Pengertian Web Browser, Sejarah, Fungsi Serta Contohnya

March 27, 2018 21525 Views

Internet pada masa sekarang ini sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi setiap orang. Selain sebagai sebuah media yang berguna untuk mencari informasi, internet juga digunakan sebagai sarana hiburan oleh sebagian besar orang. Setiap hari pastinya selalu saja ada orang yang berselancar atau istilahnya adalah surfing di dalam internet tersebut untuk mencari informasi ataupun sekedar mencari hiburan sebagai pelepas rasa bosan.

Di dalam menjelajahi internet, tentunya kita semua sudah tidak asing lagi dengan istilah Web Browser. Untuk mengakses sebuah laman website, pastinya kita membutuhkan sebuah web browser yang mana berguna sebagai mesin pencari menuju sebuah situs atau website yang kita tuju di dalam internet tersebut.

Berbicara mengenai web browser, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai hal-hal apa saja yang wajib kita ketahui mengenai web browser ini. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasannya berikut ini.

Apa Itu Web Browser

Perlu untuk kita ketahui bersama, browser sendiri sejatinya merupakan sebuah perangkat lunak atau dalam istilah komputer kita menyebtnya dengan sebutan software. Apa yang dimaksud dengan web browser? Web Browser adalah suatu program atau software yang digunakan untuk menjelajahi internet atau untuk mencari informasi dari suatu web yang tersimpan didalam komputer.

Jika ditinjau dari frasa katanya, web browser terdiri atas dua kata berbahasa Inggris yaitu kata’web’ dan kata ‘browser’. Arti dari kedua kata ini yaitu : web merupakan singkatan dari website yaitu halaman situs yang ada di jaringan internet, sedangkan browser dapat diartikan sebagai media penjelajah. Dari kedua arti kata ini, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa web browser merupakan alat penjelajah halaman situs website.

Awalnya, web browser berorientasi pada teks dan belum dapat menampilkan gambar. Namun, web browser sekarang tidak hanya menampilkan gambar dan teks saja, tetapi juga memutar file multimedia seperti video dan suara. Web browser juga dapat mengirim dan menerima email, mengelola HTML, sebagai input dan menjadikan halaman web sebagai hasil output yang informative.

Web browser secara umum adalah suatu perangkat lunak atau software yang digunakan untuk mencari informasi atau mengakses situs-situs yang ada di internet. Perangkat ini akan lebih memudahkan pengguna dalam mengakses data atau mencari referensi yang dibutuhkan. Ada berbagai macam perangkat web browser yang kini digunakan seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, Safari, Internet Explorer dan lain sebagainya.

Setiap web browser yang digunakan tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan , meskipun demikian beberapa browser seperti Mozilla dan Chrome banyak digunakan karena dinilai lebih cepat saat mengakses data. Terkadang web browser malah lebih sering diartikan sebagai mesin pencari seperti Google padahal sebenarnya web browser berbeda dengan mesin pencari atau search engine dimana web browser berdiri sendiri sementara search engine biasanya merupakan bagian dari suatu web browser.

Pengertian web browser menurut Wikipedia adalah sebuah aplikasi atau perangkat lunak yang digunakan mengambil, menyajikan, dan melintasi berbagai sumber informasi yang ada didalam jaringan internet (world wide web). Sumber-sumber informasi yang dimaksud itu terdiri dari berbagai macam bentuk seperti misalnya berupa halaman situs, gambar, video, infografis, konten, dan yang lainnya.

Tujuan utama dari web browser adalah untuk membawa sumber informasi kepada pengguna. Proses ini dimulai ketika pengguna memasukan sebuah Uniform Resource Identifier (URI), misalnya, https://thidiweb.com ke dalam browser. Sumber yang telah diambil web browser akan ditampilkan. HTML ditampilkan ke mesin tata letak browser, dan akan diubah dari markup ke dokumen interaktif. Selain dari HTML, browser umumnya bisa menampilkan setiap jenis konten yang menjadi bagian dari suatu halaman web.

Kebanyakan browser dapat menampilkan gambar, audio, video, dan file XML, dan sering mempunyai plug-in untuk mendukung aplikasi Flash dan applet Java. Jika menemui tipe file yang ditetapkan untuk didownload, maka browser akan meminta pengguna untuk menyimpan file ke disk.

Untuk menggunakan web browser pengguna dapat mengaksesnya dengan sangat mudah. User atau pengguna hanya perlu membuka aplikasi kemudian mengetikkan alamat atau situs yang dituju, biasanya dengan menggunakan format WWW (world wide web) atau mengetikkan URL (Uniform Source Locator) pada address bar dilaman web browser. Setelah mengetikkan alamat yang dituju maka aplikasi web browser akan memfetching atau mengambil data yang biasanya ditulis dalam kode html.

Alamat web atau url yang kita masukkan pada browser akan mengarahkan browser pada halaman yang dituju. Misalnya saja jika kita memasukkan alamat url https://www.facebook.com/ maka browser pertama-tama akan mengakses http atau hypertext transfer protocol atau kadang disebut protocol saja. Http yang ada pada alamat tersebut akan mentransmisikan file dari web server menuju browser, selanjutnya facebook.com akan mengarahkan browser pada laman yang dituju dimana data tersebut tersimpan dalam web server.

Sejarah Perkembangan Web Browser

Pastinya banyak dari kita yang menggunakan web browser namun sama sekali tidak tahu bagaimana awal mula adanya web browser itu sendiri. Sebenarnya web browser sudah mulai dikembangkan pada era tahun 80an. Pada tahun 80an Tim Berners Lee adalah seorang ilmuwan yang pertama kali mengembangkan , hanya saja waktu itu belum terhubung jaringan.

Akhirnya pada tahun 1991 Tim Bernes Lee meluncurkan browser pertamanya. Tim yang dipimpin oleh Berners Lee, Bapak Internet, adalah yang menemukan internet browser pertama kalinya di dunia pada awal tahun 1991 di CERN. Browser tidak hanya berfungsi untuk melihat website, tetapi juga sebagai editor. Tim Berners Lee menemukan sebuah dunia internet yang interaktif. Sasarannya adalah kalangan teknik dan informatika. Browser menjadi tool untuk manajemen ilmu pengetahuan. Selain itu, mereka dapat membuat website sendiri serta menyesuaikan website yang lain seperti yang diinginkan.

Lahirnya web 2.0 mengembalikan internet ke fungsi awalnya serta menjadikannya lebih interaktif. Disinilah era dari youtube, wikipedia, dan blog. Tidak ada penemuan lain diluar browser yang memungkinkan orang berbelanja secara online, memeriksa email, atau melakukan transaksi perbankan secara online. Namun, keberagaman fungsi ini memunculkan kelemahan. Browser menjadi target serangan para hacker. Celah-celah dalam script PHP, flash plug-in atau kesalahan pada program membuka pintu bagi masuknya program-program perusak.

Alat yang pertama kali digunakan untuk melakukan pencarian melalui internet disebut “Archie”. Diciptakan tahun 1990 oleh Alan Emtage, seorang siswa dari Universitas Mcgill di Montreal. Program tersebut mendownload daftar direktori dari semua file dan ditempatkan pada alamat FTP, menciptakan suatu filename database yang bisa dicari.

Jika program Archie meng-index file komputer, “Gopher” meng-index teks dokumen. Gopher diciptakan pada tahun 1991 oleh Mark Mccahill di Universitas Minnesota. Karena berbentuk file teks, hampir semua situs gopher menjadi website setelah terciptanya World Wide Web.

Program yang lainnya yaitu “Veronica” dan “Jughead”, yang berfungsi untuk mencari file yang disimpan di dalam sistem index Gopher. Veronica (Very Easy Rodent-Oriented Net-wide Index to Computerized Archives) menyediakan pencarian dengan menggunakan kata kunci di menu judul dalam seluruh daftar Gopher. Jughead ( Jonzy’s Universal Gopher Hierarchy Excavation And Display ) adalah suatu alat untuk memperoleh menu informasi dari beberapa jenis Gopher server.

Pada tahun 1993, Marc Andreessen, seorang mahasiswa Universitas Illinois, menciptakan web browser berbasis grafik yang diberi nama Mosaic. Mosaic mampu menampilkan dokumen grafis dan menggunakan user interface (tampilan) grafis. Penggunaan interface grafis ini mempermudah penggunaan web browser dan penampilan file HTML menjadi lebih baik, yang pada akhirnya memberikan kontribusi untuk semakin cepatnya perkembangan Internet. Selanjutnya Marc Andreessen menjadi salah satu pendiri Netscape, perusahaan pembuat web browser Netscape Navigator.

Setelah itu, banyak search engine yang bermunculan dan saling berlomba untuk mendapatkan ketenaran. Diantaranya Excite, Infosee, Inktomi, Northern Light, dan AltaVista. Dalam beberapa hal, mereka bersaing dengan direktori terkenal seperti Yahoo!.

Sebelum web muncul, terdapat search engine untuk protokol atau pengguna lain, seperti Archie untuk situs anonymous FTP dan Veronica untuk protokol Gopher. Baru-baru ini muncul juga search engine online yang menggunakan XML atau RSS. Dengan ini search engine menjadi lebih efisien mengindex data pada website tanpa tuntutan yang rumit. Sehingga website hanya menyediakan suatu timbal balik XML dengan index-index search engine.

Timbal-balik XML secara meningkat disediakan secara otomatis oleh weblogs atau blogs. Contoh search engine ini adalah feedster, seperti LjFind Search yang menyediakan jasa pencarian untuk Livejournal blogs. Dan kita sudah melihat sendiri bagaimana perkembangan mengenai web browser. Tentunya kita juga sudah tahu bahwa ada banyak macam web browser yang digunakan. Sampai saat ini ada beberapa web browser yang cukup banyak digunakan, antara lain Internet Explorer dari Microsoft, Netscape Navigator dari Netscape, Mozilla dan Opera.

Fungsi Web Browser

Tentunya kita sudah tahu bahwa web browser berguna sebagai sebuah mesin pencari yang membantu kita untuk mengakses sebuah laman web. Namun, selain itu ternyata web browser memiliki beberapa fungsi yang lainnya. Berikut ini adalah beberapa fungsi yang dimiliki oleh web browser, antara lain :

  • Membuka laman website
    Fungsi web browser yang paling menonjol mungkin ada pada kemampuannya untuk mengarahkan pengguna pada alamat website yang dituju. Dengan menggunakan web browser seseorang bisa langsung menuju alamat dimana ia akan mengakses data sementara jika menggunakan search engine maka ia hanya akan mendapatkan beberapa website yang sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan.
  • Memastikan keamanan suatu web
    Bisanya dalam web browser juga terdapat proses authentication atau proses verifikasi suatu website atau laman dan memastikan bahwa laman tersebut tidak berbahaya bagi perangkat jika dikunjungi misalnya untuk menghindarkan perangkat komputer atau gadget dari virus yang bisa merusak sistem komputer.
  • Mendukung permintaan data
    Fungsi lain dari web browser adalah untuk mendukung permintaan data yang dibutuhkan oleh pengguna atau yang dikenal dengan istilah requesting supporting data item. Hampir seluruh alamat web yang ada di internet dapat diakses dengan menggunakan web browser dan data yang berupa foto atau media lainnya dapat disimpan secara langsung dalam dokumen komputer.
  • Mengumpulkan data dan memaksimalkan tampilan
    Selain memberikan akses pada laman yang dituju secara langsung, web browser juga berfungsi dalam mengumpulkan seluruh data pada suatu website termasuk efek yang ada didalamnya sehingga laman web dapat ditampilkan dengan lebih baik dan maksimal. Tidak hanya menampilkan teks, web browser juga bisa menampilkan foto, video dan audio pada suatu laman.
  • Mendukung penggunaan search engine
    Fungsi terakhir yang dimiliki oleh web browser adalah mendukung penggunaan search engine. Search engine atau mesin pencari secara umum merupakan bagian dari web browser sehingga pengguna bisa mencari data dengan lebih mudah dan lebih cepat tanpa harus mengetikkan alamat pada address bar dalam menu web browser.

Contoh Web Browser

Kita pastinya sudah sering menggunakan Google Chrome dalam mengakses internet. Google chrome merupakan salah satu web browser dari sekian banyaknya web browser yang ada. Nah, berikut ini adalah beberapa contoh web browser, antara lain :

Internet Explorer

Siapa yang tidak tahu dengan web browser yang satu ini. Para pengguna komputer dan penikmat internet jaman dulu pastinya tahu tentang web browser yang satu ini. Internet explorer seringkali dikatakan sebagai web browser yang sangat lambat dalam mengakses sebuah situs web dan juga seringkali membuat jengkel orang yang menggunakannya. Microsoft Internet Explorer (IE) adalah Perangkat lunak untuk menjelajah dunia maya internet yang berhasil dibuat oleh Microsoft.

Browser ini pertama kali diperkenalkan pada 16 Agustus 1995. Internet Explorer 8 adalah versi terakhir yang diperbaharui oleh Microsoft. Internet Explorer 8 kecepatannya jelas lebih cepat dari versi terdahulunya, mampu mendeteksi kepalsuan sebuah website, mengamankan informasi yang bersifat pribadi atau sesuatu yang harus dirahasiakan menurut sobat dan masih banyak lagi keunggulannya.

Mozilla Firefox

Salah satu contoh web browser yang selanjutnya adalah mozilla firefox. Kita semua pastinya sudah mengenal web browser yang satu ini. Web browser ini memiliki sebuah ciri khas yang sangat ikonik, yaitu web browser dengan logo seekor rubah yang berapi.

Mozilla Firefox (Phoenix) adalah Perangkat lunak yang dahulunya bernama Mozilla yang dibuat oleh Blake ross. Seiring berjalannya waktu, blake ross mengembangkan browser mozilla bersama kerabatnya: Dave Hyatt (pembuat firefox). Atas kerjasamanya dengan dave hyatt, akhirnya browser ini diberi dan terkenal dengan nama Mozilla Firefox. Browser ini memiliki penampilan yang cukup sederhana, kinerja yang memuaskan dalam kecepatannya, baik download maupun upload file.

Google Chrome

Yang selanjutnya adalah google chrome. Sekarang ini, sudah dapat dipastikan hampir semua pengguna komputer maupun gadget di dunia pastinya memiliki web browser ini pada perangkat mereka. Selain karena populer, web browser yang satu ini juga terbukti dapat mengakses sebuah situs web dengan baik dan cepat.

Google Chrome adalah Perangkat lunak yang dibuat oleh Google yang digunakan untuk menjelajahi internet. Browser ini adalah hasil pergabungan antara desain minimal dengan teknologi canggih agar web dapat diakses dengan lebih aman, cepat dan mudah. Google chrome saat ini menyediakan web browser terbaru mereka, yakni “Google Chrome With 3D”. Browser ini dapat terwujud karena adanya Hyper Text Markup Language (HTML) 5 merupakan teks atau file ASCII dan berisikan intruksi agar browser menmpilkan suatu tampilan grafis pada sebuah halaman web.

Opera

Opera adalah Web browser yang dikembangkan oleh perusahaan Opera Software yang berlokasi di Oslo, Norwegia pada tahun 1994. Browser ini bersifat Multi-Platform dan Freeware. Selain untuk web browser, opera juga datang sebagai IRC client, Email client yang powerfull dan mampu untuk menampilkan Opera Widget. Opera dapat menampilkan situs web dalam satu layar, kecepatan akses bisa disamakan dengan browser mozilla firefox dan untuk soal keamanan opera tidak usah diragukan lagi.

Opera telah memelopori banyak fitur yang kemudian ditiru oleh browser lainnya. Contohnya, Opera adalah browser pertama yang mengintegrasikan gerakan mouse (mouse gesture) sebagai cara yang mudah untuk navigasi situs. Opera juga memiliki beberapa fitur orisinil, termasuk loading halaman di background, notes, penggantian skin, sesson management dan lain-lain. Selanjutnya Opera menjadi lebih terkenal dan sedikit “nakal” karena Multiple Document Interface yang bisa dibilang mendobrak tradisi web browser yang telah ada.

Microsoft Edge

 Meskipun sudah banyak bermacam-macam browser yang hadir namun Microsoft tetap berusaha mengembangkan browsernya yang satu ini. Perusahaan Microsoft mengatakan bahwa Microsoft Edge merupakan browser user friendly yang terintegrasi dengan Windows 10. Browser ini beroperasi sebagai aplikasi modern pada mode tablet Windows 10 dan terhubung dengan Cortana.

Microsoft Edge sangat efisien jika dilihat dari usianya saat ini yang mampu “mengusir” protokol tidak aman seperti ActiveX. Walaupun belum banyak yang mengetahuinya, namun browser ini patut Anda pertimbangkan. Microsoft menjamin pengguna dapat melakukan pencarian dengan cepat, nyaman dan aman karena menggunakan sistem operasi yang terbaru.

Nah, itulah ulasan mengenai web browser. Seperti yang sudah dijelaskan pada ulasan di atas, web browser sangat berguna dalam mengakses internet sebagai sebuah mesin pencari untuk membuka sebuah situs atau laman web yang kita inginkan. Semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita semua. Terima kasih sudah membaca.