Fakta Unik Tentang Armadillo

March 30, 2017 5749 Views

Armadillo adalah mamalia plasental kecil yang memiliki perisai pada tubuhnya. Dasypodidae adalah satu-satunya famili yang selamat pada ordo Cingulata. Panjang normal armadillo ini adalah 75 cm (termasuk ekor). Armadillo raksasa, Armadillo terbesar bisa mencapai panjang 90 cm. Armadillo merupakan binatang asli Amerika yang hidup pada berbagai lingkungan. Inilah fakta unik yang dimiliki oleh Armadillo.

  1. Nama “Armadillo” berasal dari bahasa Spanyol “Armado” (lapis baja), nama yang diberikan setelah Conquistador Spanyol.
  2. Saat ini ada 20 spesies Armadillos, hewan ini berevolusi di Amerika Selatan. Spesies hidup bervariasi dalam panjang tubuh dari 12,5 cm (5 inci) hingga 1 m (3.3 kaki), tetapi spesies ini bisa mencapai panjang sampai 3 m (10 kaki) panjang dan berat 2 ton. Armadillos raksasa menghilang pada akhir zaman es, yang berarti bahwa manusia pertama di Amerika saja yang pernah melihat hal itu. Karena pada kenyataannya, popularitas besar biasanya digunakan untuk membuat atap atau kuburan.
  3. Seluruh tubuh mereka (kepala, punggung, kaki dan ekor) ditutupi dengan lempengan tulang. Hanya Hamadillo tiga banded yang bisa meringkuk menjadi bola untuk melindungi diri dari predator. Armadillo lainnya menjalankan atau menggali lubang ketika mereka harus melarikan diri dari predator.
  4. Armadillos menghuni padang rumput, hutan hujan dan daerah yang gersang. Beberapa spesies diurnal dan lain nokturnal. Mamalia ini hidup sendirian, pasangan atau kelompok-kelompok kecil. Mereka biasanya beristirahat dalam sarang yang memiliki kedalaman beberapa meter, kadang-kadang dalam sarang bawah tanah yang memiliki lebar hingga 2 m (6.6 kaki). Individu atau kelompok memiliki wilayah yang berbeda-beda dengan ketersediaan habitat dan makanan.
  5. Armadillos dapat memangsa binatang yang berbeda-beda dari serangga, larva, reptil, mamalia kecil dan juga memakan tanaman selama musim dingin. Armadillos dapat membunuh ular dengan meluncurkan diri diatas reptil tersebut dan memotongnya dengan tepi cangkang keras mereka. Biasanya binatang ini membiarkan mayat hewan besar dalam sarangnya sampai membusuk untuk mendapatkan larva. Armadillo berpita sembilan dapat makan 40.000 semut sekali, sementara Armadillo raksasa dapat menelan 700 g semut (berarti semut 200.000) dalam hanya satu malam. Selama musim panas, Armadillo berpita sembilan aktif setelah malam, sementara di musim dingin hanya selama terik matahari saja. Semua Armadillos berpatokan pada bau mereka saja ketika mencari makan.
  6. Armadillo berpita sembilan berpasangan selama musim gugur, akan tetapi fecundation telur tertunda sehingga kelahiran berlangsung di musim semi.
  7. Armadillo tidur 16-18 jam per hari dalam liang mereka.
  8. Jika Armadillo terkejut oleh predator yang ada disekitarnya, hewan ini akan memundurkan kakinya ke bawah dan menyentuh tanah dengan tepi shell.
  9. Armadillo adalah spesies lainnya kecuali manusia yang bisa kena kusta. Hal ini membuat mereka sangat berharga dalam penelitian penyakit ini.
  10. Armadillo memiliki warna yang berbeda-beda, bisa merah muda, coklat gelap, hitam, merah, abu-abu atau kekuningan
  11. Reproduksi Armadillo sangat unik. Meskipun musim kawin berlangsung pada bulan Juli, Armadillo betina hamil pada bulan November. Hal ini disebut sebagai “implantasi tertunda”. Perempuan bisa menunda kehamilannya hingga kondisi lingkungan menjadi memuaskan dan nyaman. Dari satu telur, 4 armadillo identik akan lahir yang disebut dengan kembar empat. Bayi Armadillo lahir tanpa lempeng tulang. Dibutuhkan beberapa minggu untuk kulit lembut berubah menjadi baju besi keras.
  12. Armadillo dapat bertahan hidup 4-7 tahun di alam liar dan 12-15 tahun di penangkaran.
  13. Armadillo adalah perenang yang hebat. Hewan ini bisa menahan nafas selama 6 menit ketika mereka menyelam.
  14. Seperti trenggiling, Armadillo juga memiliki lidah lengket panjang yang bekerja sempurna ketika mereka berburu semut dan rayap.
  15. Mereka juga pendaki yang sangat baik. Mereka bisa memanjat pagar dalam kasus mereka tidak dapat menggali di bawahnya.

Itulah beberapa fakta unik tentang Armadillo, mamalia yang memiliki ukuran badan yang kecil.