Habitat Dan Berdirinya Pulau Komodo

December 3, 2016 2249 Views

Pulau Komodo adalah salah satu pulau yang terkenal di Indonesia. Pulau Komodo ini terletak pada kepulauan Nusa Tenggara. Berdasarkan namanya, Pulau ini merupakan rumah asli dari jenis naga yang disebut Komodo. Pulau ini juga terkenal sebagai Taman Nasional yang selalu mendapat perhatian dari pemerintah pusat.

Komodo adalah salah satu kadal yang paling besar di dunia. Selain hidup di pulau Komodo, Komodo juga terdapat di beberapa pulau seperti Pulau Rinca, Pulau Flores, Pulau gili motang dan Pulau gili dasami yang terletak di Nusa Tenggara.

Sebagai kadal terbesar di dunia, Pertumbuhan komodo bisa mencapai panjang hingga 2 sampai 3 meter. Dengan bentuk tubuh dan sebagai kadal yang terbesar, Komodo ini menduduki sebagai predator yang top pada pulau yang di tempatinya.

Para peneliti menemukan Komodo sejak tahun 1910. Pada awalnya, Komodo tinggal di alam bebas yang kini hampir punah akibat tindakan manusia yang tidak betanggung jawab, sekarang Komodo telah di lindungi oleh pemerintah Indonesia dengan mendirikan taman Nasional Komodo dengan tujuan untuk melindungi Spesies yang termasuk langka ini.

Biasanya, Komodo Dewasa memiliki berat sekitar 70 Kg hingga bisa lebih besar lagi dari itu. Komodo yang hodup di alam liar bisa memiliki panjang sekitar 13 Meter dengan berat sekitar 166 Kg. Keunikan dari Komodo adalah ekor yang sama panjang dari tubuhnya dan dengan gigi yang sangat tajam yang bisa mencapai sekitar 2,5 Cm. Komodo memiliki air liur yang sangat mematikan kerena mengandung Bakteri-bakteri yang ada di mulutnya. Selain itu, Komodo mempunyai lidah yang panjang dengan warna yang sedikit agak kekuningan dengan ujung lidah yang bercabang.

Walaupun memiliki lubang telinga, Komodo tidak dapat mendengar. Di balik kelemahannya itu, Komodo memiliki penglihatan yang sangat tajam dan dapat melihat hingga kejauhan 300 M jika pada siang hari. Pada malam hari, Penglihatan Komodo tidak begitu baik. Komodo memiliki ahli dalam membedakan Warna dan menggunakan lidahnya untuk mendeteksi keberadaan mangsa. Komodo memiliki kebiasaan ketika berjalan dengan memiringkan kepalanya ke kiri dan ke kanan yang dapat mendeteksi keberadaan mangsa dengan kejauhan 4 sampai 9 Km.

Tidak seperti hewan lainnya, Komodo sangat suka sekali tinggal di tempat yang panas dan kering. Komodo sangat aktif pada siang hari walaupun kadang-kadang Aktif pada malam hari. Komodo memiliki rasa persahabatan yang sangat tinggi karena komodo sering bersama jika memakan mangsanya. Yang sangat menakjubkan, Komodo juga memiliki kecepatan berlarinya yang bisa mencapai kejauhan sekitar 20 Km/jam dan juga memiliki keahlian berenang serta menyelam pada kedalam sekitar 4,5 Meter dan juga lihai dalam memanjat pohon dengan menggunakan cakarnya. Keahlian lain dari Komodo adalah juga dapat berdiri dengan menggunakan ke-2 kaki belakangnnya yang di topang oleh ekornya jika melihat keberadaan mangsa yang cukup jauh. Selain gigitannya, Komodo juga memakai cakarnya sebagai senjata.

Sebagai tempat beristirahat, Komodo suka menggali Lubang dengan kedalaman sekitar 1 sampai 3 meter dengan menggunakan kaki depan serta cakarnya yang kuat. Komodo dapat menstabilkan suhu tubuhnya pada malam hari. Pada umumnya, Komodo sering berburu pada sore hari.

Sebagai hewan Karnivora, Makanan Komodo biasanya bangkai, Bukan berarti tidak menyukai hewan yang hidup. Komodo sering menyerang mangsanya secara tiba-tiba. Komodo dapat mencium keberadaan mangsanya pada jarak sekitar 9,5 Km.