Inilah Pengertian Dan Jenis Dari Mimpi

August 5, 2017 331 Views

Mimpi bisa menghibur, mengganggu, atau benar-benar aneh. Kita semua bermimpi, bahkan jika kita tidak mengingatnya keesokan harinya. Tapi kenapa kita bermimpi? Dan apa arti mimpi itu? WebMD mengungkap apa yang membuat kita bermimpi dan membantu mengungkap misteri di balik mimpi.

Apa itu mimpi?

Mimpi pada dasarnya adalah cerita dan gambaran yang diciptakan pikiran kita saat kita tidur. Mimpi bisa hidup. Mereka bisa membuat Anda merasa senang, sedih atau takut. Dan itu mungkin tampak membingungkan atau sangat rasional. Mimpi bisa terjadi kapan saja saat tidur. Tapi mimpi yang paling jelas terjadi pada saat tidur REM (rapid eye movement), saat otak paling aktif. Beberapa ahli mengatakan bahwa kita bermimpi setidaknya empat sampai enam kali per malam.

Mengapa kita mimpi?

Ada banyak teori tentang mengapa kita bermimpi, tapi tidak ada yang tahu pasti. Beberapa peneliti mengatakan bahwa mimpi tidak memiliki tujuan atau makna dan merupakan kegiatan otak yang tidak masuk akal. Yang lain mengatakan bahwa mimpi diperlukan untuk kesehatan mental, emosional dan fisik.

Studi telah menunjukkan pentingnya mimpi bagi kesehatan dan kesejahteraan kita. Dalam sebuah penelitian, para peneliti membangunkan subyek saat mereka hanyut dalam tidur REM. Mereka menemukan bahwa mereka yang tidak diijinkan untuk bermimpi berpengalaman:

  • Meningkatnya ketegangan
  • Kegelisahan
  • Depresi
  • Kesulitan berkonsentrasi
  • Kurangnya koordinasi
  • Berat badan
  • Kecenderungan untuk berhalusinasi

Banyak ahli mengatakan bahwa mimpi ada untuk:

  • Membantu memecahkan masalah dalam hidup kita
  • Memasukkan kenangan
  • Proses emosi

Sigmund Freud percaya bahwa mimpi adalah jendela ke alam bawah sadar kita. Dia percaya mereka mengungkapkan seseorang:

  • Keinginan yang tidak disadari
  • Pikiran
  • Motivasi

Freud berpikir bahwa mimpi adalah cara bagi orang untuk memuaskan dorongan dan keinginan yang tidak dapat diterima masyarakat. Mungkin ada manfaatnya dengan semua teori ini. Beberapa mimpi dapat membantu otak kita memproses pikiran dan kejadian kita hari ini. Yang lain mungkin hanya akibat aktivitas otak normal dan sangat sedikit jika ada. Periset masih berusaha mencari tahu persis mengapa kita bermimpi.

Apa arti mimpi itu?

Sama seperti pada pendapat mengapa kita bermimpi, ada juga pandangan yang berbeda mengenai makna mimpi. Beberapa ahli mengatakan bahwa mimpi tidak memiliki hubungan dengan emosi atau pikiran kita yang sebenarnya. Mereka hanya cerita aneh yang tidak berhubungan dengan kehidupan normal.

Yang lain mengatakan bahwa mimpi kita mungkin mencerminkan pemikiran dan perasaan kita sendiri, keinginan terdalam, ketakutan dan kekhawatiran kita, terutama mimpi yang berulang. Dengan menafsirkan mimpi, kita mungkin bisa mendapatkan wawasan tentang kehidupan dan diri sendiri. Banyak orang mengatakan bahwa mereka telah menemukan ide terbaik mereka saat bermimpi, jadi mimpi bisa menjadi saluran kreativitas. Meski para ilmuwan tidak bisa mengatakan dengan pasti apa arti mimpi dan mengapa kita bermimpi, banyak orang menemukan makna dalam mimpi mereka.

Jenis dari mimpi

  • Mimpi buruk

Mimpi buruk adalah mimpi mengerikan atau meresahkan yang terasa nyata sampai-sampai membangunkan Anda dari tidur lelap. Tak jarang detak jantung menjadi berdegup kencang dibuatnya. Mimpi buruk cenderung terjadi saat fase tidur REM. Kebanyakan orang mengalami mimpi buruk ketika dini hari karena pada saat itulah fase tidur REM kerap terjadi. Mimpi buruk biasa terjadi pada anak-anak dan orang dewasa. Sering mimpi buruk disebabkan oleh:

  1. Stres, konflik, dan ketakutan
  2. Trauma
  3. Masalah emosional
  4. Obat atau penggunaan narkoba
  5. Penyakit
  • Mimpi Lucid

Pernahkah kamu menyadari di tengah mimpimu bahwa kamu sedang bermimpi? Mimpi seperi inilah yang disebut dengan mimpi lucid. Jika kamu mengalami mimpi ini, kamu memiliki beberapa keuntungan karena biasanya kamu bisa mengarahkan apa yang akan terjadi atau muncul selanjutnya dalam mimpimu.

Biasanya dalam mimpi-mimpi seperti ini kamu akan menjadi lebih berani dari biasa karena semuanya ada dalam kendalimu. Jika kamu memiliki kesulitan mengungkapkan keinginan atau perasaanmu pada orang lain, mimpi yang jelas bisa dijadikan sebagai alat berlatih.

  • Mimpi Berulang

Mengulang mimpi adalah tanda bahwa kita tidak memperhatikan pesan yang diberikan. Dengan demikian, mengabaikan pesan dapat menyebabkan masalah yang belum terselesaikan dalam kehidupan terjaga. Maksud dari alam bawah sadar dalam contoh ini adalah menemukan mimpi yang berdampak pada pemimpi dengan cara yang paling menguntungkan. Pikiran bawah sadar mungkin telah mencoba banyak usaha lain sebelum menerapkan mimpi yang akan diulang. Alam bawah sadar melakukan ini karena percaya telah menemukan sarana untuk “menerobos”, jadi pengulangan digunakan.

Itulah pengertiaan dan jenis dari mimpi yang mungkin belum pernah Anda ketahui sebelumnya. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.