Cerita Singkat Karir Jusuf Kalla

November 26, 2016 3536 Views

Mohammad Jusuf Kalla yang di kenal sebagai Jusuf kalla yang lahir pada 15 mei 1942 yang menjadi sebagai wakil Presiden KE-10 Indonesia yang mencalonkan diri sekitar tahun 2009 serta sebagai ketua dari partai Golkar.

Ayah Jusuf Kalla yang bernama Hadji Kalla yang sebagai pebisnis Lokal dan ibunya yang bernama Athirah menjual sutra Bugis untuk menyambung hidup. Jusuf Kalla adalah anak Ke-2 dari 17 bersaudara.

Setelah Jusuf Kalla selesai sekolah, Ia melanjutkan pendidikannya di Universitas Hasanuddin Makassar. Semenjak kuliah, Jusuf Kalla dikenal sebagai seorang mahasiswa yang sangat aktif dan ia juga memiliki karir yang menjadi Anggota DPRD.

Sekitar tahun 1967, Jusuf Kalla selesai kuliah dari Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin Makassar. Pada saat itu, situsi keuangan keluarganya mengalami keterpurukan karena perusahaan di mana ayahnya bekerja tutup. Pada situasi ini, Jusuf Kalla memutuskan untuk mencari pekerjaan. Pada tahun 1968, Jusuf Kalla menjalankan sebuah perusahaan Transportasi yang terdiri dari 3 Bus.

Dalam usahanya yang cukup keras, usaha Jusuf Kalla berkembang dengan mendirikan Hotel, Pengelola udang, kelapa sawit dan telekomunikasi. Sekitar tahun 1977, Jusuf Kalla lulus sekolah bisnis di Paris Selatan.

Selain karir dan bisnis yang sukses, sekitar tahun 1979 sampai 1989 ia sebagai ketua Cabang Ekonomi Indonesia di Ujung Pandang dan juga sebagai penasehat di ISEI. Selain itu, Jusuf Kalla juga sebagai ketua KADIN di Sulawesi Selatan serta sebagai pengawas dari ketiga Universitas yang ada di Makassar. Berdasarkan sifat sosial yang ada, Jusuf Kalla membangun sebuah Masjid dan juga menjadi ketua pusat Islam.

Pada jaman pemerintahan Abdurrahman Wahid, Jusuf Kalla di pilih sebagai menteri Perindustrian dan Perdagangan dan di berhentikan Oleh Abdurrahman Wahid dengan tuduhan Korupsi.

Pada tahun 2001, sidang MPR memberhentikan Abdurrahman Wahid sebagai Presiden dan digantikan Megawati Soekarno Putri. Dalam pemerintahan Megawati, Jusuf Kalla sebagai Menteri koordinasi. Dibawah naungan Megawati, Jusuf Kalla berhasil memecahkan Konflik antar Agama di Pulau Sulawesi. Kemudian, Jusuf Kalla berhasil memecahkan masalah Sulawesi yang lain untuk ke-2 kalinya.