Komunikasi merupakan sesuatu hal yang sangat penting dalam kehidupan. Ini merupakan suatu hal yang sering kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Komunikasi biasanya dilakukan dengan berbicara baik secara langsung ataupun melalui media tertentu, seperti melalui surat, telepon, video call, dan lain sebagainya. Beberapa hal tersebut merupakan bentuk nyata dari komunikasi yang sering kita lakukan.

Bukan hanya itu saja, komunikasi juga dapat dilakukan dalam bentuk isyarat-isyarat tertentu, seperti : mengedipkan mata, mengangguk, dan juga menggelengkan kepala. Komunikasi memiliki peran sangat penting dalam kehidupan manusia, baik secara individu, kelompok, maupun dalam organisasi, termasuk dalam hubungan antarnegara atau antarbangsa (internasional). But, untuk mengetahui lebih dalam tentang komunikasi, mari kita simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Komunikasi

Secara umum, komunikasi dapat diartikan sebagai proses pengiriman dan penerimaan informasi atau pesan antara dua individu atau lebih dengan efektif sehingga bisa dipahami dengan mudah. Komunikasi terjadi saat pesan disampaikan oleh pengirim pesan dan diterima oleh penerima pesan. Dalam komunikasi juga terdapat unsur-unsur komunikasi yang harus dipenuhi. Adapun komponen komunikasi meliputi komunikator atau pengirim pesan, komunikan atau penerima pesan, media atau perantara, pesan atau informasi, efek yang ditimbulkan serta umpan balik.

Istilah “komunikasi” (comunication), menurut Oxford Dictionari of English, berasl dari bahasa Latin, communis yang artinya sama. Akar kata komunikasi lainnya adalah comunico, communicatio, atau communicare yang berarti ” membuat sama (make to common)” atau “berbagi (to share)”.

Pengertian Komunikasi Menurut para Ahli

Mungkin Anda masih kurang paham dengan penjelasan di atas tentang apa yang dimaksud dengan komunikasi. So, untuk untuk mengetahui lebih mudah tentang hal tersebut ada baiknya untuk memahami pendapat para ahli tentang komunikasi tersebut.

  • Murphy & Mendelson : Menurut Murphy & Mendelson pengertian komunikasi adalah sebuah upaya yang dilakukan untuk mempertahankan dan menjalin hubungan interpersonal.
  • Djenamar SH : Djenamar : Pernah mengutarakan pendapatnya bahwa pengertian komunikasi merupakan seni untuk menyampaikan ide-ide atau informasi tertentu dari seseorang kepada orang lain.
  • James A. F. Stoner : Menurut James A. F. Stoner, pengertian komunikasi adalah suatu proses pada seseorang yang berusaha untuk memberikan pengertian dan informasi dengan cara menyampaikan pesan kepada orang lain.
  • Shannon & Weaver : Komunikasi adalah interaksi yang saling mempengaruhi yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain baik disengaja maupun tidak. Menurutnya komunikasi tidak terbatas pada bahasa verbal saja, namun juga pada ekspresi wajah, lukisan, teknologi, dan lainnya.
  • Lexicographer : Definisi komunikasi adalah upaya yang bertujuan untuk memberi dan meraih kebersamaan. Tujuan yang ingin diinginkan kedua belah pihak akan tercapai bila mereka berkomunikasi dan memiliki pemahaman yang selaras tentang informasi yang saling ditransfer.
  • Raymond S. Ross : Menurut Raymond S. Ross, pengertian komunikasi adalah sebuah proses menyaring, memilah, dan memberikan berbagai simbol dalam bentuk sedemikian rupa yang mana dapat memudahkan penyimak membangkitkan arti maupun respon dari fikiran yang sama dengan yang dikehendaki komunikator.
  • Alberto Martínez de Velasco : Menurut Alberto Martínez de Velasco pengertian komunikasi adalah suatu proses dimana seseorang berhubungan dengan orang lain melalui pesan dan mengharapkan tanggapan yang terakhir, menjadi pendapat, aktivitas atau perilaku.

Fungsi Komunikasi Secara Umum

Seperti yang kita ketahui, komunikasi tentunya memiliki fungsi. Adapun fungsi komunikasi adalah sebagai berikut ini:

  • Sebagai alat kendali

Adapun fungsi komunikasi yang pertama adalah sebagai alat kendali atau kontrol. Dalam hal ini alat kendali berarti dengan adanya komunikasi maka perilaku individu dapat dikontrol dengan penyampaian aturan yang harus dipatuhi.

  • Sebagai alat motivasi

Komunikasi yang baik dan juga persuasif yang diterapkan dalam kehidupn sehari-hari dapat meningkatkan motivasi seseorang dalam melakukan sesuatu. Menyampaikan informasi yang dapat diraih dalam kehidupan dan akan membangun motivasi seseorang.

  • Sebagai ungkapan emosional

Seperti yang kita ketahui, setiap orang tentunya memiliki perasaan yang berbeda-beda di dalam dirinya dan hal itu dapat diungkapkan kepada orang lain dengan cara berkomunikasi. Emosi ini bisa berupa perasaan marah, senang, gembira, sedih, kecewa dan lain sebagainya.

  • Sebagai alat komunikasi

Dengan adanya komunikasi tentu hal tersebut dapat memberikan informasi yang dibutuhkan oleh orang lain atau kelompok sehingga dengan informsi itu maka proses pengembalian keputusan dapat dilakukan dengan baik.

Tujuan Komunikasi Secara Umum

Setelah mengetahui apa itu komunikasi dan apa saja fungsinya, ada baiknya untuk mengetahui apa saja tujuan dari komunikasi tersebut.

  • Agar pesan yang disampaikan dapat dimengerti

Adapun tujuan dari komunikasi yang pertama adalah untuk memastikan informasi yang diterima dari komunikator dapat dimengerti oleh orang lain. Oleh sebab itu, komunikator harus menyampaikan pesan utama sejelas mungkin kepada si penerima.

  • Sebagai sarana untuk mengenal orang lain

Dengan adanya komunikasi dan interaksi dengan orang lain/orang yang tidak dikenal akan membuatnya saling mengenal dan juga saling memahami. Kemampuan untuk mendengar, membaca, dan mengartikan pesan orang lain dengan baik merupakan hal penting dalam aktivitas komunikasi.

  • Agar pendapat diterima orang lain

Komunikasi secara persuasif seringkali dilakukan untuk menyampaikan gagasan atau ide seseorang pada orang lain. Tujuannya adalah agar ide dan gagasan tersebut diterima.

  • Untuk menggerakkan orang lain

Dengan adanya komunikasi yang dilakukan secara persuasif, bisa membangun sebuah kesamaan dalam persepsi dengan orang lain. Kesamaan persepsi ini yang akan digunakan untuk menggerakkan orang lain sesuai dengan keinginan kita.

Syarat-Syarat Komunikasi

Seperti yang disebutkan di atas bahwa komunikasi merupakan suatu proses pengiriman dan penerimaan informasi atau pesan antara dua individu atau lebih dengan efektif sehingga bisa dipahami dengan mudah. Komunikasi terjadi saat pesan disampaikan oleh pengirim pesan dan diterima oleh penerima pesan. Dari hal ini dapat kita ketahui bahwa komunikasi tersebut tidak terjadi begitu saja akan tetapi ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sehingga hal tersebut bisa dikatakan sebuah komunikasi. Adapun syarat-syarat tersebut adalah sebagai berikut ini:

  • Sumber (Source)

Mungkin Anda tidak asing lagi dengan kata sumber, ini merupakan dasar dalam penyampaian suatu informasi atau pesan yang tujuannya untuk memperkuat isi pesan tersebut. Contoh dari sumber komunikasi adalah buku, lembaga, orang yang dianggap mampu/ahli, Google, dan lain sebagainya.

  • Komunikator

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa komunikasi merupakan suatu proses pengiriman dan penerimaan. Dari hal ini dapat kita ketahui bahwa dalam suatu komunikasi dibutuhkan yang namanya seorang komunikator. Ini merupakan orang yang menyampaikan pesan kepada pihak lain. Pelaku penyampai informasi ini bisa seorang individu (penulis, pembicara, blogger, dan lain-lain), bisa dalam bentuk kelompok, atau organisasi komunikasi (radio, TV, surat kabar, majalah, dan lain-lain).

  • Komunikan

Jika komunikator adalah orang yang mengisimkan pesan, maka komunikan adalah orang yang menerima pesn tersebut. Dengan adanya komonikan maka komunikasi dapat berjlan dengan baik. Pelaku penerima informasi ini bisa seorang individu maupun organisasi.

  • Pesan

Ini merupakan keseluruhan informasi yang disampaikan oleh komunikator. Sebuah pesan memiliki tema utama sebagai pengarah dalam usaha untuk mengubah sikap dan perilaku orang lain. Komunikasi yang baik adalah yang memiliki pesan untuk diterima oleh pihak lain yang berkaitan.

  • Efek

Komunikasi dapat dikatakan berhasil apabila memberikan efek kepada penerima pesan (komunikan). Misalnya, karena adanya suatu pesan dari komunikator, penerima komunikasi melakukan reaksi atau tindakan tertentu.

Jenis-Jenis Komunikasi

Dalam kehidupan sehari-hari komunikasi terdiri dari beberapa jenis. Adapun jenis komunikasi tersebut adalah sebagai berikut ini:

1. Komunikasi berdasarkan penyampaiannya

  • Komunikasi verbal (Lisan) : Pengertian komunikasi lisan adalah komunikasi yang terjalin secara langsung tanpa adanya jarak yang berarti. Contoh komunikasi lisan misalnya; meeting dengan klien, wawancara kerja, atau dua orang yang sedang berbicara. Komunikasi lisan bisa juga terjadi secara jarak jauh. Misalnya pembicaraan melalui teleconference, berbicara melalui telepon, dan video call.
  • Komunikasi tertulis : Komunikasi ini biasanya dilakukan melalui sebuah aplikasi atau media teknologi. Misalnya mengirim pesan melalui email, chatting melalui aplikasi WhatssApp/ BBM/ Facebook Messenger.

2. Komuniksi bedasarkan ruang lingkup

Berdasarkan ruang lingkupnya komunikasi dapat dibedakan menjadi 2, yaitu seperti berikut ini:

  • Komunikasi Internal : Komunikasi ini terjadi dalam ruang lingkup tertentu, misalkan dalam lingkungan organisasi atau dalam lingkungan kerja.
  • Komunikasi Eksternal : Komunikasi antara individu atau organisasi dengan masyarakat. Contoh komunikasi internal, yaitu konferensi pers, siaran televisi, siaran radio, bakti sosial, dll.

3. Komunikasi berdasarkan maksud

Komunikasi ini dibedakan berdasarkan maksud dari seorang komunikator. Kemauan yang berasal dari komunikator adalah faktor utama di dalam proses dalam menyampaikan pesan. Jenis dari komuniksi ini adalah sebagai berikut ini :

  • Pidato
  • Pemberian saran atau kritik
  • Memberikan perintah
  • Memberikan ceramah
  • Wawancara

4. Komunikasi berdasarkan aliran informasi

Komunikasi berdasarkan aliran informasi dapat dibagi menjadi 5, yaitu:

  • Komunikasi ke atas : Ini merupakan komunikasi dari bawahan ke atasan.
  • Komunikasi ke bawah : Komunikasi ini terjadi dari atasan kepada bawahan.
  • Komunikasi ke samping : Jenis komunikasi ini dilakukan dengan orang yang memiliki kedudukan yang sama/setara.
  • Komunikasi satu arah : Ini merupakan komunikasi dari satu pihak saja, komunikasi ini biasanya terjadi di dalam sutu lembaga yang sedang mengalami keadaan darurat, jadi harus terdapat pihak yang memberikan instruksi tertentu.
  • Komunikasi dua arah : Komunikasi yang terjadi antara dua orang atau lebih, biasanya komunikasi ini berupa timbal balik antara satu orang dengan orang lain.

Dari artikel di atas dapat kita simpulkan bahwa komunikasi merupakan suatu kegiatan yang sangat diperlukan dalam kehidupan. Karena dengan adanya komunikasi kita bisa saling mengerti satu sama lain. Meskinpun komunikasi adalah hal yang bisa dikatakan biasa saja, akan tetapi hal tersebut memiliki pengaruh yang berguna dalam kehidupan bahkan dalam hubungan antarnegara atau antarbangsa (internasional). Semoga artikel di atas bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan buat Anda. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya ya.