Manfaat Berpelukan Bagi Tubuh

March 27, 2017 1561 Views

Bagi sebagian orang pelukan merupakan sesuatu hal yang tabu untuk dilakukan. Akan tetapi bagi sebagian orang lagi pelukan merupakan suatu moment yang sangat berharga meskipun hal itu hanya sebentar saja. Berbicara tentang pelukan, mungkin kita belum tau manfaat baik dari pelukan tersebut. Ini adalah manfaat dari berpelukan yang mungkin sering kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Melepaskan oksitosin

Oksitosin adalah senyawa penghubung pada otak yang bekerja dalam sistem limbik, pusat emosi pada otak yang berkaitan dengan perasaan manusia. Oksitosin bertugas untuk meredakan rasa cemas dan stres. Oksitosin sangat ampuh dalam mempengaruhi emosi wanita. Senyawa ini juga yang membuat wanita tak lagi merasakan sakit pada tubuh mereka ketika melihat bayi yang dilahirkannya untuk pertama kalinya.

Penelitian terbaru dari University of California mengungkap bahwa senyawa ini juga yang mempengaruhi pria agar lebih menyayangi dan terikat pada pasangannya. Oksitosin juga diketahui bisa meningkatkan libido serta gairah seksual. Ketika berpelukan, otak akan melepaskan oksitosin dan menurunkan stres, tekanan darah, sekaligus mencegah penyakit jantung.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Ketika Anda merasa cinta begitu tak terkalahkan, hal itu terjadi dikarenakan pelepasan oksitosin. Hormon ini dapat membuat merasa seperti tidak ada yang menyakiti Anda. Hal ini juga meningkatkan hormon yang membantu melawan infeksi. Jadi pada dasarnya, kekebalan tubuh akan meningkat ketika Anda merasa baik dan tidak mendapatkan rasa sakit. Kekuatan berfikir positif dan pesasaan dicintai sangatlah dibutuhkan.

3. Mengurangi rasa sakit

Sama seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memeluk dan melepaskan oksitosin akan menurunkan tingkat kesakitan. Setiap kali leher Anda sakit, hal yang dilakukan pasti menggosoknya. Bahkan sentuhan sederhana seperti itu cukup rilis untuk oksitosin membuat Anda merasa lebih baik. Bayangkan jika Anda dipeluk, pasti rasa sakit yang Anda rasakan perlahan akan akan hilang.

4. Membuat lebih tenang dan sabar

Hubungan dan koneksi antar manusia membuat mereka menghargai satu sama lain. Pelukan adalah salah satu cara manusia untuk menunjukkan betapa mereka menghargai orang lain. Di era yang segalanya serba instan, cepat dan sibuk, orang secara konstan terburu-buru untuk melakukan banyak tugas. Pelukan akan membuat seseorang lebih tenang dan tak lagi diburu-buru waktu sepanjang hari. Mereka akan lebih sabar dan menghargai hal-hal yang terjadi di sekitar mereka.

5. Tidak memiliki Defenisi

Pelukan tidak harus Anda lakukan dengan pasangan saja, bahkan tidak harus dengan orang lain. Anda juga dapat melakukan hal ini dengan sendiri, membuat badan merasa hangat cukup untuk melepas oksitosis dan membuat Anda merasa lebih baik.

6. Meningkatkan kepercayaan diri

Berpelukan dapat meningkatkan ras percaya diri seseorang. Rangsang taktil sangat penting untuk perkembangan bayi karena bayi pertama kali mengenal orangtuanya melalui sentuhan. Sejak pertama kali, keluarga memberikan kita pelukan untuk menunjukkan bahwa kita special dan dicintai. Pelukan yang kita dapatkan dari orangtua bahkan tertanam sampai tingkat sel kita dan berhubungan dengan kemampuan kita untuk mencintai diri sendiri.

7. Menurunkan tekanan darah

Berpelukan merupakan salah satu obat untuk menurunkan tekanan darah. Dengan berpelukan anda dapat mendapatkan sentuhan yang membuat tekanan darah selalu dalam kontrol yang baik. Anda dapat rutin berpelukan dengan pasangan atau orang tua yang juga dapat memberika perasaan tenang.

8. Merangsang kelenjar timus

Pelukan tak hanya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, namun juga merangsang kelenjar timus yang penting untuk pertumbuhan dan kesehatan manusia. Kelenjar timus bagi remaja penting dalam mengatur pertumbuhan dan pubertas. Sementara pada orang dewasa, kelenjar timus berkaitan dengan produksi sel darah putih yang akan memperkuat kekebalan tubuh dan menangkal segala jenis penyakit.

9. Produksi dopamine

Semua hal yang dilakukan manusia bisa berpengaruh terhadap aliran dopamin pada tubuh. Dopamin yang rendah akan menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti penyakit Parkinson atau depresi. Dopamin berfungsi memberikan perasaan bahagia pada seseorang, sekaligus memberikan motivasi. Pelukan bisa memicu aliran dopamin dalam tubuh sehingga membuat seseorang lebih bahagia, termotivasi dan jauh dari depresi.

10. Membuka jalur komunikasi

Berpelukan dapat juga dilakukan sebagai pembuka jalur komunikasi dan dapat melepas ketegangan dalam hubungan. Pelukan merupakan obat yang sangat manjur untuk mengembalikan suasana yang tegang.

Manusia memang terlahir dengan kebutuhan akan sentuhan. Seraya kita menjalani hidup yang penuh tentangan dan tantangan, kita akan selalu butuh manfaat pelukan hangat, entah itu dari keluarga, sahabat atau seorang teman hidup. Terlebih lagi indera peraba adalah satu-satunya indera yang tidak termakan usia. Mungkin saat tua, kita tidak lagi bisa melihat, mendengar atau berbicara dengan baik, tapi kita selalu bisa merasakan sentuhan hangat dari orang lain.