Jenis Sate Dan Asal Muasal Sate

December 1, 2016 2982 Views

Pada awalnya, Sate adalah jenis makanan yang berasal dari Jawa dan dapat ditemukan di beberapa tempat yang sangat umum. Sate termasuk salah satu makanan khas Indonesia yang juga sebagai hidangan terbaik Indonesia serta juga sebagai jenis makanan yang sangat banyak diminati oleh banyak negara Asing seperti Singapura, Thailand, Filipina, Malaysia dan juga Belanda.

Di Indonesia, Sate dapat di temukan di berbagai tempat seperti Pinggir jalan dengan memakai Gerobak dan juga dapat di temukan dalam sebuah restoran khusus mendagangkan Sate. Untuk pembuatan sate, Ada banyak cara untuk menyajikan sate berdasarkan jenis daging. Pada umumnya, Sate terbuat dari berbagai jenis daging dengan di potong kecil-kecil berbentuk dadu dan di tusuk dengan lidi kemudian cicampur dengan bumbu dan dipanggang diatas arang yang membara untuk bumbu dan daging agar menyatu dengan rasa yang begitu nikmat. Biasanya, Sate menggunakan daging Ayam, Kambing.

Berhubung Sate berasal dari Indonesia, Indonesia memiliki beragam jenis Sate yang bervariasi dengan tekstur yang berbeda. Penyajian sate juga memiliki berbagai macam jenis Rempah-rempah yang tergantung pada jenis dagingnya. Mengkonsumsi sate biasanya lebih enak jika dilengkapi dengan Kecap, dan bumbu Kacang dan juga dapat di sertai irisan bawang merah, Acar, Timun dan cabai Rawit. Sate juga dapat di makan dengan nasi yang masih hangat atau juga lontong.

Sate Atau Satai berasal dari bahasa Tamil. Sejak awal abad 19, Sate sudah di perdagangkan oleh pedagang jalanan di jawa dan sangat populer pada masa itu. Sate yang juga merupakan salah satu makanan tradisi untuk perayaan Idul Adha.

Jenis sate pada umumnya

Sate Ambal

Sate ambal berasal dari kebumen, Jawa tengah. Jenis sate ini menggunakan jenis daging Ayam kampung. Saus dari sate ini seperti bumbu kacang yang menggunakan cabai dan rempah-rempah. Untuk mendapatkan rasa yang sangat nikmat, Sebaiknya daging ayam kampung ini di rendam selama 2 jam untuk membuat daging menjadi lebih empuk. Untuk memakan sate ini sebaiknya di sertai dengan ketupat.

Sate Ayam

Sate ayam adalah sate yang paling umum di gunakan oleh pedagang sate Indonesia. Sate ayam ini hampir sama yang dilakukan seperti Sate Ambal.

Sate Banjar

Sate Banjar adalah salah satu sate yang sangat populer di kalimantan terutama di kota Banjarmasin.

Sate Blora

Sate Blora berasal di jawa tengah. Sate ini terbuat dari potongan ayam seperti daging dan kulit ayam dengan ukuran yang sedikit lebih kecil dibandingkan dengan sate lainnya. Sate Blora biasanya di makan dengan menggunakan Saus kacang serta kuah yang terbuat dari santan dan bahan herbal.

Sate Kulit

Sate Kulit biasanya di temukan di daerah Sumatera. jika sate kulit ayam ini di panngang, akan terasa sangat renyah.

Sate Madura

Sate Madura berasal dari pulau madura, Daerah jawa. Ini adalah sate yang sangat terkenal di Indonesia. Sate madura biasanya terbuaat dari daging kambing dan ayam. Saus dari sate ini terbuat dari kecap manis yang di campur dengan Gula, Bawang putih dan bawang merah dengan cara di goreng yang ditambahkan dengan kemiri. Sate Madura biasanya di sajikan dengan Bumbu kacang dan sate kambing madura biasanya disajikan dengan menggunakan kecap manis.  Sate Madura biasanya di makan dengan Lontong, Bawang merah yang di potong sangat tipis.