Wow, 10 Penemuan Ini Terinspirasi Dari Mimpi

May 29, 2017 3151 Views

Mimpi merupakan bunga tidur yang hampir dialami setiap manusia. Kadang mimpi itu indah dan juga ada mimpi buruk. Namun, apa jadinya jika mimpi tersebut jadi inspirasi di dunia nyata. Pada pembahasan kali ini, kami akan membahas tentang penemuan yang terinspirasi dari mimpi.

1. Mary Shelley: Novel Sci-Fi pertama di dunia

Pada tahun 1816, kisah Frankenstein, yang sering disebut sebagai novel fiksi ilmiah pertama di dunia, terinspirasi dari mimpi buruk orang yang masih hidup. Pada usia 18 tahun, Shelley mengunjungi Lord Byron di Danau Jenewa di Swiss. Mereka terkunci dalam musim dingin vulkanik yang dingin yang disebabkan oleh letusan Gunung Tambora di tahun sebelumnya, menciptakan “tahun tanpa musim panas di Eropa”. Terjebak di dalam rumah dan berkerumun di sekitar perapian kayu, Byron menyarankan agar mereka masing-masing menulis cerita hantu, tapi malam demi malam, Shelley tidak dapat memikirkan sesuatu yang sesuai.

Kemudian pada suatu malam, ketika diskusi beralih ke sifat kehidupan, Shelley menyarankan “mungkin mayat bisa dihidupkan kembali” didukung oleh pemikiran bahwa “galvanisme telah memberi tanda pada hal-hal seperti itu”. Setelah malam dia pergi tidur, akan tetapi imajinasinya terus berlanjut dan dia merasakan apa yang dia gambarkan sebagai mimpi yang terjaga.

2. Paul McCartney: Mimpi yang menginspirasi musik

Pada tahun 1965, Paul McCartney menyusun keseluruhan melodi untuk lagu akustik hit Yesterday dalam mimpi. Itu sepenuhnya kembali terbentuk saat dia terbangun dan dengan cepat meniru lagu dipianonya, dai bertanya kepada teman dan keluarganya apakah mereka sebelunya pernah mendengarkan lagu tersebut. Dia awalnya khawatir bahwa itu mereplikasi karya orang lain (dikenal sebagai cryptomnesia). Lennon dan McCartney kemudian menulis lirik melodi dan lagunya dikreditkan untuk Lennon-McCartney di album Help mereka.

Namun, sebagai lagu akustik yang melankolis, melibatkan penampilan solo dari McCartney sendiri dan tidak ada Beatles lainnya, anggota band memveto pembebasan tersebut sebagai single Inggris tahun itu. Ini dirilis di Amerika dan Yesterday tinggal di nomor satu di chart Billboard Hot 100 selama empat minggu. Ini tetap populer secara besar-besaran hari ini dengan lebih dari 2.200 versi cover oleh artis lain termasuk Aretha Franklin, Katy Perry, The Mamas dan Papas, Michael Bolton, Bob Dylan, Ray Charles, Elvis Presley, Billy Dean dan yang lainnya.

3. Niels Bohr: Struktur Atom

Bapak dari mekanika kuantum, Niels Bohr, sering berbicara tentang mimpi inspirasional yang menyebabkan penemuannya tentang struktur atom. Putra orang tua akademis, Bohr meraih gelar doktornya pada tahun 1911 dan mendapatkan ketenaran karena memecahkan masalah kompleks di dunia fisika yang membuat rekan-rekannya bingung.

Pada waktunya, dia mengatur untuk memahami struktur atom, namun tidak ada konfigurasinya yang sesuai. Suatu malam dia pergi tidur dan mulai bermimpi tentang atom. Dia melihat nukleus atom dengan elektron berputar di sekitarnya, sama seperti planet-planet berputar mengelilingi matahari. Segera saat terbangun, Bohr merasa penglihatannya akurat. Tapi sebagai ilmuwan dia tahu pentingnya memvalidasi idenya sebelum mengumumkannya kepada dunia. Dia kembali ke laboratorium dan mencari bukti untuk mendukung teorinya. Ini benar dan visi Bohr tentang struktur atom ternyata menjadi salah satu terobosan terbesar pada zamannya. Bohr kemudian dianugerahi Hadiah Nobel untuk Fisika sebagai hasil dari lompatan pemikiran kreatif saat tidur.

4. Elias Howe: Misteri mata jarum

Pada tahun 1845, Howe menemukan mesin jahit berdasarkan mimpi terkenal yang membantunya memahami penetrasi mekanis jarum. Dia bukan orang pertama yang membayangkan gagasan tentang mesin jahit, namun Howe membuat penyempurnaan yang signifikan untuk disain dan dianugerahi paten AS pertama untuk mesin jahit menggunakan desain gembok.

“Dia hampir beggared dirinya sendiri sebelum ia menemukan di mana mata jarum dari mesin jahit harus berada. Dia mungkin sama sekali telah gagal jika ia tidak bermimpi sedang membangun mesin jahit untuk raja buas di negara asing. Seperti dalam pengalaman kerjanya yang sebenarnya, dia merasa bingung dengan mata jarumnya. Dia pikir raja memberinya waktu dua puluh empat jam untuk menyelesaikan mesin dan menjahitnya. Jika tidak selesai pada saat itu hukuman mati adalah hukumannya.Howe bekerja dan bekerja, dia bingung dan akhirnya menyerah.

Lalu dia mengira dia dibawa keluar untuk dieksekusi. Dia melihat bahwa para pejuang membawa tombak yang tertusuk di dekat kepala. Seketika muncul solusi dari kesulitan tersebut dan sementara sang penemunya mengemis untuk waktu, dia terbangun. Saat itu jam 4 pagi. Dia melompat dari tempat tidur, berlari ke bengkelnya dan pada pukul 9, sebuah mata jarum menatapnya dengan kasar, setelah itu mudah saja. Itulah kisah sebenarnya dari sebuah kejadian penting dalam penemuan mesin jahit. ”

5. Albert Einstein: Kecepatan Cahaya

Einstein terkenal dengan wawasan jeniusnya tentang alam semesta, tapi bagaimana dengan mimpinya? Seperti yang terjadi, dia mencapai prestasi ilmiah yang luar biasa menemukan prinsip relativitas setelah memiliki mimpi yang nyata. Sebagai seorang pemuda, Einstein mengimpikan dia sedang naik eretan di lereng gunung yang curam, melaju begitu cepat hingga akhirnya dia mendekati kecepatan cahaya. Seperti saat ini, bintang-bintang dalam mimpinya mengubah penampilan mereka dalam hubungannya dengan dia. Dia terbangun dan merenungkan gagasan ini, segera merumuskan apa yang akan menjadi salah satu teori ilmiah paling terkenal dalam sejarah umat manusia.

Einstein’s Dreams oleh Alan Lightman sekarang adalah sebuah klasik modern, kumpulan cerita fiktif yang diimpikan oleh Albert Einstein pada tahun 1905 di ujung penemuan terobosannya. Dalam satu waktu melingkar, sehingga orang ditakdirkan untuk mengulangi kemenangan dan kegagalan mereka berulang-ulang. Di sisi lain, waktu tetap berdiri, dimana sepasang kekasih saling melekat dalam keabadian.

6. Srinivasa Ramanujan: Orang yang memahami infinity

Kecerdasan matematis memberikan kontribusi substansial pada teori bilangan, fungsi elips, pecahan terus menerus, rangkaian tak terbatas dan membuktikan lebih dari 3.000 teorema matematika seumur hidupnya. Ramanujan menyatakan bahwa wawasan untuk karyanya sampai kepada mimpinya dalam banyak kesempatan.

Ramanujan mengatakan bahwa, sepanjang hidupnya, ia berulang kali mengimpikan dewi Hindu yang dikenal sebagai Namakkal. Dia mempresentasikannya dengan formula matematika yang rumit berulang-ulang, yang kemudian dapat dia uji dan verifikasi saat bangun tidur. Salah satu rumus yang didapat dari mimpinya adalah seri tak terbatas untuk Pi:

7. Robert Louis Stevenson: Mimpi buruk yang menjadi sebuah bovel terkenal

Pada tahun 1886, Stevenson memimpikan tiga urutan utama dari novel thriller fantasi terkenal The Strange Case dari Dr Jekyll dan Mr Hyde. Dia adalah seorang yang menghabiskan sebagian besar hidupnya sebagai seorang sakit. Dia menulis untuk mendukung keluarganya, sampai saat dia melahirkan sebuah novel Jekyll & Hyde. Stevenson berkata:

“Selama dua hari saya terus-menerus memeras otak saya untuk mendapatkan alur dan pada malam kedua saya mengenang pemandangan di jendela dan sebuah adegan kemudian terbelah menjadi dua, di mana Hyde mengejar beberapa kejahatan, mengambil bedak itu. Dan mengalami perubahan di hadapan para pengejarnya. “

Saat pulih dari tempat tidur karena pendarahan, Fanny Stevenson mendengar jeritannya akibat mimpi buruk akibat opium. Dia segera terbangun dan mengeluh: “Mengapa anda membangunkan saya? Saya sedang memimpikan sebuah cerita bogey yang bagus.”

Fanny kemudian menemukan bahwa dia telah membangunkannya pada adegan transformasi pertama. Keesokan paginya, Stevenson mulai mencoret-coret dengan marah dan tiga hari kemudian dia menulis draf 30.000 kata. Tapi ketika Fanny mencatat itu adalah sebuah alegori, bertentangan dengan maksud aslinya, dia melemparkannya ke api dan memulai lagi. Selama tiga hari berikutnya keluarganya memberi tip disekelilingnya saat dia duduk di tempat tidur dan menulis diantara kertas-kertas yang telah robek, sampai akhirnya draft terakhir siap. Dia menulis 64.000 kata dalam enam hari yang merupakan semacam keajaiban dimasanya, tanpa mesin ketik atau kekuatan komputer.

Anak tirinya, Lloyd Osbourne, menulis tentang prestasi luar biasa ini:

“Saya tidak percaya bahwa pernah ada prestasi sastra seperti penulisan Dr Jekyll. Saya ingat penyakit pertama di dunia meskipun hal itu sudah berlalu, Louis turun ke bawah dalam keadaan demam, membaca hampir setengah buku dan Kemudian, dia pergi lagi dan kembali sibuk menulis. Saya ragu apakah draf pertama cukup hanya memakan waktu selama tiga hari. “

Keberhasilan bukunya sangat fenomenal. Sampai hari ini, ungkapan Jekyll & Hyde adalah bagian dari bahasa kita, idiom yang merujuk seseorang yang memiliki kepribadian ganda dan ayunan antara perilaku baik dan jahat.

8. Otto Loewi: Terobosan impuls saraf

Otto Loewi adalah seorang ahli farmakologi kelahiran Jerman yang penemuan asetilkolin (ironisnya, neurotransmitter yang mempromosikan bermimpi) membantu kemajuan terapi medis. Penemuan tersebut memberinya hadiah Nobel 13 tahun kemudian. Namun, dia hampir sama terkenalnya dengan cara yang dia temukan, karena dia adalah untuk penemuan itu sendiri.

Pada tahun 1921, Loewi memimpikan sebuah eksperimen yang akan membuktikan sekali dan untuk semua transmisi impuls saraf yang bersifat kimiawi bukan listrik. Dia terbangun dan menuliskan percobaannya kemudian kembali tidur. Keesokan paginya, dia tampak bersemangat untuk mencoba eksperimennya namun merasa ngeri saat mendapati bahwa dia tidak dapat membaca obrolannya yang tengah malam. Hari itu adalah hari terlama dalam hidupnya, saat ia mencoba namun gagal mengingat mimpinya. Malam berikutnya dia memimpikan hal yang sama untuk mengulanginya sendiri dan saat terbangun, langsung ke labnya untuk membuktikan teori transmisi kimia dorongan impuls Noble Prize.

9. Agustus Kekulé: The Ouroboros Benzene Dream

Seorang ahli kimia organik Jerman terkemuka, August Kekulé dengan penuh wawasan memimpikan struktur molekul Benzene yang tidak seperti senyawa organik lain yang diketahui, memiliki struktur melingkar dan bukan yang linier. Pemahaman baru tentang semua senyawa aromatik terbukti sangat penting bagi kimia murni dan terapan setelah tahun 1865 bahwa German Chemical Society mengadakan apresiasi yang terperinci atas kehormatan Kekulé, dimana ia menggambarkan mimpi yang mengilhami terobosan tersebut.

Dia mengatakan bahwa dia menemukan bentuk cincin dari molekul Benzene setelah memiliki lamunan ular yang menangkap ekornya sendiri, simbol kuno yang umum dikenal sebagai ouroboros.

10. Frederick Banting: Penemu insulin

Setelah ibunya meninggal karena diabetes, Frederick Banting termotivasi untuk menemukan obatnya. Akhirnya dia menemukan hal terbaik tentang pengobatan dengan suntikan insulin. Meski itu bukan penyembuhan sejati, setidaknya bisa memperpanjang masa penderita secara signifikan. Penemuan tersebut memberinya Hadiah Nobel untuk Kedokteran berusia 32 tahun.

Meskipun ia tidak memiliki pengetahuan tentang diabetes dan penelitian klinis, pengetahuan unik tentang operasi dikombinasikan dengan pengetahuan asistennya (Charles Best’s) tentang diabetes membuat tim peneliti yang ideal. Sambil mencari untuk mengisolasi penyebab pasti diabetes, Banting memiliki mimpi yang mengatakan kepadanya untuk melakukan operasi ligate (mengikat) pankreas seekor anjing yang diabetes untuk menghentikan aliran makanan. Dia melakukannya dan menemukan keseimbangan hormon gula dan insulin yang tidak proporsional.

Terobosan ini mengarah pada mimpi lain yang mengungkapkan bagaimana mengembangkan insulin sebagai obat untuk mengobati kondisinya. Banting diangkat sebagai Profesor Riset Medis pertama di Kanada dan pada tahun 1923, dia adalah orang paling terkenal di negara itu. Dia menerima surat dan hadiah dari ratusan penderita diabetes yang bersyukur di seluruh dunia dan sejak saat itu insulin telah menyelamatkan atau mengubah kehidupan jutaan orang.

Hebat ya guys, sebuah mimpi dapat membuat sebuah terobosan yang luar biasa. Semoga artikel diatas bermanfaat dan dapat menambah wawasan.