Internet marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang dilakukan melalui media internet. Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, hal inipun semakin digemari. Untuk masa sekarang ini, internet marketing bukanlah sesuatu yang baru lagi. Akan tetapi apakah Anda tahu apa sebenarnya internet marketing itu? Dan apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari sana? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Internet Marketing

Internet marketing atau lebih sering disebut dengan pemasaran internet merupakan pemasaran yang dilakukan secara online melalui internet. Berbicara tentang pemasaran, ini bukan hanya soal penjualan saja tapi juga termasuk promosi, beriklan, branding, dan pelayanan pelanggan (customer service) yang dilakukan secara online. Internet marketing bisa pula digunakan untuk menghasilkan uang dengan berbagai cara dari internet.

Internet marketing atau yang disebut juga dengan online marketing menurut Kotler dan Amstrong (2008:37) adalah suatu bentuk usaha dari perusahaan atau organisasi dalam memasarkan produk atau jasanya dan juga membangun hubungan dengan pelanggan dengan perantara media internet. Agar memudahkan kita memahami apa itu internet marketing, disini kami akan coba menjelaskan dengan cara lebih sederhana dan memberikan beberapa contoh bentuk internet marketing yang biasa dilakukan oleh para internet marketer (pemasar online).

Bentuk internet marketing itu bisa kita bagi menjadi 2 bagian, yaitu sebagai sumber penghasilan dan cara promosi. Pada dasarnya yang dilakukan dalam pemasaran online sebenarnya hanya dua itu, namun tipe bisnisnya sangat banyak.

Internet Marketing Untuk Sumber Penghasilan (Source of Income)

Pemasaran online sebagai sumber penghasilan bisa dilakukan dengan beberapa tipe bisnis, diantaranya adalah PPC (Pay Per Click), PPS (Pay Per Sale), PPL (Pay Per Lead), menjual produk sendiri (barang dan jasa), dan lain sebagainya. Berikut penjelasannya:

1. PPC (Pay Per Click)

Program yang satu ini banyak diikuti oleh pemilik website/blog untuk mendapat penghasilan dari properti online mereka, misalnya artikel blog, channel youtube, forum online, portal berita, dan lain-lain. Adapun penghasilan yang bisa didapatkan dari program PPC ini berasal dari kunjungan dan juga klik yang dilakukan oleh pengunjung pada iklan yang ada pada sebuah situs.

Publisher atau pemilik situs tersebut akan dibayar per klik yang dilakukan oleh pengunjung situsnya, dimana harga per kliknya sudah ditentukan terlebih dahulu oleh Advertiser/ pengiklan. Besar/kecilnya penghasilan tergantung pada banyaknya klik iklan dan juga harga klik yang di bid oleh Advertiser. Program PPC ini merupakan salah satu model bisnis online yang sangat menjanjikan. Beberapa perusahaan yang menawarkan program PPC diantaranya:

  • Google Adsense
  • Bidvertiser
  • Chitika
  • Infolinks
  • AdsenseCamp
  • Dan lain-lain

2. PPS (Pay Per Sale)

Ini juga sering disebut sebagai biaya per penjualan atau CPS adalah sistem harga iklan online dimana pemilik dari situs tersebut akan dibayar berdasarkan jumlah penjualan yang secara langsung dihasilkan oleh iklan. Ini merupakan varian dari CPA (Cost Per Action) model dimana pengiklan membaayar penerbit/website saja dan sesuai dengan proporsi jumlah tindakan yang dilakukan oleh para pengunjung situs.

Dalam banyak kasus itu tidak praktis untuk melacak semua penjualan yang dihasilkan oleh iklan, namun lebih mudah dilacak untuk transaksi online penuh, seperti untuk menjual lagu secara langsung di internet. Pengidentifikasi unik, yang dapat disimpan dalam cookie atau termasuk dalam URL, digunakan untuk melacak gerakan calon pembeli untuk memastikan bahwa semua penjualan tersebut disebabkan oleh iklan yang bersangkutan.

CPS milik keluarga besar CPA, yang berbeda dari Biaya Tayangan Per dimana pengiklan harus membayar setiap kali iklan mereka ditampilkan, terlepas dari apakah layar dibuat setiap tindakan pada bagian dari pembaca atau pengunjung ke situs web atau tidak. Perusahaan yang menawarkan program PPS diantaranya:

  • Amazon.com
  • Clickbank.com
  • Dan lain-lain

3. PPL (Pay Per Lead)

Merupakan suatu program affiliasi dimana penjual/vendor akan memberikan komisi untuk setiap kali anda berhasil mengirimkan leads pada penjual. Sebagai contoh: Anda mengarahkan pengguna internet untuk mendaftar pada email newsletter, free trial, atau mengisi formulir, melalui link affiliasi milik Anda. Salah satu perusahaan yang menawarkan program PPL adalah MaxBounty.com.

4. Menjual Produk Sendiri atau Produk Orang Lain

Pada masa sekarang ini melakukan penjualan melalui internet bukanlah sesuatu yang luar biasa. Anda bisa menjual apapun lewat internet baik itu barang ataupun jasa. Selain itu, bisnis offline juga bisa dipasarkan melalui internet. Misalnya anda memiliki usaha jualan baju, ini juga bisa di jual melalui internet.

Selain menjual produk sendiri, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan dengan cara menjual produk orang lain, baik itu produk fisik ataupun produk digital. Salah satu proses internet marketing dengan cara menjual produk orang lain adalah dengan cara menjadi reseller atau dropshipper produk orang lain. Begitu juga dengan pada produk digital, anda bisa menjadi affiliate marketer untuk sebuah produk yang dijual orang lain.

5. Pelelangan (Online Auction)

Di internet juga terdapat tempat untuk menjual sesuatu milik Anda atau milik orang lain dengan cara lelang. Tentunya ini bisa menguntungkan karena anda bisa menjual barang tersebut pada orang yang menawar dengan harga tertinggi. Perusahaan terkenal yang menyediakan fasilitas pelelangan online:

  • eBay.com
  • Flippa.com
  • Dan lain-lain

Internet Marketing Untuk Promosi Online (Traffic Generation)

Seperti yang disebutkan sebelumnya, promosi online merupakan salah satu bentuk dari pemasaran online. Tidak perduli produk atau bisnis apa yang akan dipromosikan, internet adalah salah satu media yang sangat efektif untuk membangun brand dan membuat website bisnis supaya dikenal banyak orang. Ada banyak cara untuk mempromosikan bisnis melalui media internet, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • SEO (Search Engine Optimization)

Ini merupakan sebuah teknik yang digunakan untuk menaikkan ranking sebuah website atau blog dalam mesin pencarian sesuai dengan kata kunci yang diinginkan. SEO adalah sebuah media promosi yang dapat dibangun tanpa biaya alias gratis, namun membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan keahlian khusus untuk optimisasinya. Tidak sedikit perusahaan yang sengaja menyewa jasa SEO untuk membuat situs maupun produk/jasa mereka masuk ke dalam halaman pertama pada mesin pencarian.

  • SEM (Search Engine Marketing)

Berbeda dengan SEO, Search Engine Marketing merupakan iklan PPC (Pay Per Click) yang ditampilkan pada halaman hasil situs mesin pencarian. Di Indonesia sendiri Google merupakan search engine yang paling sering digunakan dan juga paling laris. Untuk kata kunci yang banyak dicari oleh pengguna internet, kita akan melihat iklan dibagian atas, samping kanan, dan bawah hasil pencarian sebuah kata kunci.

Banyak pakar internet marketing mengatakan bahwa Google Ads adalah metode pemasaran yang sangat tinggi konversinya karena halaman website kita berpeluang besar mendapatkan calon konsumen dari mesin pencari. Dalam hal ini kita sebagai pengiklan harus mengeluarkan uang agar iklan kita tampil di mesin pencari. Tentu saja kita bisa mengatur harga iklan yang sesuai dengan budget yang ada.

  • Email Marketing

Ini merupakan sebuah media promosi yang memanfaatkan email sebagai sarananya. Email marketing terdiri atas beberapa jenis yakni direct email, retention email dan beriklan pada email orang lain. Yang perlu untuk diketahui ketika melakukan hal ini adalah jangan sampai melakukan spam, karena selain merugikan orang lain hal ini juga akan merugikan anda sendiri dimana pemilik email akan memasukkan anda ke dalam daftar spammer. Cara yang satu ini diyakini efektif karena promosi dapat langsung dikirim kepada si penerima.

  • Mobile Advertising

Merupakan sebuah layanan pengiklanan lewat perangkat mobile seperti handphone. Cara ini dinilai efektif karena setiap orang membawa handphone kemana pun mereka pergi. Mobile Advertising sendiri tertiri atas beberapa jenis, diantaranya adalah ads melalui SMS, MMS, banner ads, games, dll.

  • Social Media Marketing

Pemasaran ini dilakukan dengan memanfaatkan lalu lintas dalam Social media website seperti Facebook maupun twitter atau juga media sosial yang lain.

Tujuan dan Manfaat Internet Marketing

Seiring dengan berjalannya waktu, teknologi internet berkembang sangat pesat karena dapat menjangkau lebih luas dengan waktu yang tidak terbatas. Menurut Strauss dan Frost (2012), pemasaran menggunakan teknologi internet (internet marketing) memiliki tujuan dan manfaat sebagai berikut:

  • Bisa menjangkau calon konsumen dengan biaya yang lebih murah.
  • Bisa melacak dan mengukur data respon konsumen terhadap aktivitas marketing yang dilakukan perusahaan.
  • Bisa menjangkau pasar global sebagai pangsa pasar baru.
  • Menyediakan promosi yang lebih menarik.
  • Mempermudah proses pembelian dibandingkan dengan sistem offline.
  • Personalisasi pemasaran untuk tiap calon konsumen.
  • One-on-one marketing.
  • Twenty-four-hour marketing.

Berbeda dengan Chaffey dkk (2008:22), menurutnya terdapat lima tujuan dan manfaat internet marketing yang dikenal dengan istilah 5S (Sell, Serve, Speak, Save, dan Sizzle) dengan penjelasan sebagai berikut ini:

  • Sell (Meningkatkan penjualan): Ini dicapai melalui distribusi yang lebih luas kepada pelanggan yang tidak disediakan melalui layanan offline atau mungkin melalui jangkauan produk yag lebih luas daripada di toko atau harga yang lebih rendah dibandingkan dengan penyalur lain.
  • Serve (Menambah nilai): Ini dicapai dengan memberikan keuntungan yang lebih dengan online atau menginformasikan pengembangan produk melalui dialog online kepada pelanggan.
  • Speak (Mendekatkan ke pelanggan): Membuat komunikasi dua arah melalui web dan e-mail.
  • Save (Menghemat biaya): Dicapai melalui komunikasi melalui e-mail, transaksi penjualan dan servis secara online untuk mengurangi jumlah staf dan juga biaya cetak.
  • Sizzle (Memperluas brand online): Dicapai dengan menyediakan proposisi baru dan pengalaman online baru pada saat yang bersamaan.

Komponen Internet Marketing

Internet marketing juga terdiri dari beberapa komponen dan ini merupakan gagasan dari Mohammed dkk (2003:4). Adapun komponen tersebut adalah sebagai berikut ini:

  • Proses

Seperti pada sistem pemasaran tradisional, program pemasaran dengan cara internet melibatkan suatu proses. Tujuh tahap dari proses program pemasaran dengan internet adalah terbentuknya suatu peluang besar, menyusun strategi pemasaran, merancang pengalaman pelanggan, terbangun hubungan antara muka dengan pelanggan, merencanakan program pemasaran, memperbaharui informasi konsumen dengan teknologi dan melakukan evaluasi hasil program pemasaran secara menyeluruh.

  • Membangun Dan Mempertahankan Hubungan Dengan Pelanggan

Membangun dan mempertahankan hubungan dengan pelanggan adalah tujuan dari pemasaran. Tiga tahap hubungan dengan konsumen merupakan awareness, exploration dan commitment. Program pemasaran bisa disebut berhasil jika dapat mengarahkan pelanggan hingga pada tahap komitmen pada perusahaan. Dan tujuan dari pemasaran dengan internet yaitu terjalin hubungan antara pelanggan secara online atupun offline.

  • Online

Sesuai definisinya, Internet marketing adalah pemasaran yang dilakukan dalam dunia Internet, akan tetapi tetap terkait dengan program pemasaran tradisional.

  • Pertukaran

Dampak dari program pemasaran online yaitu pertukaran yang tidak hanya terjadi di dalam dunia Internet atau online, tapi juga harus berdampak pada pertukaran dipenjualan secara nyata.

  • Pemenuhan Kepuasan Kebutuhan Kedua Belah Pihak

Dengan adanya Internet marketing, pemenuhan kepuasan kedua belah pihak lebih cepat terpenuhi yaitu dari segi perusahaan yang menggunakan Internet marketing dapat mencapai tujuan perusahaan seperti meningkatnya laba perusahaan, pangsa pasar yang semakin meluas dan lain sebagainya. Dari segi pelanggan yaitu terpenuhinya kebutuhan seperti mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan lebih cepat.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa internet marketing merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk melakukan pemasaran ataupun promosi secara online. Dengan adanya hal ini tentunya sangat mempermudah aktifitas manusia dan tentunya bisa menghemat waktu, tenaga dan juga biaya yang lebih terjangkau.

Keuntungan yang didapatkan dari internet marketing ini tidak hanya dirasakan oleh si pemilik saja, akan tetapi juga konsumen. Salah satu keuntungan yang bisa dirasakan oleh seorang konsumen adalah kemudahan untuk berbelanja dan lain sebagainya. Semoga artikel di atas bermanfaat buat Anda. Sampai jumpai.