Inilah Fakta Unik Tentang Air Mata

June 2, 2017 2207 Views

Menangis, terisak-isak, tersedu-sedu atau apapun anda menyebutnya pasti dari sejak bayi kita semua melakukannya. Dan, sementara banyak hewan meneteskan air mata, air mata emosional tampaknya merupakan pengalaman unik manusia. Air mata diperlukan untuk menjaga agar bola mata tetap lembab, air mata mengandung protein dan zat lain yang berguna untuk menjaga kesehatan mata dan untuk melawan infeksi. Manusia menangis karena berbagai alasan, tapi menangis karena alasan emosional dan menangis dalam menanggapi pengalaman estetika merupakan hal yang unik bagi kita. Dan apakah itu air mata kegembiraan atau kesedihan, saat-saat yang membuat kita tersedak bisa menceritakan banyak hal tentang diri kita sendiri. Akan tetapi, anda mungkin tidak tau apa saja fakta-fakta tentang air mata tersebut.

Ada Lebih dari Satu Jenis Air Mata

Tidak semua air mata diciptakan sama. Air mata basal adalah hal yang selalu ada di mata kita dan melayani tujuan pelumas, memberi makan dan melindungi mata. Jenis air mata kedua, yang disebut air mata refleks, terbentuk untuk melindungi mata dari iritan, seperti angin, asap atau bawang. Dan ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa kedua jenis air mata ini berbeda secara kimiawi satu sama lain. Jenis ketiga air mata adalah yang mungkin paling kita kenal, yang tumpah setelah berkelahi dengan pasangan atau pada saat menonton film : air mata emosional. Satu studi tahun 1980-an menemukan bahwa air mata emosional mungkin mengandung lebih banyak protein daripada jenis air mata lainnya.

Secara Biokimia, Komposisi Air Mata Mirip dengan Air Liur

Dan, antara lain, mereka terdiri dari protein, garam dan hormon.

Wanita Lebih Sering Menangis daripada Pria

Seperti yang kita ketahui, wanita memang lebih sering menangis dibandingkan dengan pria. Perbandingan untuk hal ini kira-kira 5,3 kali per bulan untuk wanita dan 1,4 untuk pria. Perbandingan ini bisa dibilang 5 banding 1. Dan, menurut penelitian Jerman yang dilaporkan oleh The Telegraph, sesi menangis rata-rata berlangsung enam menit untuk wanita dan dua sampai empat menit untuk seorang pria. (Penelitian yang sama menemukan bahwa menangis berubah menjadi terisak-isak 65 persen pada kasus untuk wanita dan hanya 6 persen untuk pria.)

Penyebab Keluarnya Air Mata Tidak Diketahui Secara Pasti

Para ilmuan kebingungan tentang peyebab pasti kenapa manusia menangis dan mengeluarkan air mata. Awalnya peneliti menemukan bahwa manusia menangis karena terjadi tekanan dalam diri mereka. Seiring waktu peneliti juga menemukan bahwa manusia menangis untuk menujukan adanya masalah. Akan tetapi ada juga bayi yang menangis untuk menarik perhatian orang tua. Untuk mengungkapkan rasa bersalah atau merupakan alat yang digunakan untuk menyelamatkan sebuah hubungan.

Seberapa Besar Perbedaan Gender Bisa Menjadi Kultural

Bylsma menulis di salah satu makalahnya: Jumlah perbedaan gender dalam tangisan juga tampaknya berbeda dengan karakteristik negara tertentu. Anehnya, dalam budaya Barat dengan kebebasan yang lebih besar dan perlakuan yang setara bagi wanita, wanita lebih sering menangis daripada tradisional kultural, sedangkan perbedaan antara pria dalam budaya yang berbeda kurang substansial. Wawasan ini sangat menantang anggapan bahwa menangis hanyalah gejala seperti refleks, yang dihasilkan dari perasaan spesifik.

Wanita secara biologis disarankan untuk meneteskan air mata lebih banyak daripada pria. Di bawah mikroskop, sel-sel kelenjar air mata wanita terlihat berbeda dari pada pria. Saluran air mata laki-laki lebih besar dari pada wanita, jadi jika seorang pria dan wanita menangis, air mata wanita itu akan tumpah ke pipi lebih cepat.

Air Mata Berasal dari Kelenjar Lakrimal

Ini ditemukan di bagian luar mata bagian atas. Saat air mata mengalir, mereka mengalir ke saluran kecil pada rongga hidung. Dan jika anda memiliki terlalu banyak air mata untuk dikeringkan, mereka akan terbuang dan keluar melalui mata.

Syn-propanethial-S-oxide adalah Alasan Bawang Membuat Anda Menangis

Ini disebabkan oleh iritan kimia yang merangsang kelenjar lakrimal, sehingga membuat anda mengeluarkan air mata.

Air Mata Buaya itu Nyata

Buaya menangis bukan karena sebuah kesedihan, akan tetapi hal ini sama seperti air mata kita sendiri untuk melumasi mata. Ini mungkin lebih relevan untuk buaya karena mereka memiliki kelopak mata ketiga.

Sebenarnya Air Mata juga Bermanfaat

Meski terkadang menyakitkan ketika mengeluarkan air mata kesedihan, namun ternyata air mata bisa bermanfaat. Penelitian menunjukan bahwa air mata yang dikeluarkan saat sedih mengandung hormon stres. Jika air mata ini dikeluarkan maka akan menimbulkan perasaan lega selesai menangis. Menangis saat sedih atau bahagia memiliki mekanisme yang sama Pembedanya hanya emosi dirasakan oleh orang tersebut.

Saat Menangis, Biasanya akan Keluar Cairan dari Hidung

Banyak orang yang mulai mengeluarkan cairan dari hidung ketika mereka menangis. Hal ini sebenarnya wajar terjadi. Ketika kelenjar air mata mengeluarkan air mata yang berlebihan, beberapa mengalir ke lubang hidung dan keluar lewat hidung. Ini berarti yang keluar dari hidung sebenarnya bukan ingus yang berlendir, melainkan air mata yang melewati lubang hidung. Ada juga orang yang merasa pusing setelah menangis. Peneliti berasumsi bahwa hal ini berkaitan dengan dehidrasi yang dialami dalam kepala karena terlalu banyak cairan yang dikeluarkan.

Itulah fakta tentang air mata yang mungkin belum pernah anda ketahui sebelumnya. Semoga bermanfaat ya.