Bagaimana Cara T-rex Untuk Mematahkan Tulang?

May 19, 2017 2583 Views

Tyrannosaurus rex adalah salah satu predator yang paling menakutkan untuk binatang darat di bumi. Tyrannosaurus rex lebih sering di kenal dengan sebutan T-rex, ini sangat ditakuti karena merupakan salah satu reptil yang mampu menghabisi mangsanya tanpa sisa. Ia mampu menghancurkan tulang dari mangsanya. Seberapa kuat sih gigi T-rex tersebut, sehingga dia bisa melakukan hal itu?

Florida State Uni menemukan bahwa T-Rex bisa menggigit dengan kekuatan 8.000 pon

Sebuah studi baru sekarang ini mengungkap rahasia dibalik gigitan Tyrannosaurus rex yang mampu menghancurkan tulang. Dinosaurus ini bisa mematahkan tulang hanya dengan menggigitnya saja. Kekuatan gigi dari dinosaurus ini setara dengan tiga mobil kecil. T-rex tidak hanya bisa mematahkan tulang besar, tapi ia juga bisa menghancurkan dan menelannya, menyerap sum-sum diluar jangkauan yang kurang beruntung. Paul Gignac seorang asisten profesor di Oklahoma State University mengatakan bahwa kombinasi kekuatan gigitan yang mengesankan dan giginya yang gigih membuat T-rex tersendiri. Secara terus menerus ia melakukan hal itu, menusuk dan bahkan mengoyaknya. Studi Florida State University melihat bagaimana T-rex bisa menghancurkan tulang melalui sebuah kapasitas yang dikenal sebagai osteopati ekstrem.

Osteopati biasanya terlihat pada cara hidup mamalia karnivora seperti serigala dan hyena, tapi bukan pada hewan reptil karena bentuk gigi berbeda. Serigala dan hyena menggunakan apa yang disebut gigi occluding yang sesuai dan sempurna, bagian atas dan bawah merupakan sebuah fitur yang umum ditemukan pada mamalia karnivora. T-rex tidak memiliki gigi gigi seperti itu dan yang menjadi pertanyaan bagaimana hewan reptil ini bisa tahan untuk menghancurkan tulang yang seukuran dengan batang pohon.

Gigitan T-rex mampu meledakkan tulang

Penelitian baru-baru ini menemukan bahwa reptil prasejarah bisa menggigit dengan kekuatan 8.000 pon. Ini dua kali lebih besar dari kekuatan gigitan buaya terbesar saat ini. Pada saat yang sama, gigi kerucut T-rex yang panjang menghasilkan 431.000 pound per inchi, tekanan gigi ini bisa membuat kerusakan pada tulang. Hal ini dapat memungkinkan T-rex untuk mematahkan tulang selama berulang, seperti mamalia biasanya yang memnggigit sampai tulang pecah.

Tekanan maksimal pada ujung gigi binatang itu adalah 28 kali apa yang dirasakan di dasar Palung Mariana dalam laut di Pasifik barat. Ketajaman tulang dapat membantu T-Rex untuk lebih mengeksploitasi bangkai dinosaurus bertanduk besar dan hadrosaurida bertali bebek yang tulangnya kaya akan garam dan sumsum mineral. Ini tidak tersedia untuk dinosaurus karnivora yang lebih kecil dan kurang lengkap. Penelitian dilakukan mencontohkan bagaimana otot buaya yang hidup, yang merupakan kerabat dekat dinosaurus yang berkontribusi pada kekuatan gigitan. Mereka kemudian membandingkan hasilnya dengan burung yang merupakan dinosaurus zaman modern.

Tim ini juga mencoba untuk memahami bagaimana dinosaurus raksasa mengkonsumsi tulang dan bagaimana kekuatan tersebut dapat ditularkan melalui gigi atau sering disebut sebagai tekanan gigi. Memiliki kekuatan gigitan yang tinggi bukan mengartikan bahwa hewan tersebut bisa menusuk ataupun menghancurkan tulang, tekanan gigi adalah parameter biomekanik yang lebih relevan. Hal ini seperti dengan asumsi mesin tenaga kuda 600 menjamin kecepatan. Dengan Ferrari, tentu saja, tetapi tidak untuk dump truck. Pada saat ini, cruncher tulang terkenal seperti spotted Hyena dan serigala abu-abu mematahkan tulang seperti gergaji besi.

T-Rex juga menggunakan teknik yang sama untuk menggerogoti tulang berulang kali. Kadang T-rex juga menggunakan giginya seperti palu untuk mematahkan tulang. Menariknya, batas kekuatan gigitan T-rex mungkin tidak berotot, namun kapasitas giginya menahan tekanan intens semacam itu. Buaya dan T-rex mungkin beroperasi pada tekanan gigi yang mendekati batas struktural ekstrem dari enamel gigi reptil yang bisa ditangani. Genggaman T-rex hanya dibutuhkan saat sedang mematahkan tulang saja.

T-rex memiliki indra ke-enam

  1. Seekor dinosaurus baru yang digali dari tanah gundul Montana telah mengubah wajah Tyrannosaur Rex.
  2. Daspletosaurus horneri atau ‘Horner’s Frightful Lizard’, hampir sama besarnya dengan karnivora terbesar yang pernah menguntit Bumi dengan tanduk kecil dan moncong seperti buaya.
  3. Dinosaurus yang hidup 74 juta tahun memiliki keberanian yang memiliki sejarah evolusi berkembang menjadi ‘indra keenam’ yang sangat berbeda.
  4. Saraf yang terletak di hidungnya membantu menjelajahi lingkungannya dan juga digunakan saat foreplay untuk menggosok wajah pasangannya.
  5. Sebuah tim ilmuwan yang dipimpin oleh Departemen Biologi Carthage College di Wisconsin mengidentifikasi fosil sebagai spesies baru Tyrannosaur yang melakukan bentuk evolusi langka yang disebut anagenesis dimana satu spesies secara bertahap berubah menjadi spesies baru.
  6. Para peneliti menulis di jurnal Scientific Reports: Dalam persahabatan, tirani meniru wajah sensitif mereka bersama sebagai bagian penting dari permainan pra-kopulasi.