Inilah Cara Mengidentifikasi Enam Keluarga Tanaman Dengan Menggunakan Bunga

July 29, 2017 669 Views

Kerajaan tanaman terdiri dari beragam jenis tumbuhan. Hal ini dapat terbagi menjadi tanaman vaskular dan non-vaskular. Tanaman vaskular ditandai dengan memiliki jaringan khusus (xilem dan floem) untuk mengangkut makanan dan mineral, tidak seperti tanaman non-vaskular. Tanaman selanjutnya dapat diklasifikasikan sebagai angiosperma dan gymnosperma.

Angiosperma adalah kelompok tanaman terbesar di bumi dan ditandai dengan memiliki bunga pada tahap tertentu dalam kehidupan mereka. Angiosperma atau tanaman berbunga dapat terbagi menjadi monokotil dan dicot, dengan monokotil memiliki daun biji tunggal dan dicot memiliki dua daun biji.

Sebagian besar tanaman berbunga yang merupakan anggota keluarga yang sama memiliki karakteristik yang sama untuk identifikasi. Beberapa keluarga tumbuhan yang paling umum adalah keluarga mint, keluarga peterseli, keluarga mustard, keluarga kacang polong, keluarga lily, keluarga rumput, keluarga mawar dan keluarga aster. Sangat penting untuk bisa mengidentifikasi keluarga tempat tanaman itu berada. Ini karena tanaman terkait sering memiliki kegunaan yang serupa.

Salah satu bagian yang sangat jelas dari tanaman berbunga adalah bunganya. Dengan demikian, bunga merupakan elemen penting yang bisa digunakan untuk mengelompokkan tanaman ke dalam berbagai keluarga mereka.

Namun, untuk dapat menggunakan bunga tersebut untuk secara efektif mengelompokkan tanaman ke dalam berbagai keluarga mereka, pertama-tama kita harus berkenalan dengan bagian utama dari sebuah bunga. Kita juga perlu membiasakan diri dengan beberapa istilah seperti bunga biasa, bunga tidak teratur, bunga komposit, senyawa umbel, bunga uniseksual dan bunga biseksual.

Untuk tujuan diskusi kita, kita hanya akan fokus pada lima bagian utama dari bunga yaitu sepal, kelopak, benang sari, putik dan indung telur.

  • Petal: Bagian dari bunga yang sering berwarna mencolok.
  • Sepal: Bagian luar bunga (sering hijau dan mirip daun) yang melapisi kuncup yang sedang berkembang.
  • Stamen: Serbuk sari yang memproduksi sebagian bunga, biasanya dengan filamen ramping yang mendukung antera. Sebutan adalah bagian jantan dari bunga.
  • Pistil: Bagian memproduksi oval dari bunga. Ovarium sering mendukung gaya panjang, diatapi stigma. Ovarium dewasa adalah buah dan ovula yang matang adalah biji. Pistil adalah bagian betina dari bunga.
  • Ovarium: Bagian basal yang membesar dari putik dimana ovula diproduksi.

Bunga biasa adalah simetri radial dan karenanya dalam bidang apapun Anda memotong bunga dengan cara membujur, Anda akan selalu mendapatkan bunga setengah. Bunga yang tidak teratur berbeda karena memiliki simetri bilateral. Anda hanya bisa memotong jenis bunga ini ke dalam satu bidang untuk mendapatkan bunga setengah.

Bunga komposit terdiri dari peMbungaan. Inflorescences adalah kelompok bunga kecil yang tampak seperti bunga besar, namun sebenarnya banyak bunga kecil berkerumun bersama. Banyak bunga komposit memiliki dua jenis bunga. Salah satu jenis bunga adalah bagian sinar dan jenis bunga kedua adalah bunga berbentuk tabung kecil yang dikelompokkan bersama membentuk cakram. Bunga-bunga ray mengelilingi bunga berbentuk cakram.

Bunga uniseksual bisa mengandung benang sari atau putik. Namun, bunga biseksual mengandung benang sari dan putik. Umbel adalah kepala bunga dimana semua tangkai bunga memiliki panjang yang sama sehingga kepala bunga bulat seperti payung. Senyawa Umbel adalah dimana setiap tangkai umbel menghasilkan umbel bunga lebih kecil.

Sekarang setelah kita memiliki pemahaman yang baik tentang berbagai bagian dan ciri bunga, dibawah ini akan di pelajari untuk pengelompokkan beberapa tanaman ke dalam keluarga mereka.

1. Keluarga Parsley

Ciri utama tanaman di Keluarga Parsley adalah bahwa mereka memiliki “umbel senyawa” dengan satu umbel seperti payung yang mendukung beberapa umbel lebih kecil. Wortel adalah contoh populer dari tanaman yang termasuk dalam keluarga ini.

2. Keluarga Mustard

Tanaman dalam keluarga Mustard sebagian besar berumur setahun dengan bunga kecil yang memiliki empat kelopak dan enam benang sari. Empat dari enam benang sari yang tinggi dan dua lainnya pendek. Mereka memiliki empat sepal dan satu alas kaki. Mereka juga memiliki bunga biasa yang biseksual. Beberapa contoh tanaman yang populer di keluarga ini adalah brokoli, kol dan kembang kol.

3. Keluarga Kacang

Tanaman dalam Keluarga kacang ditandai dengan memiliki bunga yang tidak beraturan. Mereka juga memiliki kelopak banner besar, dua kelopak sayap dan keel. Beberapa tanaman pertanian dan makanan penting seperti kedelai, kacang-kacangan dan kacang polong milik keluarga ini.

4. Keluarga Lily

Lily memamerkan bunga “monokotil” dengan bagian bunga dalam kelipatan tiga. Mereka memiliki apa yang tampak pada awalnya menjadi enam kelopak tapi sebenarnya ada tiga kelopak dan tiga sepal yang identik dalam ukuran dan warnanya. Mereka juga memiliki enam benang sari dan tiga putik pistil. Termasuk hyacinth, tulip dan bawang.

5. Keluarga Mawar

Tanaman di Keluarga Mawar biasanya memiliki lima kelopak dan sepal dengan banyak benang sari. Beberapa produk penting secara ekonomi berasal dari Keluarga Mawar, termasuk banyak buah yang dapat dimakan (seperti apel, pir, quinces, ceri, persik, raspberry dan stroberi) dan pohon hias dan semak belukar (seperti mawar, permen padang rumput, firethorn dan Hawthorns).

6. Keluarga Aster

Fitur utama tanaman di Aster Family adalah bunga komposit dengan beberapa bunga kecil yang menempel pada cakram tengah. Masing-masing bunga komposit ini sebenarnya merupakan bunga lima kelopak. Mereka juga memiliki banyak benang sari. Keluarga Aster adalah keluarga yang penting secara ekonomi, menyediakan produk seperti minyak goreng, selada, biji bunga matahari, artichoke, agen pemanis, pengganti kopi dan teh herbal.

Lantas apa inti dari mengetahui keluarga tumbuhan ini? Yang pertama dan paling utama ada lebih dari tiga ribu spesies mustard di seluruh dunia dan semuanya dapat dimakan. Jadi, katakanlah Anda menemukan diri Anda tersesat di hutan tanpa makanan dan Anda berada di ambang kematian. Anda bisa menggunakan sedikit pengetahuan botani untuk memastikan kelangsungan hidup Anda. Anda tahu mustard memiliki empat kelopak dan enam benang sari dengan empat yang tinggi dan dua pendek. Oleh karena itu Anda dapat mencari bunga dengan fitur ini untuk dikonsumsi.