Inilah Pengertian Dan Klasifikasi Dari Jamur

July 10, 2017 3455 Views

Jamur sama pentingnya bagi kehidupan kita seperti gandum, sapi, ikan atau makhluk hidup lainnya. Berikut adalah beberapa alasan untuk mengagumi bentuk kehidupan ini:

  • Tanpa berbagai jenis jamur di Bumi, tubuh yang telah mati akan menolak untuk membusuk.
  • Pohon yang mati itu hanya akan terus membaringkan tempat mereka jatuh. Hanya jamur yang bisa memecah lignin, bahan keras di jantung jaringan kayu.
  • Tanaman kita akan gagal karena nutrisi yang di daur ulang jamur dari jaringan tanaman mati tidak lagi tersedia.
  • Hewan ternak yang penting, seperti domba tidak mampu mencerna rumput tanpa sedikit bantuan dari beberapa jamur ramah.

Dan kemudian ada keindahan belaka dari banyak organisme ini. Apa yang akan menjadi hutan dan ladang kita seperti tanpa jamur yang indah (terkadang menyeramkan) pada musim gugur? Jadi, ketika Anda melihat kelompok makhluk hidup yang sangat penting kita semua harus bersyukur.

Apa Sebenarnya Jamur Itu?

Ilmuwan biasa menempatkan jamur di Kerajaan Tanaman, terutama karena mereka dianggap tidak mampu bergerak di bawah kekuatan mereka sendiri. Studi lebih dekat menunjukkan bahwa setidaknya ada beberapa jamur memiliki tahap reproduksi dengan gamet yang bisa berenang.

Perbedaan yang paling jelas untuk tanaman, bagaimanapun adalah bahwa Jamur tidak membuat makanan dari sinar matahari dan karbondioksida. Jamur memperoleh makanan dengan cara yang mirip dengan hewan, mencerna dan menyerap apa yang mereka butuhkan di lingkungan. Saat ini, jamur diberi klasifikasi kerajaan tersendiri.

Jenis Jamur berdasarkan Kelompok

Di dalam Kerajaan Jamur, ini adalah sub-divisi yang paling penting atau ‘Phyla’:

  • Basidiomycota: jamur dan jamur payung
  • Ascomycota: kadangkala disebut jamur kantung. Ini sering memiliki tubuh berbulu yang jelas. Kelompok ini mencakup morels yang sangat lezat dan truffle. Ini juga termasuk spesies penisilin yang memberi kita antibiotik efektif pertama.
  • Neocallimastigomycota: Ini hidup di saluran pencernaan hewan yang memakan tanaman seperti domba. Enzim yang mereka hasilkan memecah polisakarida seperti selulosa, bahan keras yang memberi kekuatan pada tanaman. Domba kemudian bisa menggunakan karbohidrat sederhana yang diproduksi sebagai makanan.
  • Blastocladiomycota: kebanyakan penghuni tanah yang mencerna detritus dari segala jenis
  • Glomeromycota: kelompok jamur yang sangat khusus yang hidup dalam simbiosis yang menguntungkan dengan Liverworts (tanaman kecil yang mirip dengan lumut).
  • Chytridiomycota: kelompok jamur kuno yang mencerna protein keras seperti keratin (umum di kulit dan rambut) dan chitin (terutama yang biasa ditemukan di ‘kerang’ serangga luar)
  • Microsporidia: sekelompok kecil parasit bersel tunggal yang menginfeksi kumbang, kebanyakan

Ada pandangan lebih dekat di 2 kelompok paling penting, Basidiomycota dan Ascomycota, di bawah ini.

1. Basidiomycota

Basidiomycota adalah kelompok besar dan yang paling kita kenal. Itu termasuk:

  • Jamur
  • Puffballs
  • Stinkhorns
  • Jamur braket
  • Jamur jelly
  • Boletes
  • Smuts
  • Bunts
  • rusts
  • Chanterelles
  • Earth stars

Jamur adalah salah satu kelompok jamur yang paling mencolok. Sebagian besar jamur tersembunyi dari pandangan di tanah, daun atau kayu mati (tergantung spesiesnya). Buah besar yang muncul kebanyakan di musim gugur, sangat mencolok dan seringkali sangat indah.

Seperti kebanyakan jamur, Basidiomycota bersifat saprotrophic, yang berarti mereka menguraikan bahan mati termasuk bahan tanaman terberat seperti lignin, komponen struktural utama pepohonan. Dibawah tanah, Basidiomycota menghasilkan jaringan besar dari tabung kecil yang disebut hifa. Ini tumbuh melalui tanaman mati dan bahan hewani dengan mensekresikan enzim yang membubarkan jalur. Bahan yang dicerna diserap dan digunakan sebagai makanan.

2. Ascomycota

Ascomycota adalah filum jamur terbesar, dengan lebih dari 64.000 spesies. Ada 2 kelompok utama:

  • Pezizomycotina

Jamur pezizomycotina memiliki tubuh buah yang mirip dengan jamur dan termasuk morels, truffle, ergot dan cup fungi. Truffle (Tuber genus) adalah salah satu makanan termahal di planet ini. Tidak mungkin menumbuhkan truffle dalam skala besar dan sangat langka di habitat hutan favorit mereka. Babi atau anjing dengan hidung yang sangat sensitif diminta untuk menemukan tubuh buah bawah tanah yang paling berharga. Truffle Putih saat ini berharga sekitar $ 5 per gram ($ 2.000 per pon).

  • Saccharomycotina

Kelompok ini terdiri dari sebagian besar ragi, termasuk ragi tukang roti yang sangat penting. Bunga mekar putih pada buah anggur adalah campuran ragi dan jamur liar. Dulu, ragi alami yang ada pada buah anggur diandalkan untuk memfermentasi jus dan menghasilkan anggur. Saat ini, pembuat anggur komersial biasanya menyatukan jus anggur dengan dosis tinggi dari varietas tunggal ragi yang diolah secara khusus seperti Saccharomyces cerevisiae, daripada mengandalkan ragi liar yang tumbuh lebih lambat. Apapun ragi yang digunakan, prosesnya pada dasarnya sama. Ragi mengkonsumsi gula (tanpa membutuhkan oksigen) dan menghasilkan alkohol dan karbon dioksida dalam proses fermentasi.

Bahaya Jamur

Kebanyakan jamur bersifat saprophytic dan tidak patogen terhadap tumbuhan, hewan dan manusia. Namun, relatif sedikit spesies jamur bersifat fitopatogenik, menyebabkan penyakit (misalnya, infeksi, alergi) pada manusia dan menghasilkan racun yang mempengaruhi tanaman, hewan dan manusia. Di antara jamur tersebut adalah anggota genus Aspergillus dan Fusarium serta genera lainnya (misalnya Alternaria, Mucor) yang terdiri dari kelompok patogen yang muncul pada manusia. Jamur ini menimbulkan ancaman umum bagi produksi pertanian dan kesehatan individu yang sehat dan immunocompromised.

Secara keseluruhan, jamur ini relatif sedikit dapat menyebabkan kerugian ekonomi yang sangat besar pada pertanian, hilangnya makanan untuk konsumsi dan penyakit fatal dan serius pada manusia dan hewan. Tanaman mungkin menjadi sumber senyawa antijamur karena mereka harus mengembangkan senyawa untuk melawan infeksi oleh jamur yang ada di lingkungannya.