Alasan Diri Sendiri Dianggap Musuh Terburuk

March 20, 2017 1209 Views

Mungkin sering kali dalam hidup Anda merasa dirugikan pada ketidakmampuan Anda untuk memcocokkan prestasi rekan kerja dan pesaing. Anda juga hampir menyalahkan semua orang yang ada disamping sebagai penghalang jalan menuju keberhasilan. Penyebab utama dari semua itu terletak pada diri Anda sendiri seperti, kesombongan dan keputusan yang salah? Berikut 7 alasan mengapa diri sendiri adalah musuh terburuk.

1. Membuat tujuan yang besar tanpa pertimbangan

Setiap orang terikat oleh batasan-batasan tertentu yang mengarah ke perasaan yang tidak sehat dan kompleksitas yang lebih besar. Jadi, jika Anda menetapkan tujuan sangat besar dengan sendirinya karena hanya cemburu dengan orang lain, itu adalah salah satu hal yang sangat menyedihkan. Anda tidak akan mampu mencapai satu tujuan yang besar dengan sendiri, namun Anda terus berusaha keras. Terlalu memaksakan diri sendiri hanya dapat mengikis probabilitas keberhasilan saja. Hal ini adalah salah satu sifat sombong yang bisa membuat Anda jatuh dan susah untuk bangkit kembali.

2. Selalu membuat perbandingan

Anda pasti akan merasa rendah hati dan mengurangi rasa tinggi hati setelah mengetahui kualitas dan prestasi orang lain. Setiap orang tidak dilahirkan untuk melakukan hal yang sama. Jika orang lain telah mencapai sesuatu, itu karena mereka telah bekerja keras sebelumnya sementara Anda hanya terlibat dalam permainan menyalahkan orang lain. Dengan menyalahkan orang lain tidak akan mengarahkan Anda ke dalam keberhasilan dan kemakmuran. Ada baiknya kita membuat suatu perbandingan dengan orang lain dan menjadikan orang lain sebagai motivasi, bukan sebagai lawan yang harus kita saingi dan dibanding-bandingkan.

3. Skeptisisme

Skeptisisme adalah aliran ( paham ) yang memandang sesuatu tidak pasti. Terlalu banyak meragukan nilai pribadi Anda sendiri hanya akan merusak tingkat kepercayaan diri secara bertahap. Keraguan diri diperlukan dalam banyak situasi untuk meluruskan kesalahan tetapi akan menjadi obsesi jika Anda meragukan kemampuan diri sendiri dan hampir setiap waktu melakukan hal itu.

4. Berada hanya disatu titik secara terus menerus

Prestasi luar biasa yang Anda punya dimasa lalu yang selalu diandalkan membuat Anda tidak mau belajar lagi tentang sesuatu hal yang lain. Potensi tersebut dapat mengurangi perjalanan Anda untuk mencapai ketingkat yang lebih tinggi. Hal ini juga kadang membuat malas dan bahkan menghina segala macam improvisasi dan inovasi. Anda juga mulai menghina dan tidak menyukai hal luar selain pekerjaan rutin. Jadi, di beberapa tantangan baru Anda hanya dapat tercengang dan tidak mengerti apa-apa yang menyebabkan gagal. Hal yang paling menyedihkan adalah Anda akan menyalahkan orang lain dengan kesombongan yang berlebihan.

5. Membuat alasan-alasan yang buruk

Hal ini adalah sesuatu hal yang membuat Anda kehilangan peluang yang sangat berharga, yang akan jarang terjadi lagi kepada Anda. Alasan yang demikian benar-benar dangkal dan hanya cenderung memaksa diri untuk kerja keras. Ini adalah sesuatu hal yang sangat buruk yang paling sering Anda lakukan.

6. Terlalu cepat dalam mengambil satu keputusan

Ketika Anda mengambil satu keputusan penting hanya karena semangat emosional dan tanpa persyaratan rasional apapun, keputusan tersebut hanya akan membawa Anda kedalam bencana lainnya. Jadi, tanpa pilihan rasional, kegagalan akan selalu ada di depan Anda atau apakah Anda tidak menyadari hal itu.

7. Bergantung kepada orang lain

Anda mungkin memiliki teman yang dapat dipercaya untuk beralih, akan tetapi memberi kepercayaan yang berlebihan dan keyakinan yang tinggi kepada orang lain cukup terbukti dapat merugikan kepentingan Anda sendiri. Hal ini harus selalu dipastikan apakah seseorang bisa dipercaya untuk menjaga informasi rahasia atau tidak.

Jadi, Anda harus menyadari sekarang bahwa penderitaan ini konstan terbalik sebagian besar terletak karena kekurangan Anda sendiri dan bukan pada orang lain. Dengan demikian, mulailah menghormati diri Anda sendiri, menerima kekurangan dan secara bertahap bekerja untuk dapat mengatasi tanpa membiarkan orang lain membuat Anda merasa rendah diri.

Semoga artikel ini bisa menjadi motivasi dan sebuah pelajaran berharga yang bisa membantu kita ketika hendak melalukan sesuatu hal yang mungkin dapat membuat kita jatuh dan jadi tepuruk.  Jadilah diri sendiri yang bisa membuat keputusan yang tepat dan mencapai sesuatu hal dengan benar.