Website merupakan sekumpulan halaman yang menampilkan berbagai jenis informasi teks, data, gambar diam atau bergerak, suara, video maupun gabungan dari semuanya baik itu yang bersifat statis maupun yang dinamis, dimana membentuk satu rangkaian bangunan yang saling berkaitan dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan halaman atau hyperlink.

Bagi sebagian orang website mungkin bukanlah lagi hal yang baru, ditambah lagi perkembangan teknologi yang semakin pesat yang seakan memaksa manusia untuk mengetahui segala sesuatunya. Namun sebagian dari kita mungkin ada yang belum mengetahui tentang website. Maka dari itu, untuk mengerti lebih dalam tentang website simak ulasan berikut ini.

Apa itu Website?

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa website merupakan sebuah halaman yang menyajikan informasi baik dalam bentuk tulisan, gambar, suara, atau video yang diletakkan di dalam sebuah server/hotsing dimana untuk mengaksesnya diperlukan jaringan internet. Website sering juga disebut sebagai web, site, situs, atau situs web. Untuk bisa mengakses website di internet, ada 2 komponen yang dibutuhkan yaitu Domain dan Hosting.

Website pertama kali dibuat oleh Tim Berners-Lee pada akhir 1980an dan baru resmi online pada tahun 1991. Tujuan awal Tim Berners-Lee membuat sebuah website adalah supaya lebih memudahkan para peneliti di tempatnya bekerja ketika akan bertukar atau melakukan perubahan informasi.

Untuk membuka sebuah website maka pengguna harus memiliki perangkat (komputer, smartphone) yang terkoneksi dengan internet atau intranet. Halaman website atau web umumnya berbentuk dokumen dalam format Hyper Text Markup Language (HTML), yang dapat diakses melalui HTTP atau HTTPS, suatu protokol yang menyampaikan berbagai informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para user atau pemakai melalui web browser. Kebanyakan website dapat diakses melalui public internet protocol (IP) dalam sebuah jaringan internet. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa website tersebut diakses secara offline melalui jaringan LAN.

Website sendiri bisa berupa website probadi, komersial, pemerintahan, dan website lainnya yang dibuat untuk kepentingan profit maupun non profityang dipublikasikan. Selain itu, website juga dapat dibuat untuk tujuan khusus seperti misalnya untuk hiburan, pendidikan, dan juga kepentingan sosial.

Pengertian Website Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami apa sebenarnya website itu, ada baiknya untuk mengetahui beberapa pendapat para ahli tentang website berikut ini:

  • Gregorius (2000 : 30)

Menurut Gregorius, website merupakan kumpulan dari halaman web yang saling terhubung dan file-filenya saling terkait. Web terdiri dari page dan kumpulan halaman yang dinamakan homepage. Anda bisa temukan homepage diposisi teratas. Homepage ini memiliki halaman-halaman yang terkait di posisi bawahnya. Pada umumnya, setiap halaman yang ada di bawah homepage disebut dengan child page, dimana berisi hyperlink ke halaman lain pada web.

  • Hakin Lukman (2004)

Berbeda dengan Hakin Lukman, dia mengungkapkan bahwa website adalah fasilitas internet, dimana mengkaitkan dokumen dilingkup lokal maupun jarak jauh. Dokumen tersebut disebut dengan web page dan link website memungkinkan penggunaan bisa berpindah page (hypertext), baik diantara page yang disimpan server yang sama maupun server diseluruh dunia. Browser yang digunakan untuk mengakses dan membaca page diantaranya Netscape Navigator, Google Chrome, Internet Explorer, Mozila Firefox, dan lain sebagainya.

  • Bekti (2015:35)

Website merupakan kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi teks, gambar diam atau gerak, animasi, suara, dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait, yang masing- masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman.

  • Yuhefizar

Menurut Yuhefizar, pengertian website adalah keseluruhan halaman-halaman yang mengandung informasi yang ada pada sebuah domain. Sebuah website biasanya dibangun atas banyak halaman web yang saling terkait satu sama lain.

  • Abdullah (2015:1)

Website dapat diartikan sebagai sekumpulan halaman yang terdiri dari beberapa laman yang berisikan informasi dalam bentuk data digital baik berupa teks, gambar, vidio, audio, dan animasi lainnya yang disediakan melalui jalur koneksi internet.

  • Hidayat

Menurut hidayat, pengertian website adalah keseluruhan halaman-halaman web yang terdapat dalam sebuah domain yang mengandung informasi. Sebuah website biasanya dibagun atas banyak halaman web yang saling berhubungan.

  • Sibero (2011:11)

Website adalah suatu sistem yang berkaitan dengan dokumen digunakan sebagai media untuk menampilkan teks, gambar, multimedia dan lainnya pada jaringan internet.

Jenis-Jenis Website Secara Umum

Pada masa sekarang ini, ada banyak sekali jenis website yang bisa kita temukan ketika sedang berselancar ke dunia internet. Namun, semua website tersebut dapat diklasifikasikan ke dalam tiga jenis. Adapun jenis-jenis dari website tersebut adalah sebagai berikut ini:

1. Website Statis

Ini merupakan sebuah laman website yang tampilannya tidak berubah-ubah (statis). Website statis ini umumnya dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman hypertext Markup Language (HTML) ataupun Cascasing Style Sheets (CSS), sehingga jika si pemilik website ingin mengubah tampilannya maka harus dilakukan secara manual dengan mengedit kode-kode struktur website. Pada umumnya, web ini menampilkan bentuk yang sama ketika kita mengunjunginya.

Meskipun pengelolanya melakukan pembaharuan informasi, biasanya tampilan dari web ini akan tetap sama saja. Jenis website statis umumnya memiliki setidaknya 5 halaman utama untuk menjelaskan informasi mengenai website tersebut. Selain itu, website statis umumnya tidak memungkinkan terjadinya interaksi langsung antara pemilik/pengelola website dan pengunjung di website tersebut.

Contoh website statis:

  • Website perusahaan (company profile)
  • Search Engine (Google, Bing)

Kelebihan website statis

  • Cepat untuk dikembangkan
  • Efisien untuk dikembangkan
  • Efisien saat disimpan pada web hosting

Kekurangan website statis

  • Membutuhkan tenaga ahli khusus untuk melakukan perubahan
  • Situs menjadi kurang bermanfaat bagi pengunjung
  • Konten website yang usang

2. Website Dinamis

Website yang satu ini merupakan website yang dirancang khusus untuk dapat menampilkan update konten sesering mungkin. Dengan website dinamis, kita bisa membuat sebuah aplikasi yang namanya Content Management System (CMS), nah CMS inilah yang nantinya digunakan untuk mengupdate informasi–informasi terbarunya. Website dinamis umumnya dirancang dengan konsep visual dan kemampuan interaksi tinggi dengan penggunanya. Beberapa fitur yang bisa ditambahkan pada website dinamis yaitu, kolom komentar, fitur live chatting, formulir pendaftaran, dan lain-lain.

Contoh website dinamis:

  • Blog/ website pribadi
  • Situs E-commerce
  • Website Portal
  • Situs Berita
  • Katalog online
  • Dan lain-lain

Keuntungan website dinamis

  • Memiliki banyak fitur tambahan.
  • Lebih mudah untuk dikembangkan.
  • Lebih mudah menambah konten baru yang menarik pengunjung dari search engine.
  • Memiliki fitur yang memudahkan pengelola dan pengguna untuk bekerjasama.

Kekurangan website dinamis

  • Membutuhkan waktu lama dan dana lebih untuk pengembangan.
  • Membutuhkan biaya hosting lebih mahal.

3. Website Interaktif

Pengertian website interaktif adalah jenis website yang digunakan untuk tujuan berinteraksi dengan orang lain secara online. Umumnya pengguna website interaktif adalah komunitas atau pengguna internet aktif.

Beberapa contoh website interaktif:

  • Situs Media sosial
  • Situs forum online
  • Blog

Unsur-Unsur Website

Untuk membangun sebuah website sangat dibutuhkan beberapa unsur agar website tersebut bisa berdiri dan bisa diakses. Adapun unsur-unsur untuk membangun suatu website adalah sebagai berikut ini:

  • Nama Domain

Ini juga sering disebut sebagai domain name atau URL yang merupaka alamat unik di dunia internet yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah web atau dengan kata lain ini merupakan alamat untuk menemukan sebuah website. Jika website diibaratkan sebagai sebuah produk, maka domain bisa disebut sebagai merknya.

Nama domain diperjualbelikan secara bebas di internet dengan status sewa tahunan. Nama domain sendiri mempunyai identifikasi ekstensi/akhiran sesuai dengan kepentingan dan lokasi keberadaan website tersebut. Contoh nama domain ber-ekstensi internasional adalah com, net, org, info, biz, name, ws. Contoh nama domain ber-ekstensi lokasi Negara Indonesia adalah co.id (untuk nama domain website perusahaan), ac.id (nama domain website pendidikan), go.id (nama domain website instansi pemerintah), or.id (nama domain website organisasi).

  • Web Hosting

Web hosting adalah tempat atau lokasi penyimpanan database (teks, suara, gambar, video, dan lain-lain) dari sebuah website. Umumnya pemilik website menyewa jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL, atau DNS. Beberapa perusahaan jasa web hosting diantaranya:

  1. Hawkhost.com
  2. Rumahweb.com
  3. Niagahoster.co.id
  4. Hostinger.co.id
  5. Dan lain-lain
  • Konten Website

Ini merupakah salah satu unsur yang sangat dibutuhkan oleh website pada internet, karena tampa adanya konten pada sebuah website bisa dikatakan tidak memilik tujuan yang jelas. Ini merupakan salah satu hal yang bisa ditawarkan oleh sebuah website kepada pengunjungnya. Untuk konten sendiri biasanya sibuat oleh pemilik website, misalnya website berbentuk blog yang isinya adalah artikel atau gambar sesuai dengan kategori website tersebut. Namun ada juga website yang kontennya diciptakan atau dibuat oleh para penggunanya, baik itu konten berbentuk teks, gambar, atau video. Beberapa contoh website yang kontennya dibuat oleh penggunanya:

  • Media Sosial (YouTube.com, Twitter.com, Facebook.com, dan lain-lain)
  • Situs forum (Bersosial.com, Ads.id, Forum.idws.id, dan lain-lain)

Manfaat Website Secara Umum

Setelah mengetahui apa itu website dan juga unsur-unsur yang tedapat didalamnya, ada baiknya untuk mengetahui apa saja manfaat website tersebut dalam kehidupan manusia. Adapun manfaat dari website tersebut adalah sebagai berikut ini:

  • Sebagai sarana informasi

Adapun fungsi utama dari website adalah sebagai sarana informasi. Website bisa digunakan sebagai media untuk menyebarkan informasi-informasi ke publik. Idealnya, memang website dijadikan sarana edukasi akan berbagai topik yang ada. Contohnya, Anda menemukan website berisi berita, tips, tutorial, pengumuman penting dan lain sebagainya.

  • Sebagai sarana hiburan

Pada masa sekaran ini bukan hal yang baru lagi jika kita mencari hiburan melalui situs website. Ini sering digunakan untuk sarana hiburan, misalnya seperti membaca novel online, berita gaya hidup, ataupun ulasan film dan juga karya seni lainnya dari berbagai website yang ada. Nah terkait navigasi, website yang bertujuan sebagai sarana hiburan biasanya lebih mengutamakan kemudahan web visitor dalam bernavigasi dan estetika visualnya biasanya optimal. Untuk jenis konten, biasanya banyak berupa video, gambar terpisah, galeri foto, atau podcast.

  • Sebagai Sarana Jual Beli/eCommerce (Toko Online)

Apakah Anda pernah mendengar nama-nama situs belanja besar semacam Tokopedia, Bukalapak, atau website beli tiket transportasi Traveloka? Ini termasuk dalam aktivasi fungsi website sebagai ecommerce. Tujuan dari website seperti ini adalah mendapat customer yang bertransaksi, meningkatkan penjualan dan loyalitas customer terhadap brand perusahaan. Website-nya juga tidak hanya berisi konten-konten informatif saja tetapi juga dukungan fitur tertentu semacam payment gateway.

Ada banyak sekali elemen website yang harus dioptimasi untuk mensukseskan sebuah ecommerce yaitu proses transaksi yang mudah dilakukan web visitor/pengunjung, tampilan atraktif website, produk yang populer, penawaran menarik, metode pembayaran produk yang bervariasi, dan desain yang mobile-friendly (mengingat orang lebih banyak mengakses dari handphone).

  • Sebagai Blog

Pernah dengar istilah profesi blogger? Fungsi blog sebagai website adalah untuk update konten-konten terbaru yang banyak diminati/dibaca orang atau sekadar menjadi catatan pribadi seseorang (opini dan sebagainya). Walaupun begitu, blog tak hanya dikerjakan individu, sangat banyak brand ternama yang punya blog sendiri sebagai suatu cara/strategi juga dalam meningkatkan brand perusahaan dan mengarahkan pembaca ke pembelian produk. Blog perusahaan bisa jadi sarana pengumuman/informasi juga jika ada hal-hal baru yang perlu diketahui oleh customer

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa website merupakan sebuah halaman yang menyajikan informasi baik dalam bentuk tulisan, gambar, suara, atau video yang diletakkan di dalam sebuah server/hotsing dimana untuk mengaksesnya diperlukan jaringan internet. Perlu untuk diketahui bahwa sebuah website tidak akan bisa berdiri kalau tidak memiliki nama domain, hosting dan juga konten. Oleh karena itu, sebuah website akan berdiri dengan sempurna jika unsur-unsur tersebut sudah lengkap. Website juga mempunyai manfaat yang positif dalam kehidupan manusia. Semoga artikel di atas bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan Anda. See you next time.