Begini Cara Mengatasi Rasa Gatal Pada Kulit Kepala

January 8, 2018 16537 Views

Dalam melakukan aktifitas sehari-hari, pastinya semua orang ingin mendapatkan suasana atau keadaan yang pas tanpa ada satupun hal yang mengganggu aktifitas tersebut. Namun, adakalanya juga di detiap aktifitas tersebut ada hal yang mengganggu dan membuat kita merasa sangat tidak nyaman. Salah satu contohnya adalah rasa gatal pada kulit kepala.

Keadaan kulit kepala yang gatal ini sering kali membuat kita merasa tidak nyaman karena terus menerus diharuskan menggaruk kulit kepala kita disaat kita sedang beraktifitas. Dan tentunya juga hal tersebut selain tidak nyaman untuk diri sendiri pasti juga tidak nyaman juga untuk dilihat oleh orang lain.

Nah untuk itu, pada artikel ini mari kita bahas hal mengenai rasa gatal yang ada pada kulit kepala kita dan sama-sama kita cari tahu cara untuk mengatasinya.

Penjelasan Kulit Kepala Yang Gatal

Kulit kepala yang gatal adalah keadaan dimana kulit kepala kita terasa begitu gatal dan seakan-akan membuat kita harus terus-menerus menggaruk serta menahan rasa gatal tersebut. Biasanya keadaan seperti ini disebabkan oleh masalah-masalah tertentu yang bahkan kita sendirilah yang membuat kulit kepala kita menjadi terasa gatal tanpa kita sadari, dan sebagian hal tersebut adalah karena hal yang sepele.

Misalnya saja salah satunya yang membuat kulit kepala kita terasa gatal adalah karena adanya ketombe. Ketombe pada permukaan kulit kepala terjadi tentunya karena faktor dimana kita seringkali tidak memperhatikan keadaan atau tidak terlalu serius dalam merawat kesehatan rambut dan kulit kepala kita, salah satunya adalah rasa malas kita untuk keramas. Padahal keramas merupakan salah satu hal yang harus kita lakukan agar kulit kepala kita tetap bersih dan terhindar dari kotoran.

Penyebab Terjadinya Kulit Kepala Yang Gatal

Tentunya kita semua tahu bahwa dibalik sebuah kondisi yang kita rasakan, pasti semua ada penyebabnya. Tidak terkecuali juga untuk keadaan dimana kulit kepala kita yang terasa gatal ini. Untuk itu, berikut ini merupakan beberapa penyebab terjadinya rasa gatal pada kulit kepala kita, antara lain :

  • Ketombe

Seperti yang sudah dikatakan di awal, ketombe merupakan salah satu penyebab kulit kepala terasa gatal yang paling umum terjadi. Ketombe adalah masalah kulit kepala yang banyak di derita oleh banyak orang di dunia pada umumnya. Ketombe ini seringkali ditemukan pada bagian kepala atau rambut, terlebih pada orang- orang yang berada di daerah tropis. Mengapa pada daerah tropis? Karena cuaca di daerah tropis merupakan cuaca yang panas dan berbeda daripada di daerah- daerah sekitarnya yang tidak beriklim tropis.

Ketombe merupakan salah satu problematika yang dapat menyerang kulit kepala kita. Ketombe ini kemunculannya terjadi karena disebabkan oleh adanya jamur yang tumbuh secara berlebihan pada kulit kepala. Adanya jamur yang timbul secara berlebihan ini akan memicu timbulnya minyak dan juga sel- sel kulit mati di sekitar area kepala. Hal inilah yang menyebabkan timbulnya serpihan atau kulit kepala yang mengelupas dan juga terasa sangat gatal.

Selain karena adanya jamur yang tumbuh di kulit kepala, ketombe juga dapat disebabkan karena kulit kepala yang terlalu sensitif terhadap produk tertentu, misalnya shampo yang digunakan untuk kita keramas. selain itu ketombe juga bisa ditimbulkan karena terlalu sering keramas atau mencuci rambut, atau penggunaan produk perawatan rambut lainnya.

  • Kurap

Salah satu penyebab timbulnya gatal pada kulit kepala selanjutnya adalah adanya kurap. Kurap seringkali kita dengar berdampingan dengan penyakit kulit lainnya, seperti panu dan kudis. Kurap tidak hanya bisa tumbuh pada area- area kulit yang terbuka saja, namun juga dapat terjadi pada kulit kepala.

Kurap yang timbul pada area kulit kepala biasanya menyebabkan ruam- ruam dengan pinggiran yang terasa menonjol jika diraba. Kurap di kulit kepala ini juga terlihat berwarna kemerahan seperti cacing, dan juga membentuk sebuah cincin. Kurap ini merupakan infeksi jamur dari lapisan luar kulit kepala dan juga rambut.

Gejala kemunculan kurap ini dapat bervariasi, seperti kulit kepala yang gatal, bagian kepala menjadi botak karena terkena kurap, atau bahkan adanya kulit kepala yang terasa seperti bersisik. Kurap yang menyerang kulit kepala ini merupakan gangguan yang menular. Kurap ini paling sering menyerang anak- anak yang masih berusia sekolah.

  • Adanya Kutu Rambut

Penyebab kulit kepala gatal yang selanjutnya adalah adanya kutu rambut. Ya, kutu rambut merupakan hewan yang sering ada di sekitar area kepala manusia yaitu pada area rambut. Hewan dengan bentuk yang kecil penghisap darah ini memang keberadaannya sangat terasa begitu mengganggu sekali. Hewan penghisap darah ini bentuknya sangat kecil dan mempunyai banyak kaki. Hewan ini memperoleh makanannya dari darah manusia yang dihisapnya. Ketika hewan ini mulai menghisap darah, maka akan terasa gatal sekali pada area yang terkena gigitannya tersebut.

Kutu ini merupakan salah satu bentuk parasit yang ada pada manusia. Kenapa pada saat kutu mulai menghisap darah atau menggigit akan terasa gatal? Hal itu terjadi karena air liur yang dimiliki oleh kutu mengandung zat- zat yang bersifat alergen. Air liur kutu ini akan menciptakan reaksi alergi yang dapat menjadikan rambut atau kulit kepala terasa sangat gatal.

Sebagai salah satu penyebab gatalnya kulit kepala, kutu ini menjadi penyebab yang banyak terjadi atau dialami oleh banyak orang, khususnya anak- anak.

  • Alergi Terhadap Produk Perawatan Rambut

Rasa gatal yang terasa di kulit kepala juga dapat disebabkan karena adanya alergi terhadap produk perawatan rambut tertentu. Misalnya pemakaian hair spray untuk membuat rambut ini lebih keras. Penggunaan hair spray ini dapat memicu kegatalan pada kulit kepala. Hal ini karena hair spray akan menimbulkan sensasi rambut seperti ditarik, sehingga akan membuat kulit kepala menjadi gatal. Selain karena memang efek hair spray yang membuat kulit kepala menjadi gatal, kandungan bahan kimia yang ada di dalam bahan- bahan perawatan kulit kepala dan rambut kita juga terkadang menyebabkan efek tertentu, termasuk efek gatal.

Oleh sebab itu, akan lebih baik jika kita menggunakan bahan- bahan perawatan rambut yang alami daripada yang mengandung bahan kimia. Karena bahan- bahan yang mengandung obat kimia ini sejatinya akan lebih berbahaya ketimbang bahan yang bersifat alami, terlebih jika tidak cocok dengan kulit kepala kita.

  • Psoriasis

Penyebab selanjutnya yang menjadikan kulit kepala kita terasa gatal selain adanya ketombe dan juga kurap adalah adanya psoriasis. Apa sih psoriasis itu? Psoriasis adalah salah satu gangguan yang terjadi pada kulit kepala, dimana sel kulit kepala tumbuh terlalu cepat sehingga akan membentuk semacam bercak- bercak yang tebal dan berwarna kemerahan.

Kulit kepala yang tebal dan berwarna merah ini kemudian tertutup oleh serpihan dan juga sisik yang berwarna keperakan. Psoriasis ini tergolong sebagai salah satu gangguan yang bersifat kronis dan seringkali ditemui di beberapa bagian tubuh. Tidak hanya pada bagian kulit kepala saja, namun psoriasis ini juga bisa ditemui pada bagian lutut, siku, dan bahkan punggung.

Gejala yang dapat ditandai dari adanya psoriasis ini adalah adanya ketombe yang menempel pada batang rambut. Kemudian bercak keperakan yang tebal tadi akan berdarah jika dikupas atau diangkat dari kulit kepala. Perlu diketahui juga, bahwasannya bercak psoriasis juga dapat menyebar sampai di luar garis rambut, dan kemudian menimbulkan rasa sakit atau rasa gatal pada kulit kepala. Setelah itu gejala yang sama juga akan menyerang berbagai bagian tubuh yang lainnya.

  • Kulit Kepala Kering

Kulit kepala kita terkadang terasa gatal bisa juga karena disebabkan karena kulit kepala kita yang dalam kondisi kering. Beberapa orang yang mempunyai jenis kulit yang kering akan dapat menjalar hingga kepada kulit kepala. Jadi kulit yeng kering ini tidak hanya di bagian wajah atau beberapa bagian tubuh lainnya yang terbuka, namun hingga di kulit kepala.

Kondisi kulit kepala yang kering ini terkadang bisa menyebabkan timbulnya rasa gatal pada kulit kepala kita. rasa gatal di kulit kepala ini akan semakin menjadai- jadi ketika datang musin dingin. Namun meskipun kondisi kulit kepala kering ini seringkali menimbulkan rasa gatal yang berlebihan, kita tidak diperkenankan untuk mencuci rambut terlalu sering.

Karena mencuci rambut terlalu sering justru akan memperburuk keadaan atau rasa gatal yang ada pada kulit kepala kita. untuk bisa mengatasi hal yang demikian, kita bisa menggunakan jenis shampo khusus yang mempunyai kandungan bahan- bahan yang bermanfaat dan dapat menutrisi rambut dan kulit kepala sehingga keadaannya tidak terlalu kering.

  • Adanya Uban

Uban adalah rambut yang mati dan berwarna putih. Uban ini pada umumnya muncul pada orang- orang yang telah berusia lanjut. Namun, adakalanya uban ini juga muncul pada rambut anak- anak atau remaja. Uban yang muncul di luar usia lanjut ini merupakan uban yang kurang wajar.

Kedatangan uban- uban ini ternyata membawa beberapa dampak yang akan dirasakan oleh para penderitanya. Selain mengganggu penampilan, uban ini juga membawa rasa yang tidak nyaman, yakni menyebabkan rasa gatal pada kulit kepala. Ya, terlebih bagi uban yang berukuran sangat pendek dan juga berwarna putih semua. Sehingga kedatangan uban yang pendek ini akan menyebabkan kulit kepala terasa sangat gatal dan juga mengganggu aktivitas.

  • Produksi Minyak Yang Berlebih

Gatal yang terasa di kulit kepala juga dapat disebabkan oleh adanya produksi minyak yang berlebihan. Minyak yang berlebihan dan berada di kulit kepala tersebut akan menimbulkan rasa yang lengket, tidak nyaman, dan juga gatal. Terlebih lagi saat kita berada di luar ruangan dengan banyak debu, kotoran, dan paparan langsung teriknya sinar matahari.

Jika kepala kita bertemu dengan hal- hal tersebut, maka rasa gatal yang ditimbulkan akan semakin menjadi- jadi. Hal ini karena adanya debu, kotoran, serta sinar matahari akan semakin membuat produksi minyak yang ada di kepala kita semakin banyak dan semakin berlebihan.

  • Gejala Psikologis Tertentu

Gejala psikologis ini ada banyak sekali macamnya. Beberapa gejala psikologis yang serimg dialami oleh anak muda adalah merasa stress dan juga rasa kegugupan. Ketika kita sedang merasa stress ataupun ketika kita sedang gugup, maka biasanya anggota badan yang lain akan melakukan berbagai kegiatan reflek lainnya. Salah satu kegiatan anggota badan lainnya saat kita sedang merasa gugup atau stress adalah menggaruk kulit kepala. Hal ini dilakukan dengan reflek dan tanpa kesengajaan.

Nah, kebiasaan menggaruk kepala inilah yang akan mendatangkan berbagai masalah lainnya, seperti kerontokan yang terjadi pada rambut, atau bahkan kulit kepala yang iritasi karena tangan kita terlalu kuat menggaruk kulit kepala kita. Dan hal seperti ini akan muncul tanpa kita sadari.

Cara Mengatasi Kulit Kepala Yang Gatal

Setelah kita mengetahui hal-hal apa saja yang membuat kulit kepala kita gatal, tentunya kita juga harus tahu bagaimana cara untuk mengatasinya. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit kepala yang gatal, antara lain :

  • Minyak pohon teh

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit kepala gatal adalah menggunakan minyak pohon teh. Minyak pohon teh mengandung zat anti inflamasi dan antimikroba yang kuat yang mampu menghilangkan bakteri penyebab gatal serta dapaat menetralkan minyak alami dikulit kepala sehingga tidak mudah mengalami kekeringan .

Cara menggunakannya: Minyak pohon teh dapat ditambahkan dengan minyak sayur kemudian dioleskan pada kulit kepala secara merata, Lalu lakukan pemijatan beberapa menit dan diamkan selama 30 menit sebelum di bilas dengan air dingin.

  • Minyak Wijen

Minyak wijen dapat mencegah kekeringan pada kulit kepala dan menjaga kondisi Ph permukaan kulit tetap stabil sehingga kulit kepal terhindar dari serangan gatal gatal akibat kulit yang kering dan bersisik.

Cara menggunakannya : Gosokan perlahan lahan minyak wijen pada kulit kepala sebelum kamu tidur malam lalu bungkus rambut dengan handuk tipis. Keesokan harinya kepala dan rambut bisa di bilas dengan air dingin. Dijamin rasa gatal – gatal pada kulit kepala akan hilang dan tidak mudah untuk kembali lagi.

  • Minyak Jojoba

Minyak jojo ba terbuat dari ekstra botanical simmondsia chinensis yang diolah secara alami tanpa ada penambahan zat kimia didalam proses pembuatannya. Minyak jojoba dapat mengatur minyak alami yang terdapat dibawah permukaan kulit untuk tidak keluar secara berlebihan yang biasanya memicu munculnya munculnya ketombe yang sebelumnya disebabkan karena adanya serangan debu, asap dan radikal bebas lainnya yang terbawa dari udara yang menyebabkan gatal gatal di kepala.

Cara menggunakannya : Oleskan pada kulit kepala dan lakukan creambath selama 20 sampai 30 menit yang diakhiri dengan pembilasan dengan menggunakan air dingin.

  • Air Jeruk Nipis

Air jeruk nipis memiliki kandungan anti bakteri, Anti peradangan dan ampuh sebagai antibiotik yang aktif dalam menghilangkan gatal gatal dipermukaan kulit kepala. Air jeruk nipis dapat melembabkan kulit kepala sehingga terhindar dari kekeringan sehingga tidak mudah terserang ketombe atau penumpukan kotoran akibat radikal bebas.

Caranya : Oleskan air jeruk nipis pada kulit kepala yang tidak memiliki luka. Pijat perlahan lalu diamkan selama 20 sampai 30 menit kemudian bilas dengan air hangat kemudian air dingin.

  • Jus Alpukat

Alpukat adalah salah satu jenis buah buahan yang memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan kulit termasuk kulit kepala. Serat dan vitamin E nya dapat bertindak sebagai antioksidan kuat untuk melawan bakteri penyebab gatal gatal di kulit kepala serta mampu mengembalikan kelembabn kulit yang hilang akibat paparan radikal bebas termasuk sinar matahari.

Cara menggunakannya : Alpukat di blender lalu oleskan pada kulit kepala dan lakukan pemijatan perlahan .Jadikan alpukat sebagai masker rambut dan kepala agar kondisi kulit kepala dan rambut menjadi lebih sehat dan selalu lembab alami. Kelembaban yang stabil pada kulit kepala dapat menghindari terjadinya gatal gatal.

  • Lemon Dan Air Dingin

Cara menghilangkan gatal dikepala dapat menggunakan air lemon. Air lemon dapat mengangkat kotoran yang melekat pada kulit kepala penyebab gatal gatal. Lemon mempunyai kemampuan memblokir akktifitas jamur dan pergerakan mikroorganisme yang biasaanya dapat mengakibatkan gatal bercampur irutasi pada permukaan kulit kepala.

Caranya : Belahlah buah lemon menjadi dua bagian lalu teteskan beberapa kali air es. Lalu gosok perlahan pada seluruh kulit kepala. Air lemon mampu mengangkat ketombe dan kotoran lain yang di permukaan kulit kepala. Zat anti bakterinya mampu menjaga kelembaban dan mencegah pertumbuhan bakteri di kulit kepala.

  • Rajin Keramas Secara Konsisten

Cara menghilangkan gatal di kepala yang paling judah adalah membiasakan diri untuk keramas dengan aturan yang telah dibuat sendiri yang dilakukan secara konsisten dan teratur adalah penting untuk mencegah kulit kepala terserang gatal gatal akibat ketombe dan keringat yang telah bercampur debu. Setidaknya keramaslahsatu kali setiap hari dengan air dingin agar tidak memberi peluang bagi bakteri untuk mengurai dengan kotoran yang melekat dikulit kepala akibat serangan radikal bebas selama beraktifitas sehari hari.

  • Meningkatkan Perlindungan Kulit Kepala

Cara menghilangkan gatal dikepala yang mudah dilakukan siapa saja adalah meningkatkan perlindungan pada kondisi kulit kepala bertujuan untuk mempertahankan kesehatan kulit kepala agar selalu terhindar dari gatal gatal dan iritasi. Perlindungan tersebut misalnya selalu keramas dengan air dingin, Menghindari sedapat mungkin paparan sinar matahari yang dapat memicu munculnya sebum atau minyak berlebih dikepala yang pada akhirnya menyebabkan kulit gatal gatal, Menggunakan sampo, Minyak ramut dan vitamin rambut yang sesuai dengan kondisi dan jenis rambut dan sebagainya. Meningkatkan perlindungan terhadap kulit kepala sangat efektif sebagai cara mengatasi kulit kepala gatal.

Nah, itulah penjelasan mengenai kulit kepala gatal beserta hal yang bisa kamu lakukan jika kamu mengalami masalah gatal pada kulit kepala. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.