Sandi morse merupakan kata yang sangat populer sekali pada kalangan pramuka. Akan tetapi bukan cuman hanya pada kalangan pramuka saja, beberapa orang yang bukan dari kalangan pramuka juga yang yang tahu apa itu sandi morse. Ini merupakan salah satu cara yang biasanya dilakukan untuk menerjemahkan perintah istilah dalam pramuka. Perlu untuk diketahui bahwa sandi morse tidak hanya digunakan oleh anak pramuka. So, untuk mengetahui lebih dalam tentang sandi morse, ikuti terus artikel ini ya.

Apa itu Sandi Morse?

Sandi morse merupakan salah satu cara yang digunakan untuk media komunikasi. Ini merupakan suatu sandi yang menerapkan sebuah sistem representasi huruf dan angka serta tanda baca sinyal dengan menggunakan sinyal dengan menggunakan simbol titik (.) dan garis (-) yang disusun sebagai karakter tertentu. Sandi ini pertama kali digunakan secara luas setelah teknologi radio dan telegrafi berkembang pesat di akhir abad ke-19.

Pada masa awal berkembangnya hingga pada pertengahan abad ke-20, sandi morse yang dikirim melalui telegraf adalah media komunikasi yang jangkauannya terluas dan tercepat dan menjadi sarana utama pengiriman berita di kantor-kantor post di seluruh dunia hingga saat telepon menjadi populer di masyarakat. Penggunaan dan penyampaian sandi morse dapat dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya adalah:

  • Menggunakan suara (peluit)
  • Menggunakan simbol
  • Menggunakan ketukan jari
  • Menggunakan sinar (dengan sinar lampu)
  • Menggunakan gerak
  • Menggunakan tulisan
  • Menggunakan denyut listrik
  • Menggunakan cermin

Sejarah Sandi Morse

Pada zaman sekarang ini, menyampaikan pesan kepada orang lain adalah suatu hal yang mudah dilakukan, hanya dengan satu klik saja kita sudah bisa untuk menyampaikan pesan kepada orang lain. Yang menjadi pertanya adalah bagaimana dengan manusia zaman dulu untuk menyampaikan pesan? Sebelum berkembangnya telepon dan alat komunikasi lainnya, manusia membutuhkan waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun untuk menyampaikan pesan hingga sampai tujuan.

Melihat hal seperti ini, Samuel Morse berhasil menemukan sandi morse dan pesawat telegraf yang dapat digunakan untuk pengiriman pesan antara dua tempat yang terpisah jauh dengan menggunakan teknologi radio CW (constant wave) atau gelombang tetap sebelum ditemukannya komunikasi radio dengan suara. Samuel juga dikenal sebagai seorang seniman yang terkenal dan juga seorang politikus.

Nama lengkap dari Morse adalah Samuel Finley Breese Morse yang lahir pada tanggal 27 April 1791 di Charlestown, luar kota dari Boston, Massachusetts. Memasuki usia yang ke empat tahun, Morse sangat tertarik dengan seni gambar. Ketika ia belajar di Yale College pun, Morse merupakan seorang siswa yang sama dengan siswa lainnya, lalu kemudian ketertarikannya mulai timbul saat ia mengikuti kuliah tentang perkembangan terbaru kelistrikan, namun ia sangat merasa lebih nyaman jika bisa menggambar potret miniatur.

Pada saat Samuel Morse berada di Royal Academy di London, gurunya selalu memberikan support untuk mengikuti sebuah kontes seni lukis. Dia berhasil menjuarai kontes tersebut dan mendapatkan medali emas. Akhirnya, Morse berhasil menemukan apa yang terbaik buat dirinya. Dia mulai menggambar foto-foto orang di Eropa. Dia menikah pada tahun 1818 dan memiliki dua orang putra dan seorang putri. Istrinya meninggal karena masalah jantung pada tahun 1825. Morse bahkan tidak mengetahui apa yang sudah terjadi pada istrinya dan kapan dia meninggal.

Setelah kejadian tersebut, Morse dan keluarganya berlayar pulang dengan kapal bernama Sully pada bulan Oktober 1832. Dan pada tahun 1835, dia berhasil menemukan model telegraf pertamanya dimana pertama kali dioperasikan di gedung Universitas New York. Pada tahun 1837, Morse membuat telegraf yang lebih baik yang dibantu oleh dua orang partnernya yang bernama Leonard Gale dan Alfred Vail.

Dengan bantuan dari teman-teman barunya, Morse mengajukan paten untuk telegraf barunya pada tahun 1837, yang dijelaskannya termasuk sebuah sandi yang terdiri dari garis dan titik untuk mewakili angka-angka dan sebuah kamus guna mengubah angka-angka tersebut menjadi kata-kata.

Dalam sebuah eksebisi di New York pada tahun 1838 tentang telegrafnya, Morse mentransmisikan sepuluh kata per menit. Dia mengunakan kamus kata angka-kata miliknya dan menggunakan sandi titik-garis untuk menuliskan surat secara langsung. Meskipun kelak akan ada perubahan secara detail, sandi Morse menjadi standar yang digunakan diseantero dunia. Pada tahun 1846, perusahaan-perusahaan swasta juga menggunakan paten Morse, telah membangun jaringan telegraf dari Washington, mencapai Buffalo dan Boston dan bahkan dikembangkan lebih jauh lagi.

Manfaat Sandi Morse

Setelah mengetahui apa itu sandi morse dan juga sejarahnya, ada baiknya untuk mengetahui apa saja manfaat dari sandi tersebut. Adapun manfaat dari sandi tersebut adalah sebagai berikut ini:

  • Sarana komunikasi

Adapun manfaat yang pertama dari sandi morse adalah sebagai sarana untuk komunikasi, dimana seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa ini merupakan sebagai tujuan utamanya. Saat ini penggunaan sandi morse masih eksis dalam dunia maritim baik nasional maupun internasional. Sansi morse yang paling banyak digunakan yaitu sandi untuk mengirimkan sinyal SOS dalam kondisi bahaya.

  • Memberikan pesan rahasia dengan sandi tertentu

Manfaat selanjutnya dari sandi morse adalah untuk mengirimkan pesan rahasia. Sandi dari pesan rahasia yang akan disampaikan tergantung kepada kelompok yang menggunakannya, dimana ini sangatlah relatif. Sebelumnya mereka dapat menyepakati suatu sandi yang akan digunakan menggunakan sandi morse ini. Biasanya sandi morse sebagai pesan rahasia digunakan dalam intelegensi.

  • Digunakan dalam telegraf

Seperti yang diketahui bahwa pada awalnya memang sandi morse dibuat untuk pengembangan telegraf. Namun, hingga sekarang sandi ini masih eksis dalam kehidupan.

  • Digunakan dalam kegiatan pramuka

Sandi morse adalah sandi yang juga dipelajari dalam dunia kepramukaan. Sandi ini biasa digunakan dalam setiap kegiatan pramuka seperti memanggil semua anggota pramuka untuk kumpul, pelaksanaan wide games, outbond dan lain sebagainya.

  • Alfabet dalam sandi morse:

A : .-
B : -…
C : -.-.
D: -…
E : .
F : ..-.
G : –.
H : ….
I : ..
J : .—
K : -.-
L : .-..
M : —
N : -.
O : —
P : .–..
Q : –.-
R : .-.
S : …
T : –
U : ..-
V : …-
W : .–
X : -..-
Y : -.–
Z : –..

  • Tanda baca dalam sandi morse:

Titik (. )= .-.-.-

Koma ( , ) = –..–

Titik dua ( : ) = —…

Strip ( – ) = -….-

Garis miring ( / ) = -..-.

  • Angka dalam sandi morse:

1 = .—
2 = ..—
3 = …–
4 = …–
5 = …..
6 = -….
7 = –…
8 = —..
9 = —-.
0 = —–

Metode Menghafal Sandi Morse

Untuk menghafal sandi morse bukanlah hal yang mudah. Akan tetapi, ada beberapa metode yang sudah umum digunakan untuk memudahkan anda dalam menghafalnya. Bahkan perkembangan metode penghafalan yang dibuat dalam bentuk tabel morse, popcast online dan lagu morse yang dapat mempermudah anda untuk menghafalkannya. Beberapa metode yang dapat anda gunakan adalah:

  • Metode Koch

Ini merupakan suatu metode penghafalan yang digunakan dengan metode dalam menyimpan sandi morse dengan memakai sistem yang bertahap. Untuk menghafalkan sandi morse menggunakan Metode Koch dimulai dengan 2 huruf yang diulang secara terus menerus. Huruf yang digunakan biasanya menggunakan E dan T untuk menunjukkan intervalnya. Setelah menguasai 2 huruf ini maka anda dapat membaca dan mengirimkan sandi morse dengan cepat, kemudian satu huruf dapat ditambahkan dan seterusnya sampai anda dapat menguasai pembacaan dan pengiriman sandi morse melalui pembiasaan.

  • Metode Penggantian

Metode ini biasa dipakai oleh sekelompok penjelajah Indonesia agar dapat menyimpan kata sandi Morse. Untuk metode yang digunakan yakni diawali dengan alfabet Latin, yakni dengan huruf O yang mewakili garis (-) dan vokal lainnya yang mewakili sandi titik (.).

A : Ano = .-
B : Bonaparte = -…
C : Coba-coba = -.-.
D : Dominan = -…
E : Egg = .
F : Father Joe = ..-.
G : Golongan = –.
H : Himalaya = ….
I : Islam = ..
J : Jago loro = .—
K : Komando = -.-
L : Lemonade = .-..
M : Motor = —
N : Notes = -.
O : Omoto = —
P : Pertolongan = .–..
Q : Qomokaro = –.-
R : Rasove = .-.
S : Sahara = …
T : Ton = –
U : Unesco = ..-
V : Versikaro = …-
W : Winoto = .–
X : Xosendero = -..-
Y : Yosimoto = -.–
Z : Zoroaster = –..

  • Metode Pengelompokan

Ini merupakan suatu metode yang dilakukan dengan mengumpulkan huruf yang sesuai dan diwakili oleh kata sandi morse. Untuk metode yang satu ini menggunakan alfabet untuk sandi morse yang berkebalikan dan alfabet dengan sandi Morse yang berlawanan.

  • Alphabet dengan sandi morse yang saling berkebalikan

E : .  ><  T : –

I : ..  ><  M : –

S : …  ><  O : –

H : ….  ><  KH : –

K : -.-  ><  R : .-.

X : -..-  ><  P : .-.

  • Alphabet dengan sandi morse yang saling berlawanan

A : .-  ><  N : -.

U : ..-  ><  D : -..

V : …-  ><  B : -…

W : .-  ><  G : -.

F : ..-.  ><  L : .-..

Y : -.-  ><  Q : -.-

  • Tidak memiliki pasangan

C : -.-.

J : .—

Z :–..

  • Pengelompokkan EISH, TMOKH, RKWG, AUV, NDB, CJZ, dan XP

E = .       T = –       R = .-.       F = ..-.

I = ..       M = –      K = -.-      L = .-..

S= …      O = –      W=.-        Q = -.-

H = ….   KH = –   G = -.       Y = -.–

A = .-      N = -.     C = -.-.     X = -..-

U = ..-     D = -..    J = .-       P =  .–.

V = …-    B = -…    Z = -..