangat menyukai minuman es. Di zaman kekaisaran Romawi, Raja Nero Claudius Caesar (54-46 SM) sering menyuruh para prajuritnya pergi ke pegunungan bersalju mengambil es dan kemudian dicampur dengan buah atau dijadikan jus.

Cerita lainnya mengatakan bahwa sekitar tahun 1254 M, Marcopolo yang baru kembali dari Cina, membawa oleh-oleh cara pembuatan es krim. Saat itu, sebenarnya di Italia sendiri sudah dikenal jenis es tersebut dari sirop khas Italia. Dengan tangan dingin Marcopolo, es sirop Italian tersebut mengalami modifikasi. Rasanya yang enak membuat es sirop ini menjadi favorit banyak orang dan menyebar ke negara Eropa lainnya.

Para sejarawan memperkirakan bahwa resep yang dibawa oleh Marco Polo ini kemudian berevolusi menjadi es krim tepatnya pada abad ke 16. Orang Inggris terlebih dahulu menemukan es krim dibanding orang Italia. Cream Ice nama tersebut muncul di meja Charles I pada abad ke 17.

Perancis kemudian memperkenalkan makanan penutup berupa makanan beku yang mirip dengan es krim. Ini pertama kali diperkenalkan oleh Catherine de Medici pada tahun 1553 saat ia menjadi istri dari Henry II dari Perancis. Baru pada tahun 1660 es krim tersedia untuk masyarakat umum. Procopio Sisilia memperkenalkan resep untuk mencampur susu, krim, mentega dan telur di Café Procope, kafe pertama di Paris.

Bahan dasar es sirop semakin berkembang, bukan hanya dari sirop melainkan menjadi susu dan krim. Bahan dasar baru ini membuat rasanya semakin kaya, tidak hanya manis tetapi juga gurih dan teksturnya semakin lembut. Setelah itulah sekitar abad ke-18, orang Inggris menyebutnya ice cream.

Tetapi yang paling awal mengenalkan bentuk es krim seperti sekarang adalah Kaisar Tang dari Dinasti Shang, China, pada tahun 700 Masehi. Ketika disajikan es yang diambil dari salju, Kaisar meminta agar es tersebut dicampur dengan susu sapi, tepung, dan sedikit kapur barus. Adonan ini diaduk hingga membentuk krim. Maka, jadilah adonan es krim seperti yang kita kenal sekarang.

Keterangan resmi mengenai es krim pertama di dunia berasal dari surat yang ditulis oleh seorang tamu gubernur Maryland William Bladen pada tahun 1744. Iklan pertama tentang es krim kemudian muncul di koran New York GAzette pada tanggal 12 mei 1777, saat juru masak bernama Philip Lenzi mengumumkan bahwa Es Krim tersedia ‘hampir setiap harinya’.

Catatan yang disimpan oleh Chatham Street di New York menunjukan bahwa Presiden George Washington menghabiskan sekitar 200 dollar untuk membeli es krim selama musim panas pada tahun 1790. Presiden Thomas Jefferson bahkan dikatakan memiliki resep es krim favoritnya. Kemudian pada tahun 1813, Dolley Madison menyajikan es krim dengan campuran strawberry yang lezat saat perjamuan makan Presiden Madison di Gedung putih.

Hingga abad ke 18, es krim tetap menjadi makanan yang langka atau istimewa yang hanya dapat dinikmati oleh para kaum elit. Di abad ke 18, penemuan mesin pendingin sederhana membuat es berubah menjadi industri makanan di Amerika. Seorang pedagang susu bernama Jaccob Fussell memplopori hal tersebut pada tahun 1851.

Produksi es krim saat itu meningkat pesat seiring dengan inovasi teknologi seperti teknologi pendingin mekanis, penemuan tenaga uap, listrik dan motor listrik. Teknik pengemasan makanan serta pengetahuan dalam proses pembekuan. Selain itu penemuan kendaraan bermotor mengubah wajah industri saat itu secara besar-besaran.

Memasuki abad ke 19, es krim banyak muncul dengan kreasi baru. Ketika perang dunia II berkecamuk, es krim juga banyak di konsumsi oleh para tentara. Pada saat perang dunia selesai, Amerika merayakannya dengan es krim. Produksi susu terus meningkat. Orang Amerika mengkonsumsi lebih dari 20 liter es krim pada tahun 1946.

Hingga tahun 1970an, produksi es tetap mengalami peningkatan di Amerika dan wilayah wilayah lain seperti di Eropa dan Asia. Kini es krim banyak ditemukan di Supermarket dan toko es krim. Ada juga cafe atau restoran yang menyajikan hidangan es krim khusus.

Jenis – Jenis Es Krim

Bagi kita yang memang penikmat es krim, pastiya kita tahu bahwa ada banyak jenis es krim yang ada di dunia. Namun, sebagian dari kita pasti ada yang belum mengetahui bahwa ada banyak jenis es krim yang ada. Untuk itu, berikut ini adalah jenis-jenis es krim yang ada, antara lain :

Gelato

Untuk jenis es krim yang pertama merupakan yang paling familiar. Jenis es krim satu ini pasti udah nggak asing di telinga kamu. Di Indonesia sendiri sudah banyak gerai yang menjual jenis es krim ini. Gelato ternyata sebenarnya berbeda dari es krim. Gelato sendiri berawal dari tradisi pada zaman Renaissance di Italia dan populer pada saat musim panas.

Gelato adalah ice cream dari Italia yang memiliki arti beku dari kata ‘gelare’. Ice cream gelato dikenal lebih kental dari pada ice cream biasanya. Makanya ice cream jenis ini sering ada di kawasan pantai, lebih padat dan dingin. Adonannya yang penuh dengan telur membuat gelato makin padat dan enak. Campuran susunya pun mempergurih ice cream yang dingin tersebut. Meskipun gelato padat, namun dikandungannya tidak mengandung lemak yang tinggi, sehingga gelato ini digemari meskipun harganya lebih mahal.

Gelato sebenarnya memiliki kandungan lemak yang lebih rendah dan tekstur yang kasar dibandingkan es krim. Kini, Gelato dihadirkan dengan berbagai macam varian dan tentunya lebih banyak gula yang semakin menambah cita rasa. Disukai oleh siapa saja.

Hockey Pockey

Jika kamu mengunjungi Selandia Baru, cobalah makan Hokey Pokey Ice Cream khas Selandia Baru ini! Menurut pendapat Krista Canfield McNich, pendiri FoodWaterShoes, sebuah situs makanan internasional, es krim Hokey Pokey memiliki cita rasa vanila polos. Dicampur dengan honeycomb toffee yang membuatnya lezat dengan banyak krim dan lembut. Hokey Pokey dapat kamu temui di seluruh Selandia Baru Pulau Utara dan Selatan, juga tersedia di supermarket. Jadi pengen nyobain, nggak?

Sorbet

Sorbet merupakan sajian ice cream yang terbuat dari jus buah yang ditambahkan pemanis. Adonan sorbet adalah hasil penggilingan buah hingga halus dan tidak melalui proses memasak agar terasa kesegaran buahnya. Sorbet pun tidak menggunakan campuran susu atau telur sehingga rasa buahnya akan terasa segar. Serat yang ada pun bermanfaat untuk pencernaan. Namun OpenRicers jangan kaget kalau rasanya alami buah-buahan dan teksturnya tidaklah begitu lembut. Kalau OpenRicers mau yang ada campuran lemaknya (susu atau telur) ada ice creamnya bernama Sherbet.

Snow Ice Cream

Snow ice cream memiliki penampilan mirip dengan es Patbingsu dari Korea Selatan. Eh, tapi ini beda lho! Meski ini sama-sama es krim serut, tapi Snow Ice Cream ternyata berasal dari daerah Amerika. Awalnya pada masa Mason-Dixons, dikatakan bahwa penduduk di sana meski jarang melihat salju, tetapi memiliki sebuah tradisi unik.

Ketika mereka menyadari bahwa hari salju akan berakhir, orang-orang akan menampung salju tersebut di mangkok dan menambahkan gula, susu, dan vanila untuk membuat campuran es krim yang murah meriah dan mudah. Rasa yang dihasilkan pun ternyata lezat.

I Tim Pad

Jenis es krim yang satu ini terbilang unik karena memiliki bentuk fisik yang berbeda dengan es krim kebanyakan. Es krim bernama I Tim Pad ini pasti akan kamu temukan di berbagai sudut jalan di Thailand. Es krim yang memiliki ciri khas bulat tipis karena dikikis saat pembuatannya. Paling cocok kalau makan ini sambil menyusuri sudut kota di Thailand dengan cuacanya yang mirip di negara kita. Variasi rasanya pun banyak dan tentunya lezat.

Mantecado

Kuba memiliki es krim khas bernama Mantecado. Biasanya Mantecado memiliki bahan dasar custard (bahan makanan yang terbuat dari campuran susu atau krim dan kuning telur) dengan sedikit kayu manis dan pala. Khasiat es krim ini ternyata baik untuk jantung kamu juga. Atau jika kamu lebih menyukai rasa buah, dapat dicampur dan ditambah dalam tempurung kelapa.

Dondurma

Kamu dikatakan belum puas mengunjungi Turki kalau tidak mencoba kudapan khas negara mereka ini. Dondurma adalah nama es krimnya. Ternyata es krim tradisional Turki ini dibuat dengan salep (bukan salep obat, lho ya!) tetapi ini adalah tepung yang bahan dasarnya adalah akar anggrek dan hanya ditemukan di Turki.

Teksturnya pun sangat kenyal dan elastis seperti keju mozarella. Rasanya pun bervariasi dan dapat kamu temukan di seluruh bagian negara Turki. Uniknya kamu bakal susah menemukan es krim asli Turki di luar negara selain Turki karena ternyata akar anggrek ilegal untuk diekspor.

Taiyaki Ice Cream

Kalau kamu lihat dari namanya pasti kebayang kalau Taiyaki adalah es krim dari Jepang. Tapi kalau nemuin di negara seperti Amerika Serikat ini akan jadi hal yang tidak biasa. Ternyata orang Amerika juga menggemari es krim Taiyaki khususnya di San Francisco. Adonan Taiyaki, pancake, atau wafel dibuat dalam cetakan yang berbentuk ikan. Pada bagian ekor ikan biasanya satu sendok Azuki Bean Paste yang rasanya manis lalu untuk bagian atasnya dapat kamu tambahkan es krim rasa favorit kamu.

Mochi Ice Cream

Mochi adalah kue ketan tradisional Jepang yang biasanya dimakan pada Tahun Baru. Bola es krim Mochi diselimuti nasi warna-warni dan sudah populer sejak tahun 80-an. Es krim Mochi berbentuk lingkaran dan menggunakan rice paste agar tidak meleleh. Mochi ini kini dapat kita nikmati di Indonesia karena ternyata banyak juga toko yang menjual es krim ini.

Ini bukan mochi yang biasanya kamu kenal lho, tapi ini adalah es krim berbentuk mochi. Mungkin sekilas mirip macaroon padahal bukan. Mochi tersedia di seluruh kota besar dan kota kecil di Jepang juga bisa menjadi kudapan favorit kamu ketika berada disana.

Manfaat Es Krim Bagi Kesehatan

Sebagian orang mengatakan bahwa mengkonsumsi es krim terlalu sering akan memberikan dampak yang buruk bagi tubuh. Hal tersebut merupakan anggapan yang salah. Karena pada faktanya, banyak manfaat yang akan kita dapatkan dari mengkonsumsi es krim. Berikut ini adalah beberapa manfaat es krim bagi kesehatan.

  • Kaya Kalsium

Kita semua tahu bahwa bahan dasar dari es krim salah satunya adalah susu, yang mana sudah pasti memiliki banyak manfaat yang sangat berguna bagi tubuh kita. Es krim dibuat dengan produk susu yang kaya akan kalsium dan nutrisi untuk memperkuat tulang dan menaikkan energi tubuh. Tentunya ini merupakan salah satu hal yang bermanfaat bagi kita yang mengkonsumsi es krim.

  • Melindungi Gigi dan Gusi

Kalsium merupakan salah satu kandungan yang terkandung dalam susu yang mana sangat berguna bagi tubuh. Kalsium yang terkandung dalam es krim juga berguna untuk melindungi gigi dan membangun gusi yang kuat. Jadi, mulai sekarang pikirkan lagi sebelum berhenti memberi anak kita es krim. Karena sebenarnya es krim memiliki kandungan yang sama dengan susu.

  • Mengurangi Peradangan

Cokelat dalam es krim juga bermanfaat bagi tubuh. Es krim jenis ini kaya akan flavonoid yang mengurangi peradangan arteri jantung. Dark chocolate memiliki flavonoid yang melindungi arteri jantung dari kelelahan. Itu berarti dengan mengkonsumsi es krim coklat akan menyehatkan jantung kita.

  • Kaya Vitamin

Satu sendok es krim memiliki banyak kandungan vitamin A, D, K dan B12. Vitamin A baik untuk kesehatan mata, vitamin D menyerap kalsium dan nutrisi dari makanan dan menyimpannya di ginjal. Vitamin K meningkatkan aliran darah dalam tubuh dan membuka sel darah tersumbat. Vitamin B12 meningkatkan memori dan sistem saraf.

  • Menurunkan Berat Badan

Es Krim ternyata dapat membantu menurunkan berat badan. Mengkonsumsi sesuatu yang dingin akan meningkatkan suhu tubuh dan membakar kalori serta lemak. Tentunya hal ini sangat berguna bagi kita yang ingin menikmati es krim namun tidak ingin memiliki ukuran tubuh yang besar atau gemuk.

  • Mengandung Protein

Tubuh membutuhkan protein setiap hari untuk membangun dan memperbaiki jaringan otot. Sesendok es krim dapat menyediakan jumlah protein yang cukup untuk satu hari yang aktif. Bisa kita bayangkan protein yang kita dapatkan dalam sekali mengkonsumsi es krim.

  • Rendah Lemak

Es krim yang dibuat dengan bahan rendah lemak seperti susu skim memiliki manfaat kesehatan yang lebih banyak. Jika kamu khawatir tentang masalah kenaikan berat badan, hal tersebut tidak akan terjadi. Karena kebanyakan es krim sejatinya bersifat rendah lemak yang mana tidak akan membuat kamu menjadi gemuk.

Demikianlah penjelasan mengenai es krim yang mana merupakan salah satu jenis olahan makanan beku yang sudah ada sejak berabad-abad yang lalu. Es krim juga memiliki berbagai macam jenis yang berbeda dan tentunya dengan cita rasa yang berbeda juga antara satu dengan yang lainnya. Dengan mengkonsumsi es krim, tentunya sama dengan menyehatkan tubuh kita seperti yang sudah dijelaskan.