Inilah 10 Pantai Dengan Warna Yang Tidak Biasa

July 19, 2017 212 Views

Semua orang pasti menyukai suasana yang tenang, sama halnya ketika sedang berada di pantai. Suasana yang nyaman dapat menenangkan pikiran kita. Ketika dipantai, kita bisa merasakan angin sepoi-sepoi, indahnya pemandangan laut dan udara yang masih bersih. Pada dasarnya, pantai memiliki pasir yang berwarna agak kekuningan. Akan tetapi, setiap pantai memiliki keunikan tersendiri, sama halnya seperti artikel dibawah ini yang akan membahas tentang pantai dengan warna yang tidak biasa.

1. Pantai Putih – Australia

Seperti yang telah kita lihat, sebagian besar pantai terdiri dari kuarsa, namun biasanya kuarsa tersebut diwarnai dengan kotoran besi atau bercampur dengan biji-bijian lain yang memberi warna kekuningan keseluruhan ke pantai. Tapi bagaimana jika kuarsa hampir 100% murni? Contoh terbaik dari pantai seperti itu dapat ditemukan di Australia. Pantai Hyams di pantai New South Wales terdiri dari butiran kuarsa yang sangat halus.

Kuarsa seperti yang kita katakan tidak berwarna atau putih saat murni dan Pantai Hyam ada di Guinness Biook of Records sebagaimana seharusnya pantai dengan pasir paling putih di dunia. Sebenarnya ada tiga pantai di daerah itu dan banyak yang mengunjunginya memakai kacamata hitam karena sinar matahari memantul dari permukaan putih pasir yang begitu kuat.

Pasir putih seperti itu adalah nada yang kami anggap sangat indah dan untungnya ada banyak contoh pantainya yang putih di dunia. Mereka terutama terkait dengan pulau karang tropis dan di situlah letak petunjuk untuk formasi mereka. Sebagian besar ini sebenarnya bukan berbasis kuarsa seperti Hyams, tapi terdiri dari karang dan kerang yang hancur dari jutaan kulit kerang kecil. Pasir putih masih memiliki asal usul lain. Ini mungkin tidak berarti kuarsa, juga kerang, tapi juga mineral yang berbeda. Monumen Nasional White Sands di New Mexico bukanlah pantai, namun layak disebut sebagai daerah bukit pasir putih murni yang terkenal luas yang terdiri dari mineral gypsum CaSO4, yang seperti lapangan salju.

2. Pantai Ungu – Amerika Serikat

Kotoran besi bisa menyebabkan pasir kekuningan, namun lebih jarang bahan kimia dan mineral lain mungkin ada di antara butir-butir pantai berpasir. Nuansa ungu bukan warna pertama yang diasosiasikan dengan pasir tapi di In Big Sur, California, ada pantai yang memiliki warna keunguan yang berbeda pada sebagian besar permukaan.

Sebenarnya bahkan Pantai Pfeiffer tidak ungu sempurna di seluruh garis pantai, tapi ada beberapa tambalan ungu yang bervariasi, terutama di ujung utara dan terutama setelah hujan deras. Alasannya adalah bahwa butiran kuarsa normal yang membentuk pasir pantai dilengkapi dengan deposit pasir garnet ungu mangan, dicuci dari bukit-bukit sekitarnya. Di tempat lain di Amerika, di Long Island, New York State, pasir kadang-kadang juga menunjukkan patch ungu sebagai akibat adanya mineral piedmontite, yang juga dicuci dari tempat lain dalam hal ini, pegunungan di barat laut.

Pantai di Big Sur, California cukup terpencil dan tidak begitu dikenal atau juga ditandai sebagai pantai di dekat Taman Negara Bagian Pfeiffer Big Sur dan oleh karena itu banyak yang mengunjungi daerah tersebut tidak akan menyadari adanya salah satu dari Lingkungan pantai yang paling unik di dunia. Tapi dengan semua akun, bagi siapa pun yang mengunjungi kawasan ini, Pfeiffer Beach adalah tempat yang layak dicari.

3. Pantai Hitam – Spanyol

Pantai putih dan ungu di atas berbasis kuarsa, namun seperti yang disebutkan sebelumnya, di daerah dengan vulkanisitas tinggi, jenis pantai yang sangat berbeda dapat dihasilkan oleh aliran lava. Lava vulkanik bervariasi dalam konstitusi, namun yang paling umum, terutama di lokasi pulau di sekitar pegunungan mid-ocean, adalah lava basaltik. Lava basaltik mendingin membentuk batuan yang sangat gelap, karena adanya mineral dari dalam seperti pyroxene dan magnetite. Apa yang terjadi ketika lava basal superhot menerjang perairan laut yang sejuk?

ereka mendingin begitu cepat sehingga mereka bahkan bisa menghancurkan pecahan gelas-gelas kaca vulkanik berukuran kecil, yang hampir seketika menciptakan hamparan pasir hitam di garis pantai. Letusan gunung berapi yang berurutan dan pelapukan basal darat yang lebih tua akan melengkapi pasir pantai, walaupun tentu saja karena tidak adanya peristiwa vulkanik lebih lanjut, pantai berpasir hitam pada jenis ini pada akhirnya dapat habis atau diliputi dengan jenis mineral lainnya.

Di lokasi tertentu, terutama pulau vulkanik, pantai berpasir hitam merupakan kejadian biasa. Mereka dapat ditemukan misalnya di garis pantai Hawaii (seperti Pantai Punalu’u yang terkenal) dan Selandia Baru (Pantai Pasir Hitam Muriwai sepanjang 37 mil) dan di Karibia. Tapi beberapa yang paling mengesankan bisa dilihat di sekitar Kepulauan Canary milik Spanyol.

Digambarkan di sini adalah pantai di Puerto Naos, di La Palma. Perhatikan juga tebing di latar belakang terdiri dari batuan basaltik, pelapukan yang akan berkontribusi pada bahan pantai. Sebagai tujuan wisata yang populer, pantai berpasir hitam di Canary memiliki nilai keingintahuan tertentu. Warna gelap menyerap memantulkan panas, sehingga pantai berpasir hitam cenderung lebih panas untuk dilalui. Terkadang terlalu panas.

4. Pantai Merah – Yunani

Begitu banyak pantai vulkanik berwarna hitam, namun lava vulkanik sering kaya zat besi, baik pyroxene dan magnetite yang disebutkan di bagian sebelumnya mengandung sejumlah besar zat besi, namun apa yang terjadi bila lava kaya zat besi tersebut dikeluarkan dalam letusan dan terkena oksigen di dalamnya. udara? Ini akhirnya membentuk oksida besi.

Oksida besi sering memiliki pengaruh besar dalam mengubah warna kuarsa (dan kalsium karbonat) dari putih menjadi warna kekuningan, namun pada lava basaltik, prosesnya dapat memiliki efek yang ekstrim. Oksida besi murni sebenarnya adalah senyawa yang sangat kita kenal, ini adalah karat. Dan pasir basaltik yang kaya oksida besi dapat ditemukan di beberapa pulau vulkanik yang mengubah pantai bukan hitam tapi merah padam.

Hawaii, serta pantai berpasir hitamnya, juga memiliki pantai pasir merah yang terkenal di Kaihululu di Maui. Tapi salah satu pantai merah paling dramatis di dunia ini tidak diragukan lagi Kokkini Red Beach di pulau Santorini di Yunani, bagian dari kelompok pulau Cyclades di Laut Mediterania.

5. Pantai Hijau – Amerika Serikat

Salah satu mineral di lava basaltik dan juga batuan metamorf (batuan yang diubah oleh suhu dan tekanan ekstrim) adalah olivin hijau. Dan meskipun olivin tidak terlalu umum di permukaan Bumi, namun juga memiliki dua sifat yang dapat menyebabkan akumulasi mineral dalam jumlah besar. Pertama, titik lebur yang tinggi dari olivin berarti bahwa saat magma mendingin, olivin adalah salah satu mineral pertama yang bisa terurai dan hal ini dapat menyebabkan pemisahannya dari mineral lava lainnya yang masih cair.

Kedua, kristal memiliki kerapatan tinggi yang membuat mereka cenderung tidak hanyut oleh air hujan dan sungai dan lebih cenderung terakumulasi dalam deposit (hampir dengan cara yang tingginya kerapatan emas memungkinkan pan untuk mineral itu). Dengan membasuh bahan yang lebih ringan, hasilnya bisa berupa pembentukan pantai dimana olivin hijau merupakan mineral utama.

Namun, kelangkaan relatif olivin dalam pemisahan dari mineral lain berarti sangat sedikit pantai berpasir hijau yang benar-benar ada di dunia. Salah satunya adalah Talofofo di pulau Guam, tapi boleh dibilang yang terbaik dari semuanya adalah Pantai Papakolea yang terpencil di Teluk Mahana di dekat titik paling selatan di Big Island of Hawaii, dimana olivin terdiri dari kristal yang sangat halus.

Memang, olivin adalah nama mineral dari peridot batu permata dan jika seseorang melihat foto close-up butir pasir mikroskopis dari Papakolea pada akhir artikel ini, mereka memiliki kualitas seperti permata yang jelas. Bayangkan berjalan di pantai batu permata. Beberapa orang percaya bahwa dalam 150 tahun pantai hijau Papakolea dengan sedih akan hilang. Hal ini disebabkan oleh Gunung berapi yang menghasilkan sedimen olivin sekarang tidak aktif, ditambah ombak Hawaii yang kuat.

6. Pantai Abu-abu – Amerika Serikat

Seperti yang telah kita lihat ada beberapa pantai pasir ‘hitam’ di seluruh dunia, namun tentu saja nada yang benar-benar hitam sangat sulit dicapai di alam. Lebih sering kita berbicara tentang abu-abu yang sangat gelap. Tapi ada beberapa pantai yang warnanya sangat terang dan ini ada dua macam. Beberapa akan tampak pucat kelabu hanya karena segudang butiran berwarna gelap dicampur dengan segudang biji-bijian berwarna terang, mungkin pasir lava basaltik dan kuarsa putih. Kesan greyness hampir merupakan ilusi optik, hanya terlihat bila dilihat dari kejauhan saat biji-bijian individu tidak bisa dibedakan. Tapi beberapa pantai lainnya terbuat dari bahan abu-abu yang benar-benar murni.

Salah satu pantai seperti itu ada di Humboldt County, California, dimana pantai 3,5 mil berada di bawah nama menawan Shelter Cove. Ini adalah nama yang cukup menggugah suasana yang lembut dan terpencil, mungkin hampir romantis, tapi harus dikatakan bahwa warna pasir di sini romantis. Alasan untuk warna abu-abu pertengahan pantai ini adalah bahwa sumber utama pasir bukan kuarsa atau basalt. Ini adalah kombinasi dari serpih dan greywacke (yang berasal dari bahasa Jerman untuk batuan ‘abu-abu bumi’), yang berasal dari bentang alam sekitarnya.

7. Pantai Coklat – Amerika Serikat

Rockaway Beach, Pacifica di dekat San Francisco adalah pantai lain dimana pasir itu memiliki warna yang paling tidak biasa dan beberapa di antaranya menggambarkan warna cokelatnya sebagai coklat. Sejauh ini telah ditampilkan dua pantai yang didominasi kuarsa, tiga pantai yang didominasi oleh vulkanik dan satu pantai serpih / pasir. Rockaway dan dua hamparan pasir berikut dalam artikel ini sebagian besar terdiri dari bahan bangunan pantai utama lainnya, kalsium karbonat.

Di Rockaway sebagian besar geologi sekitarnya adalah batu kapur yang tidak murni dari warna biru keabu-abuan, namun ada juga batu-batu lain di sini dan terbentang di bawah batu kapur adalah batu metalik yang bermetamorfosis, batu basal yang biasanya berwarna hijau gelap. Dipercaya bahwa warna pasir Rockaway yang aneh adalah hasil dari penggambaran batu kapur dan puing-puing greenstone. (Harus dikatakan bahwa banyak pantai kuarsa juga bisa dihiasi warna coklat, tapi ini sering terjadi karena pencampuran lumpur atau tanah liat di pasir.

8. Pantai Orange – Malta

Beberapa pantai oranye terbaik ada di Mediterania. Salah satunya adalah Porto Ferro di utara pulau Sardinia Italia, dimana warna yang dihasilkan oleh batu kapur ditambah dengan mineral vulkanik. Tapi pantai yang ditampilkan di sini adalah Teluk Ramla di pulau Gozo, Malta, yang menawarkan butiran pasir berwarna jauh lebih dalam, daripada pantai-pantai lainnya di pulau ini.

Sifat strata batuan di sini rumit, namun terdiri dari setidaknya lima sedimen batu gamping berbeda yang ditemukan selama jutaan tahun dan sebagian besar berasal dari sisa kalsium karbonat dari spesies planktonik dangkal. Tampaknya tanggung jawab utama untuk warna orange ada di sini terletak pada dua lapisan paling atas. Strata atas disebut Upper Coralline Limestone, lapisan yang dihasilkan melalui endapan sisa-sisa kerangka merah dan putih yang didominasi warna alga, molluscan dan karang sekitar 7 juta tahun yang lalu.

Lapisan yang jauh lebih sempit di bawahnya adalah greensand, yang seharusnya tidak disalahartikan dengan ‘greenstone’, yang disebutkan di bagian sebelumnya tentang Rockaway. Greensand adalah lapisan batu kapur sedimen yang diletakkan sekitar 10 juta tahun yang lalu. Es dan batu kapur mencapai warna kecoklatan saat terkena oksidasi. Kombinasi sedimen yang mengandung pecahan hancur dari serpihan koral merah dan putih dan greensand yang dioksidasi, tampaknya bertanggung jawab atas pasir Ramla Bay yang benar-benar terang.

9. Pantai Pink – Bahama

Pantai karang yang paling umum biasanya didominasi warna putih, namun kadang-kadang akumulasi sisa-sisa satu spesies hewan laut tertentu akan menghasilkan pantai dengan warna yang berbeda. Beberapa karang dan kerang memiliki warna merah muda atau kemerahan yang jelas dan ini bisa menciptakan pasir pantai dengan rona merah muda.

Ada contoh bagus di pulau bermuda ini, tapi contoh yang ditunjukkan di sini adalah Harbour Island, salah satu dari beberapa pantai merah muda di pesisir timur Bahamas yang terkenal eksotis. Harbour Island dianggap mungkin yang terbaik dari semuanya. Pasir di sini adalah kombinasi dari cangkang kalsium karbonat merah dari hewan bersel tunggal kecil yang disebut foraminifera, dikombinasikan dengan pasir kuarsa putih. Hamparan pasir merah muda tiga mil di Harbour Island sangat diperhitungkan untuk dilihat.

10. Pantai Berwarna-warni – Amerika Serikat

Ini adalah pantai Kaca dan di Kauai di Kepulauan Hawaii dan petunjuk untuk pembentukannya. Glass Beach adalah hasil dari tempat pembuangan sampah di dekat tempat teduh dan telah dikembangkan selama beberapa dekade dari ribuan botol yang rusak, termasuk kaca merah, cokelat, hijau dan biru dan banyak limbah kaca berwarna lain yang disimpan di tempat pembuangan sampah.

Selanjutnya kaca telah hancur berantakan, rusak, jatuh dan terkikis menjadi fragmen kecil oleh arus kuat di sini dan kemudian dicuci untuk menutupi apa yang semula merupakan pantai basalt. Terletak di pantai selatan Kauai, Glass Beach tentu saja merupakan ciptaan yang sangat baru, yang mungkin tidak bertahan lama di masa depan.

Itulah beberapa pantai yang memiliki keindahan yang luar biasa. Ini merupakan keindahan alam yang mungkin tidak pernah terpikirkan oleh manusia. So, untuk bisa tetap melihat keindahan alam yang luar biasa seperti itu, janganlah sekali-kali untuk mencoba merusaknya.