Inilah 15 Buku Termahal Di Dunia Yang Pernah Terjual

July 11, 2017 4728 Views

Kita akan melihat-lihat buku paling mahal di dunia. Maukah Anda menghabiskan 10, 20 atau bahkan 30 juta dolar untuk sebuah buku? Buku dianggap sebagai pendamping terbesar bagi mereka yang ingin menggali kedalaman pengetahuan dan informasi yang terbaik. Ada beberapa koleksi buku langka yang dianggap paling mahal berkaitan dengan nilai historis dan signifikansinya.

Jika Anda seorang jutawan dan memiliki hasrat untuk koleksi manuskrip langka tersebut, beberapa juta dolar bukanlah masalah besar dibandingkan dengan nilai buku. Di sini, kita membahas beberapa buku terkemuka yang diterima paling mahal dalam skenario global.

1. Codex Leicester $ 30,8 juta

Codex Leicester adalah salah satu jurnal ilmiah paling terkenal Leonardo da Vinci dari tahun 1500an. Ini terdiri dari 72 halaman teori dan teori tulisan tangan yang berhubungan dengan segala hal mulai dari gerakan air hingga fosil dan cahaya bulan. Naskah ini adalah notebook terdekat penulis dan pemikir. Ini pertama kali dibeli oleh Thomas Coke pada tahun 1717 yang ditunjuk sebagai Earl of Leicester pada tahun 1980an.

Kemudian, pada tahun 1994, notebook ini diambil alih oleh Bill Gates di sebuah lelang jurnal dengan harga $ 30.800.000, sehingga menjadikannya salah satu buku termahal di dunia yang dibeli sampai saat ini. Gates juga memindai buku ini dan digunakan sebagai screen saver Windows 95 Microsoft Plus.

2. Gospels of Henry the Lion $ 11,7 juta

Buku termahal kedua di dunia adalah The Gospels of Henry the Lion oleh Ordo Saint Benediktus (juga dikenal sebagai Black Monks) pada tahun 1175. Dilelang dengan biaya sekitar $ 11,7 juta, buku Injil ini benar-benar dibuat khusus oleh Henry Lion (Duke of Saxony) untuk altar Perawan Maria di Gereja Katedral Brunswick.

Pada tahun 1983, buku ini dibeli oleh pemerintah Jerman seharga £ 8,140,000 yang setara dengan $ 11,7 juta di Sotheby’s of London. Diterima sebagai karya manuskrip abad ke-12 Romawi, Injil Henry the Lion terdiri dari 266 halaman dengan 50 halaman lengkap ilustrasi dan karya seni.

3. Magna Carta $ 21,3 juta

Magna Carta, bahasa Latin untuk “Piagam Besar”, berada di urutan ketiga dalam daftar buku termahal ini. Kembali di tahun 2007, beberapa hari sebelum Natal, Sotheby’s mengadakan pelelangan di New York. Manuskrip megah ini adalah bintang dari acara tersebut. Pembelian mengejutkan dilakukan oleh David Rubenstein, yang Anda lihat sebelumnya dalam daftar ini sebagai pembeli Buku Mazmur Bay. Namun, Rubenstein tidak membelinya untuk koleksi sendiri. Dia membelinya untuk dibawa kembali ke Arsip Nasional untuk display publik. Betapa dermawannya dermawan.

Yang asli dirancang pada 1215. Magna Carta ini sebenarnya hanyalah sebuah salinan yang ditulis pada tahun 1279. Meskipun demikian, nilainya tetap $ 21,3 juta. Itu adalah $ 24,3 juta hari ini. Mengutip Sotheby’s, Magna Carta adalah objek dari kedua emulasi dan penghormatan. Piagam ini disetujui oleh Raja John dari Inggris.

4. Rothschild Prayerbook $ 13,4 juta

Rothschild Prayerbook ditulis oleh banyak seniman dari tahun 1500. Ini pertama kali dibeli oleh Perpustakaan Nasional Austria pada tahun 1999 dengan jumlah yang mengejutkan sebesar $ 13,4 juta. Itu adalah total perkiraan $ 19,3 juta hari ini. Kemudian, dua tahun yang lalu, Christie mengumumkan ketersediaan buku itu lima belas tahun setelah penjualan di seluruh dunia. Kali ini, dibeli oleh seorang pengusaha Australia, Kerry Stokes, saat dilelang.

Pada lelang ini, dijual seharga $ 13,6 juta. Secara teknis, harga itu lebih tinggi dari penjualan sebelumnya. Namun, dengan inflasi, buku itu sebenarnya bernilai sedikit di bawah $ 19 juta pada saat Kerry membelinya. Rothschild Prayerbook ini sekarang dipajang di Perpustakaan Nasional Australia.

5. St. Cuthbert Gospel $ 14,3 juta

Juga dikenal sebagai Injil Stonyhurst, Injil St. Cuthbert mungkin bukan buku yang paling mahal, tapi pastinya yang paling kuno dalam daftar kami. Itu berasal dari abad ke-7. Penulis buku saku ini masih belum diketahui. Penahan kulitnya bertahan selama berabad-abad penggunaan dan penyimpanan. Itu ditemukan di dalam peti mati Saint Cuthbert. Rupanya, itu adalah miliknya atau ditulis sebagai dedikasi kepada orang suci setelah kepergiannya.

Pada bulan April 2012, Injil St. Cuthbert asli ini dijual ke The British Library seharga $ 14,3 juta. Buku ini tidak hanya berharga dalam sudut pandang agama. Ini juga memegang nilai sejarah yang penting. Injil St. Cuthbert bisa dibilang merupakan buku Eropa tertua yang bisa bertahan berabad-abad dan masih utuh sepenuhnya.

6. Bay Psalm Book $ 14,2 juta

Buku Mazmur Bay adalah Mazmur metrik atau terjemahan Alkitab. Yang satu ini pertama kali dicetak di British North America (Cambridge, Massachusetts tepatnya), pada tahun 1640 oleh para pemimpin Puritan. Meskipun lebih dari 1.000 di antaranya dicetak, hanya tersisa sebelas salinan dari edisi pertama sejarah. Kebanyakan dari mereka dimiliki oleh universitas dan perpustakaan.

7. The Birds of America $ 11,5 juta

Tidak hanya ada satu, tapi tiga salinan The Birds of America berada di jajaran teratas buku paling mahal. Ketiganya termasuk di antara 119 salinan buku lengkap yang tersedia di seluruh dunia. Yang pertama dari ketiganya dijual di tahun 2000. Salinan itu dijual seharga $ 8.802.500 di rumah Christie. Satu lagi dijual empat tahun yang lalu, pada tahun 2012, seharga $ 7,9 juta (atau $ 8,1 juta hari ini). Yang paling mahal, yang menempati peringkat ke-7 dalam daftar buku mahal kami, telah terjual di tahun 2010.

Buku lengkap edisi pertama dari buku itu dijual di Sotheby’s of London seharga sekitar £ 7,321,250 (sekitar $ 11,5 juta). Buku itu sendiri ditulis oleh John James Audubon dari tahun 1827 sampai 1838. Dia adalah seorang ahli ornitologi, naturalis dan pelukis Amerika. Buku yang ditulisnya didasarkan pada penelitiannya yang ekstensif di semua jenis burung Amerika.

8. Les Liliacées $ 5 juta

Peringkat ke-8 dalam daftar kami adalah koleksi lain dari botani bible. Yang ini, berjudul Les Liliacées, ditulis oleh Pierre-Joseph Redoute pada abad ke-18. Dia adalah seorang pelukis dan ahli botani asal Belgia. Itulah dua keterampilan yang dia butuhkan untuk menciptakan karya seni ini. Pada tahun 1985, buku itu dijual kepada W. Graham Arader, seorang pedagang buku langka, dengan harga $ 5,5 juta di Sotheby’s. Itu adalah $ 11 juta hari ini.

Seperti judulnya, The Lilies, buku itu terdiri dari gambar bunga di taman Malmaison, St. Cloud, Versailles dan Sevres. Lukisan yang luar biasa itu tidak hanya indah, tapi juga berat. Secara harfiah, buku ini terdiri dari 16 jilid. Beratnya mencapai 320 kilogram.

9. The Canterbury Tales $ 7,5 juta

Pada tahun 1998, The Canterbury Tales terjual dengan harga 4,6 juta dolar AS ($ 7,5 juta) dipelelangan pribadi di Christie’s, London. Ini dinyatakan sebagai salinan terakhir dari 1.477 edisi pertama dari manuskrip terkenal abad ke 15. Buku itu ditulis oleh Geoffrey Chaucer. Salinan khusus ini sebenarnya dicetak 78 tahun setelah kepergiannya, 1478. Berabad-abad setelah itu, dia masih dikenal sebagai Bapak sastra Inggris.

Salinan ini sebenarnya dibeli oleh Earl of Fitzwillian pertama di tahun 1776 di lelang perpustakaan John Radcliffe dengan nilai jual hanya £ 6. Tidak diragukan lagi ini adalah apa yang kita sebut mengalikan investasi Anda dengan benar. Tentu saja, Anda harus menunggu lebih dari dua ratus tahun untuk meniru jumlah kesuksesan yang sama.

10. Gutenberg Bible $4,9 juta

Alkitab Gutenberg juga dikenal sebagai Mazarin Bible. 49 salinan dicetak oleh Johannes Gutenberg di Jerman dari tahun 1450 sampai 1455. Salah satunya dipajang di Perpustakaan Umum New York. Itu dibeli oleh James Lenox pada tahun 1847. Salinan lain menabrak catatan peletakan Alkitab yang dilelang dengan harga jual $ 4,9 juta pada tahun 1987.

Itu adalah $ 10.2 juta hari ini. Alkitab dijual di Christie’s setelah dipajang selama sebulan di Jepang. Salah satu alasan mengapa Alkitab ini bernilai bahwa jumlah uang adalah estetika dan kualitas artistiknya yang tinggi. Ditulis dalam bahasa Latin, itu adalah buku besar cetak massal pertama.

11. First Folio $6,1 juta

Buku imi ditulis oleh William Shakespeare yang legendaris. Juga dikenal sebagai Komedi, Riwayat dan Tragedi Mr. William Shakespeare, salinan asli Firs Folio dari tahun 1623 tersedia hanya untuk £ 1-2 di tahun-tahun awalnya. Namun, salinannya yang lengkap telah menjadi salah satu buku paling mahal di kalangan kolektor zaman modern.

Sesuai survei, dinyatakan bahwa hanya 228 salinan lengkap dari 750 yang tersedia sekarang di pasar global. Pada tahun 2001, satu salinan menarik perhatian pendiri Microsoft, Paul Allen. Dia membeli salinan buku ini seharga $ 6.166.000 di tempat pelelangan Christie’s di New York.

12. Traite des Arbres Fruitiers $4,5 juta

Traité des Arbres Fruitiers ditulis oleh Henri-Louis Duhamel du Moncaeu pada tahun 1768. Dia adalah salah satu ilmuwan Prancis terkemuka pada hari itu. Bidang studinya adalah fisika, teknik dan botani. Buku khusus yang dia tulis ini judulnya adalah: Treatise on Fruit Trees. Ia pernah masuk fisiologi tanaman sejak 1738 sampai ia meninggal dunia. Buku ini dijual seharga $ 4,5 juta sepuluh tahun yang lalu, pada tahun 2006. Hari ini, nilainya sekitar $ 5,3 juta.

13. Biblia Pauperum $2,42 juta

Selanjutnya adalah buku yang memiliki semua nilai buku yang luar biasa. Satu, itu sejarah. Dua, itu adalah seni. Dan tiga, itu alkitabiah. Tanggal kembali ke tahun 1460 sampai 1470, Alkitab ini mencerminkan dua perubahan besar dalam sejarah manusia. Yang pertama adalah bagaimana cara mendokumentasikan kita. Kembali di era prasejarah, manusia menggunakan gambar untuk menceritakan sebuah cerita. Saat ini, kita menggunakan kata-kata. Dan Biblia Pauperum menggunakan gambar dan kata-kata kecil, semacam kombinasi antara kedua era itu.

Yang kedua adalah Perjanjian Lama dan Baru. Alkitab ini memvisualisasikan korespondensi tipologis di antara keduanya. Salinan Gotha-Doheny dicetak di Belanda. Quaritch membelinya seharga $ 2,42 juta pada bulan Oktober 1987. Hari ini, nilainya sekitar $ 5 juta. Ini adalah satu-satunya salinan di Amerika Serikat.

14. Rules of Basketball $ 4,3 juta

Basket adalah salah satu olahraga paling populer di dunia. Tim NBA tidak hanya menghasilkan jutaan, tapi miliaran dolar. Bahkan legenda basket pensiunan, Michael Jordan, masih mendapatkan penghasilan dari merek Air Jordannya. Olahraga ini ditemukan oleh James Naismith pada tahun 1891.

Dia menulis buku peraturan dan memulai program bola basket di University of Kansas dimana dia bekerja sebagai kepala pelatih. Buku peraturan asli, Rules of Basketball, dijual enam tahun lalu seharga $ 4,3 juta. Hari ini, itu berharga $ 4,7 juta. Sebagian besar rulbook diketik. Tapi ada beberapa catatan tulisan tangan James di sana sini di halamannya.

15. The Tales of Beedle and Bard $ 3,98 juta

Kita mulai daftar dengan buku yang ditulis oleh J.K. Rowling. Anda mungkin mengenalnya sebagai penulis Harry Potter. Nah, yang satu ini juga merupakan bagian dari seri legendaris. Sebenarnya, itu disebutkan dalam buku terakhir. Setelah melewati Dumbledore, Hermione Granger diberi buku dimana dia kemudian menemukan simbol Deathly Hallows. Hanya ada tujuh eksemplar The Tales of Beedle and Bard.

Semuanya ditulis tangan dan diilustrasikan oleh penulis sendiri. Jadi, tidak mengejutkan betapa berharganya buku itu. $ 3,98 juta, betapa berharganya itu. Pada bulan Desember 2007, Sotheby’s mengharapkan untuk menjual seharga $ 77.000 saja. Sedikit yang diketahui semua orang, ada yang mau membayar lebih. Hari ini, nilainya mencapai $ 4,5 juta.

Semoga artikel diatas bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi Anda.