Kalkulator: Alat Yang Di Pakai Untuk Berhitung Dengan Cepat Dan Praktis

May 28, 2018 249 Views

Jaman dulu waktu sd, pasti kalian kalau di suruh menghitung oleh ibu guru pastinya kalian menggunakan jari-jari kalian sendiri. Dan ada juga yang menggunakan benda sebagai media penghitungnya. Kemudian seiring waktu berjalan, barulah sudah banyak anak sd yang menggunakan “Sempoa” sebagai alat untuk menghitungnya.

Kemudian semakin berputarnya bumi ini dan berkembangnya zaman, maka muncul lah alat hitung yang memudahkan kita untuk mengira. Yup! Pastinya kalian sudah tau alat hitung itu namanya Kalkulator.

Sekarang kalkulator sudah menjadi salah satu benda yang penting untuk menghitung secara cepat dan dalam melakukan proses operasi aritmatika dan juga ketika pelajaran matematika.

 

Jika berbicara mengenai kalkulator semua orang pastinya tahu, akan tetapi pada artikel kali ini saya akan memberitahu lebih spesifik lagi mengenai kalkulator dan kegunaannya.

Mengenal Kalkulator

Kalkulator merupakan alat hitung yang berbentuk elektronik yang jauh lebih simple daripada komputer. Dan sekarang ini, sudah banyak beredar di pasaran, bahwa kalkulator digunakan sebagai alat bantu untuk menghitung yang simple dan cepat. Tetapi sekarang ini belum semua siswa ataupun guru di sekolahan yang mau menggunakan kalkulator untuk menyelesaikan hitung-hitungan yang di berikan, contohnya seperti menghitung pelajaran matematika.

Karena terbatasnya kalkulator tersebut, yang hanya masih menggunakan perkalian, pengurangan, pembagian, dan penjumlahan (x, :, +, -). Padahal sekarang sudah muncul kalkulator digital lainnya yang digunakan untuk menyelesaikan berbagai perhitungan, baik itu ketika menghitung-hitung dan lainnya misalnya statistik, keuangan, aljabar, kalkulus dan sebagainya.

Penggunaan kalkulator sendiri sangat membantu banyak orang dalam hal hitung-menghitung. Contohnya saja orang yang sedang berdagang, pastinya akan sangat sulit menghitung cepat harga barang-barang yang ia jual dengan alat tulis saja, namun dengan menggunakan kalkulator pastinya akan sangat lebih cepat dan membantu. Dan angka kesalannyapun akan minim.

Selain untuk berdagang, kalkulator juga sering digunakan pada siswa yang sedang menjalankan pelajaran matematika. Meskipun banyak guru yang lebih memerintah muridnya untuk mandiri dengan cara menghitung sendiri. Namun akan sangat memakan waktu untuk menghitung dengan selembar kertas dan pulpen, terlebih lagi untuk siswa yang lemah matematika. Dengan begitu penggunaan kalkulator sangat dibutuhkan.

Jenis Kalkulator

Sekarang ini telah terdapat beberapa macam kalkulator dari berbagai merek dan type, tetapi pada dasarnya kalkulator dapat di golongkan menjadi dua jenis kalkulator, yaitu :

1) Kalkulator Yang Tidak Dapat Di Program

Kalkulator jenis ini hanya dapat digunakan untuk suatu perhitungan yang sederhana. Yang hanya menggunakan operasi hitung biasa misalnya seperti perkalian, pembagian, penjumlahan, pengurangan, logaritma, dan lain-lain.

2) Kalkulator Yang Dapat Di Program

Kalkulator jenis ini dapat di bedakan menjadi dua jenis pemrograman, yaitu:

  • Program Aplikasinya Telah Di Rancang Oleh Pabrik

Program ini telah tersedia dan banyak di pasaran, yang membuat pengguna dapat langsung menggunakan fasilitas tersebut.
Contohnya seperti, program-program untuk statistik, perhitungan linier, integral dan sebagainya.

  • Program Yang Di Buat Sendiri Oleh Penggunanya.

Maksudnya disini, program yang di buat sendiri sesuai dengan kebutuhan rumus yang akan di programnya dengan menggunakan “bahasa program” untuk kalkulator. Suatu program yang telah di susun dapat di simpulkan pada kalkulator dan program yang telah tersimpan tidak akan hilang walaupun kalkulator di matikan.

Selain penggolongan di atas, berdasarkan manfaat penggunaannya kalkulator terbagi dalam tiga jenis, yaitu Kalkulator sederhana, Kalkulator Ilmiah, Kalkulator Grafis.

Efek Yang Dapat Ditimbulkan Jika Terlalu Sering Menggunakan Kalkulator Dalam Proses Belajar

Sebaiknya bagi anda yang masih duduk dibangku sekolah ada baiknya belajar menghitung dengan menggunakan kertas dan pensil dan pastikan menggunkan otak anda sendiri, agar otak anda dapat berjalan dan mengasah kecerdasan anda.

Untuk itu penggunaan kalkulator sebaiknya tidak terlalu sering anda gunakan. Dan cukup menggunakannya di waktu-waktu tertentu saja. Pasalnya penggunaan kalkulator setiap hari dalam kegiatan belajar maka akan mengakibatkan hal seperti ini.

1) Menyebabkan Keterampilan Berhitung Siswa Menghilang

Bagi siswa yang bergantung pada penggunaan kalkulator, maka akan selalu tidak percaya dengan kemampuan yang di milikinya. Sehingga mereka jarang sekali menggunakan kemampuan berhitung mereka dalam melakukan komputasi. Itulah salah satu akibat dari hilangnya keterampilan berhitung dari seorang siswa. Untuk itu, guru harus lebih bijaksana untuk memutuskan kapan siswanya boleh menggunakan kalkulator dan kapan tidak.

Jika siswa telah di ijinkan menggunakan kalkulator, maka pastikan bahwa siswa menggunakan kalkulator tersebut pada waktu yang tepat. Jika tidak, maka akan menyebabkan keterampilan berhitung si siswa itu hilang.

 

3) Tidak Mempunyai Tujuan Secara Pendidikan

Menggunakan kalkulator tanpa tujuan pengajaran yang jelas, tidak hanya memboroskan waktu bahkan menjadikan siswa bingung. Guru sebaiknya merencanakan secara khusus suatu model pengajaran dengan menggunakan kalkulator dengan tujuan yang jelas.

Jika setiap kali mengajar siswa di ijinkan menggunakan kalkulator dalam mengerjakan 1atihan soal-soal matematika, maka siswa dapat menjadi bingung ketika harus menggunakan kalkulator dan ketika tidak harus menggunakan kalkulator.

4) Sering Bergantung Pada Kalkulator Dan Menjadikannya Sebagai Alat Hitung Yang Penting

Guru sebaiknya selalu mengingatkan siswa bahwa kalkulator bukan alat yang serba bisa digunakan untuk menyelesaikan masalah apa pun dalam matematika. Kalkulator hanyalah sebuah alat bantu pembelajaran yang di sediakan untuk membantu siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Jangan biarkan siswa berpikir bahwa setiap masalah dalam matematika dapat di selesaikan dengan menggunakan kalkulator sehingga siswa sangat bergantung padanya dan jika tanpa kalkulator maka mereka berpendapat tidak mungkin menyelesaikan masalah matematika.

 

Kalkulator merupakan alat hitung yang dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan baik. Namun, penggunaan kalkulator juga akan membawa dampak yang baik dan juga buruk. Bila kalkulator digunakan dengan semestinya, maka kalkulator akan sangat berfungsi. Tetapi bila di perhatikan, banyak anak-anak yang menggunakan kalkulator untuk main-main. Untuk itu bagi orang tua, di perlukan bimbingan dan arahan yang baik untuk anaknya.