Bela Diri Capoeira Memiliki Sejuta Manfaat

October 29, 2016 2495 Views

Mungkin anda tidak begitu tahu tentang capoeira atau bahkan tidak sama sekali mengetahui tentang capoeira. Baru-baru ini capoeira mulai dikenal di Indonesia. Capoeira adalah bentuk seni bela diri dari Afrika dan Brazil. Buku itu diciptakan oleh para budak Afrika di Brasil sekitar 1500 tahun lalu. Ini adalah hibrida dari seni bela diri dan tari yang menawarkan manfaat besar bagi tubuh. Ini membantu dalam mengencangkan dan memperkuat paha, bokong dan paha belakang saat melakukan rutinitas sebagai tarian. Capoeira mencakup banyak jungkir balik, berputar dan menendang, semua yang dilakukan sebagai urutan tari.

Beberapa gerakan dari Capoeira:

1. Ginga
2. Handstand
3. Backflip
4. Headspin
5. Handstand Whirling

capoeira

Ada manfaat besar saat melakukan Capoeira secara teratur. Latihan rutin ini tidak hanya baik untuk tubuh Anda tetapi juga untuk kepribadian Anda dan perawatan sosial. Latihan teratur Capoeira memiliki keuntungan sebagai berikut:

1. Kekuatan

Rutinitas latihan Capoeira memerlukan banyak gerakan tubuh bagian atas, seperti bergerak di sekitar tangan selama headstands, pose, gulungan, dll. Gerakan-gerakan ini melibatkan gerakan inti, yang menghasilkan kekuatan tubuh bagian atas yang fantastis.

2. Fleksibilitas

Rutinitas berat mempromosikan fleksibilitas dalam tubuh, hampir setara dengan Yoga. Bahkan jika Anda tidak ahli dalam Capoeira, Anda masih akan merasakan peningkatan fleksibilitas tubuh.

3. Stamina

Tidak seperti banyak olahraga lainnya, Capoeira terlibat kelompok otot dalam cara yang unik. Semua rutinitas membutuhkan banyak energi untuk berkoordinasi dengan kelompok. Semua faktor ini, selain gerakan yang berulang, membuat Capoeira sebagai latihan cardio intens. Ini meningkatkan otot dan kardio vaskuler ketahanan tubuh dan menyediakan lebih banyak stamina.

4. koordinasi

Capoeira unik dalam semua gerakan diikuti seperti rutinitas tarian. Semua gerakan terkoordinasi dengan baik dan membuat Anda bergerak anggun dan lancar antara Capoeira gaya dengan yang berbeda. Hal ini membuat tubuh lebih terkoordinasi dan memperkenalkan rasa irama juga.

5. Kecepatan

Inti utama melakukan Capoeira adalah untuk melakukan gerakan-gerakan mulus dalam jumlah waktu yang sangat singkat. Sebagai suatu teknik seni bela diri, ini akan membuat Anda lebih respon dengan baik dan tubuh lebih gesit saat meniru gerakan dari orang lain.

6. Keseimbangan

Capoeira mengajarkan tubuh untuk mengontrol gerakan instan, kompleks dan lebih seimbang ketika melakukan gerakan bela diri capoeira.

7. Pengurangan stres

Melakukan gerakan ke alunan musik menenangkan tubuh dan pikiran. Anda dapat merasakan aliran sesi pada postingan endorfin.

9aadfa9d93ee3e6adcaed338bfc91955

Selain gerakan dan manfaat dari capoeira, capoeira juga dapat membuat pengembangan sifat dan kepribadian untuk diri sendiri. Berikut ini adalah beberapa manfaat olahraga capoeira untuk mengembangkan sifat dan kepribadian :

Mengembangkan sifat pribadi: Orang yang merasa tidak percaya diri cenderung memiliki kepribadian yang tertutup dan sulit untuk bergaul. Dalam capoeira dituntut untuk maju dan menunjukkan kemampuan. Tidak ada kritikan atau cemooh dalam capoeira dan ini membuat seseorang bisa merasa percaya diri dan berkembang dengan baik.

Jiwa yang lebih kuat: Kekuatan yang diperoleh dengan capoeira memang tidak digunakan untuk melemahkan musuh. Namun kekuatan yang didapatkan secara rutin dari latihan capoeira bisa membuat sifat menjadi lebih kuat dan unik.

Keunikan ekspresi: Bahkan keunikan ini harus ditunjukkan dengan ekpresi kepada semua orang. Orang yang sudah memiliki kemampuan capoeira biasanya akan menerapkan hal penting ini dalam kehidupan sehari-hari. Capoeira akan membuat seseorang merasa harus bergerak dengan seimbang, membaca pikiran tubuh tanpa emosi dan memiliki kemampuan untuk menahan emosi.

Menghindari Stress: Hal ini akan mendorong orang yang menyukai atau sering melakukan capoeira, lebih bisa menentukan emosi dan mengurangi tingkat stres.

Capoeira memerlukan banyak gerakan gesit dan intens. Pemula tidak harus menekankan diri dan kekuatan tubuh mereka beradaptasi langsung. Latihan teratur akan memberikan kekuatan dan fleksibilitas yang diperlukan. Selanjutnya, menghindari mengenakan pakaian sangat longgar ketika berlatih Capoeira. Capoeira adalah cara yang menyenangkan untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Anda harus menemukan seorang instruktur Capoeira untuk menuju tubuh yang sehat dan bugar setiap hari.