7 Reaksi Orang Yang Sangat Sensitif

May 17, 2017 2492 Views

Apakah anda orang yang sangat sensitif? Apakah kamu pernah berada di sekitar orang tersebut? Untuk memahami orang yang sangat sensitif, cobalah untuk menempatkan diri pada posisi mereka. Jangan menilai mereka jika anda tidak dapat melihat dunia dari sudut pandang mereka. Orang-orang yang sangat sensitif dapat menyebabkan kesalahpahaman dalam diri orang lain. Sering kali, mereka dipandang terlalu banyak “melebih-lebihkan” sesuatu hal.

Mereka menanggapi situasi sehari-hari dengan reaksi menyolok otomatis dan tidak diinginkan. Ini normal bagi mereka dan anda perlu mengingatnya. Namun, kebanyakan orang menghakimi mereka sebelum mengetahui apa yang menjadi penyebab kesalahpahaman tersebut. Kebanyakan orang tidak tahu bahwa mereka merasa dan yang menyebabkan jenis reaksi ketidaknyamanan.

Pada pembahasan kali ini, kami akan menyediakan anda panduan untuk memahami beberapa reaksi umum dari orang-orang yang sangat sensitif.

1. Tidak tahan tekanan

Bagi orang yang sangat sensitif, memiliki beberapa tugas berbeda dapat dilakukan dengan luar biasa. Mereka lebih suka berkonsentrasi pada satu dan memberikan semuanya. Sebenarnya, mereka biasanya orang yang sangat kreatif. Mereka lebih baik bekerja sendirian dan dalam suasana yang tenang. Bila ini tidak terjadi, mereka menjadi stres dan tidak dapat menjadi efektif dan produktif. Bila ada kebisingan di sekitar mereka atau seseorang berkeras agar mereka memperhatikan beberapa pertanyaan, mereka mulai merasa diblokir. Bila hal ini terjadi, orang yang sangat sensitif menjadi mudah tersinggung dan sulit untuk bertahan.

2. Menghindari lingkungan yang kacau

Dalam masyarakat kita, kekacauan selalu diterima dengan baik, tampaknya bahwa kita mencari suara, musik keras dan stimulan kuat untuk memecahkan keheningan. Namun, orang yang sangat sensitif menghindari semua ini. Dirangsang oleh terlalu banyak hal sekaligus membuat mereka gila. Bau, suara, interupsi, semua ini menghilangkan keseimbangan yang mereka miliki sampai saat itu. Terkadang, sampai-sampai mereka merasa terganggu dengan suara mengunyah. Reaksi mereka ketika dihadapkan dengan “hal kecil” ini sangat menarik. Mereka juga biasanya akhirnya mengganggu orang-orang di sekitar mereka yang tidak mengerti bahwa mereka membuat mereka tidak nyaman.

3. Menanggapi sesuatu secara pribadi

Seseorang yang sangat sensitif mengganggap pengalaman yang mereka miliki secara pribadi. Hal ini terjadi karena mereka berempati. Mereka bereaksi kuat terhadap ketidakadilan sosial. Mereka juga bereaksi kuat terhadap seseorang yang dimanfaatkan oleh orang lain. Ini juga berasal dari fakta bahwa mereka berfokus pada detail. Mereka adalah ahli dalam menganalisa komunikasi non verbal yang mengatakan lebih dari sekedar kata-kata. Karena ini, mereka selalu bisa tahu apakah anda dapat dipercaya atau jika anda menyembunyikan sesuatu.

Mereka tidak menyukai ini. Ini juga menyangkut orang lain. Hal ini karena orang pada umumnya tidak memusatkan perhatian dan menganalisa semua ungkapan mikro yang kita miliki. Beberapa percaya bahwa ini hanya imajinasi mereka. Yang lain mencoba mengatakan bahwa mereka seharusnya tidak mengambilnya secara pribadi. Namun, Semua ini tidak bekerja.

4. Mereka butuh waktu sendiri seperti ikan butuh air

Ini bisa menjadi kejutan besar bagi seluruh dunia. Lagi pula, orang umumnya menghindari kesendirian. Mereka takut merasa terpisah dari semua orang dan segalanya. Namun, orang yang sangat sensitif mencari kesendirian. Mereka mencari saat-saat damai dan tenang ketika tidak ada sesuatu pun dari dunia luar yang akan mempengaruhi mereka. Merupakan hal yang biasa bagi mereka untuk menolak undangan, mematikan ponsel mereka selama sehari atau tidak ingin menjawab pesan. Sayangnya, hal ini bisa membuat teman mereka kesal. Situasi ini kadang memberi mereka masalah dengan pasangan mereka. Ini tidak berarti mereka tidak mau menghabiskan waktu bersama teman mereka. Itu berarti mereka membutuhkan lebih banyak waktu untuk diri mereka sendiri daripada orang lain.

5. Keseimbangan tubuh juga sensitif

Keseimbangan orang yang sangat sensitif tidak hanya dengan apa yang terjadi dalam pikiran mereka, tapi juga apa yang terjadi pada tubuh mereka. Ini karena mereka sangat terkait erat dengan tubuh mereka. Sakit kepala, sakit perut, lapar atau ketidaknyamanan lainnya bisa menjadi tak tertahankan. Hal ini menyebabkan perubahan cepat dalam perilaku mereka yang membuat orang-orang di sekitar mereka khawatir. Terkadang, sulit menghadapi orang yang sangat sensitif. Lagi pula, menempatkan diri di posisi mereka merupakan hal yang sangat sulit. Namun, tidak menghakimi, mengajukan pertanyaan untuk memahami, dan membuka pikiran Anda untuk dapat memahami bagaimana mereka melihat dunia ini sangat membantu bagi anda berdua.

6. Butuh waktu lama untuk memutuskan sesuatu

Orang-orang yang sangat sensitif memang senang untuk menggali lebih dalam tentang sebuah masalah dan tidak jarang butuh waktu lama untuk membuat keputusan. Bagi mereka hal-hal seperti ini sudah menjadi kebiasaan. Tapi kadang membuat mereka lupa bahwa keputusan harus segera diambil karena waktu terus berjalan.

7. Punya sikap yang sopan

Orang yang sensitif biasaya menunjukkan kesadaran akan sopan santun yang sangat tinggi. Mulai dari memberi tempat duduk buat orang yang lebih tua di kendaraan umum atau membukakan pintu buat wanita. Sebaliknya orang yang sensitif juga sangat peduli jika ada orang yang bersikap kasar kepada mereka.

So, jika anda mempunyai kerabat dekat yang sangat sensitif cobalah untuk memahami dan jangan sekali-kali anda langsung menghakiminya. Jika kita bisa memahami dan mengerti mereka, pasti ikatan kekerabatan yang kita jalin akan semakin erat.