10 Perilaku Hewan Teraneh Yang Jarang Di Ketahui

June 4, 2017 4756 Views

Etologi adalah istilah yang digunakan untuk mempelajari perilaku hewan. Aneh perilaku hewan dapat secara genetik ditentukan atau belajar perilaku dan telah menyertakan beberapa keduanya. Bagaimanapun, apakah belajar atau naluriah, perilaku ini tidak mengubah fakta bahwa beberapa perilaku hewan hanyalah… aneh. Berikut adalah perilaku aneh dari beberapa hewan.

1. Naked Mole Rats

Paling umum dikenal sebagai tikus mol telanjang (juga disebut tikus mol padang pasir dan anak anjing pasir), ini adalah jenis lain mole atau tikus tapi sejenis Marmut. Hewan-hewan itu jelek, sering digambarkan menyerupai bratwurst dengan gigi yang menonjol. Perilaku yang ditunjukkan hewan ini selalu tampak gembira dan kemampuan mereka adalah berlari dengan sangat kencang ke belakang seperti berlari ke depan dalam kegelapan dan benar-benar buta. Ada hal unik yang dimiliki oleh naked mole rat dimana satu-satunya yang bisa berkembang biak adalah ratu naked mole rat, mirip dengan ratu lebah. Bahkan yang asing lagi, tikus tahi lalat ratu adalah satu-satunya yang bisa berkembang biak dan beranak muda, mirip dengan ratu lebah. Untuk menjamin eksklusivitasnya untuk kawin, dia akan mendorong tikus jantan lainnya untuk menyebabkan mereka stres. Ini melepaskan hormon yang membuat mereka tidak dapat berkembang biak.

2. Burung Namdur

Untuk semua desainer interior anal retentif, burung Namdur juga suka untuk mendekorasi. Burung Nambur tidak hanya berusaha keras untuk menghiasi sarangnya saja, dia bahkan melangkah jauh untuk menghancurkan sarang tetangganya dan berharap bisa menarik perhatiannya. Dalam upaya untuk menarik perhatian pasangannya, burung Namdur jantan akan membangun apa yang disebut dengan “bower”. Burung Namdur adalah dekorator teliti dan dia akan menggunakan bunga, bulu, batu dan potongan plastik dan kaca bekas untuk menghias ‘kamar bujangan’ dengan harapan bisa mengesankan seekor Namdur betina. Burung Namdur bahkan akan menghias dengan menggunakan satu warna tertentu. Dia akan fokus pada dekorasi selama berjam-jam dan berkonsentrasi saat pergi ke rumah burung lain untuk mencuri atau merusak.

3. Burung Cuckoo

Perilaku burung aneh lainnya adalah burung Cuckoo. Burung Cuckoo memiliki pendekatan yang agak menarik untuk mengasuh anak karena mereka tidak membangun sarang untuk bertelur, tapi melakukannya di sarang burung lain agar mereka menjaga anak-anak mereka. Burung Cuckoo itu soliter dan akan meletakkan atau menjatuhkan telurnya ke sarang burung lain begitu dia mengamati bahwa burung-burung lain telah keluar. Kemudian dia akan segera menelurkan telurnya atau memindahkannya ke sana. Setiap musim kawin dia akan menemukan tempat baru untuk menyimpan telurnya dan setelah telurnya menetas, dia akan berusaha menjatuhkan telur spesies lain dari sarang mereka sendiri saat orang tua asuh keluar untuk mengamankan kelangsungan hidupnya sendiri.

4. Ikan Brown Trout

Jika anda menganggap bahwa hanya wanita adalah satu-satunya di kerajaan hewan yang bisa memalsukan orgasme, pikirkan lagi. Brown Trout betina berpura-pura orgasme untuk mendorong pria melakukan ejakulasi dini. Dengan berpura-pura orgasme, trout betina menipu pria agar berpikir bahwa ia telah dikawinkan dengan sukses padahal sebenarnya ia telah gagal. Mungkin bukan perilaku aneh bagi manusia, tapi bila anda menganggap pertama bahwa ikan memiliki orgasme dan kedua bahwa mereka dapat memalsukannya.

5. Penguin Adelie

Tradisi perkawinan Adelie Penguin memang aneh tapi menawan. Saat memilih pasangan, penguin laki-laki akan mengguling batu ke kaki betina untuk memperjelas bahwa pertunangan tersebut telah ditawarkan. Ritual perjodohan ini berhasil jika si betina memberikan jawaban dan respon dilanjutkan dengan bercengkarama dan mengadu perut mereka masing-masing. Begitu pula sebaliknya, jika tidak ada respon berarti penguin jantan ditolak oleh betina yang dia taksir.

6. Kadal Bertanduk

Kadal bertanduk memiliki reaksi defensif yang agak aneh dan mengintimidasi musuh mereka. Mereka menembak darah yang diarahkan keluar dari mata mereka dengan secara sukarela meningkatkan tekanan darah di sinus mereka sampai mereka meledak. Aliran darah ini bisa mencapai jarak hingga 5 kaki. Darah tidak memiliki racun, itu hanya menciptakan kekacauan dan kebingungan bagi penyerang. Bagi para predator seperti anjing, darah merupakan sesuatu hal yang tidak disukai karena memiliki bau busuk.

7. Gajah

Perilaku binatang yang terangsang secara emosional ditunjukkan oleh gajah. Gajah memiliki beberapa ritual dalam hal kematian dan sekarat. Ketika mereka menemukan tulang gajah, misalnya, mereka tampaknya bisa mengidentifikasi bahwa tulang itu berasal dari gajah lainnya. Mereka akan menghabiskan banyak waktu untuk menyelidiki tulang dengan cara yang sangat tenang dan tenang. Seringkali gajah akan mengunjungi kuburan gajah secara teratur. Mereka akan tinggal di samping bangkai gajah yang berasal dari kawanan mereka untuk beberapa lama, menahan rasa lapar dan haus sebelum pergi makan atau minum. Gajah akan membawa daun, tanah dan ranting dan menutupi gajah lainnya setelah mereka mati. Ini juga telah diamati bahwa gajah akan melakukan hal yang sama untuk manusia dan hewan empatis lainnya seperti anjing. Bukti membuktikan fakta bahwa gajah adalah hewan yang sangat berempati.

8. Kumbang Dung

Kumbang Dung tinggal di kotoran, makan kotoran, bertelur di dalam kotoran, menetas keturunannya dalam kotoran dan memberi makan kotoran pada anak mudanya. Untuk melengkapi semua ini dengan yang terbaik dari semua kotoran, Kumbang menggulung bola kotoran dari jarak jauh sambil berdiri di atas kepalanya dan bergerak mundur menggunakan kaki belakangnya untuk mendorongnya. Dari semua simbol Mesir, kumbang Scarab adalah simbol keagamaan yang paling penting. Mitos tentang orang-orang Mesir adalah bahwa Khepera, dewa matahari yang langka, memutar matahari melintasi langit dan menguburnya di malam hari seperti yang dilakukan kumbang Dung yang terkenal dan tepat dengan bola kecilnya!

9. Cacing Pipih

Cacing pipih benar-benar terlibat dalam apa yang disebut ‘‘penis fencing’, sebuah tindakan pertempuran yang dimaksudkan untuk mengamankan pasangan. Cinta dan Perang, sayangnya Cacing pipih adalah ‘hermaprodit’ yang berarti bisa diinseminasi dan diinseminasi. Beberapa spesies memiliki dua penis dan satu atau lebih pori-pori genital untuk proses reproduksi. Cacing pipih bertemu dan penis fencing untuk menentukan siapa yang akan menjadi betina dan siapa yang akan menjadi jantan. Kedua cacing tersebut ingin menjadi pria karena peran wanita jauh lebih sulit, dibutuhkan lebih banyak energi dan pengorbanan untuk mengembangkan telur dan membesarkan anaknya.

10. Tentara Semut

Hal yang menarik dari tentara semut adalah bahwa mereka buta dan mereka menggunakan bau sesama semut untuk mengetahui jalan mana yang harus ditempuh. Terkadang, tidak satupun dari mereka bisa mengetahui jalan yang benar saat kembali ke sarang dan terus berputar di sekitarnya. Lingkaran akan terus membesar saat seluruh wabah bergabung tanpa menyadarinya. Mereka hanya berhenti saat mereka benar-benar lelah.

Itulah 10 hewan yang mempunyai perilaku unik dan aneh. Semoga artikel di atas bermanfaat.