Pengertian, Sejarah, Jenis, Serta Tips Memilih Shampoo

April 1, 2018 12752 Views

Mandi merupakan salah satu kegiatan yang memang wajib kita lakukan setiap hari. Di dalam sehari, disarankan bagi kita untuk mandi minimal 2 kali sehari agar badan kita tetap bersih dan juga kembali segar apabila sehabis bekerja. Tentunya tidak perlu dijelaskan secara panjang lebar untuk hal yang menyangkut tentang mandi ini. Karena kita semua tahu bahwasannya mandi merupakan hal yang wajib dan diharuskan bagi setiap orang.

Biasanya, dalam urusan mandi pastinya ada satu hal yang tidak bisa kita lewatkan begitu saja, yaitu keramas. Keramas, selain berguna untuk merawat kesehatan rambut, juga tentunya berguna agar rambut kita selalu terlihat indah dan juga wangi. Untuk itu, sekarang ini sudah banyak sekali merk-merk shampoo yang menawarkan berbagai macam manfaat yang bisa kita dapatkan dari menggunakan shampoo tersebut.

Nah, jika berbicara mengenai shampoo, tentunya ada hal-hal yang sangat baik untuk kita pahami. Untuk itu, pada artikel kali ini mari kita sama-sama membahas hal-hal yang ada mengenai shampoo. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasannya berikut ini.

Apa Itu Shampoo

Hal yang pertama yang harus kita pahami adalah mengenai pengertian atau definisi lengkap mengenai shampoo ini. Bisa dikatakan kalau shampoo merupakan sejenis sabun yang mana berguna atau bermanfaat untuk menjaga kondisi dan membuat rambut agar terlihat tetap sehat. Tentunya hal tersebut merupakan pengertian shampoo secara umum.

Banyak shampoo yang memiliki kandungan tertentu dengan berbagai manfaat, diantaranya clarifying shampoo untuk mengurangi lepek pada rambut, nourishing shampoo yang berfungsi menutrisi rambut kering dan rusak atau shampoo yang diciptakan khusus untuk perawatan rambut yang telah dikeriting, diluruskan atau diwarnai.

Cermat memilih shampoo dapat menghindarkan rambut kita dari berbagai masalah. Cara mendapatkan shampoo yang tepat adalah, pertama kita harus mengetahui jenis rambut. Apakah berminyak, normal atau kering. Jenis rambut berminyak biasanya terlihat lepek dan kusam, cepat berminyak meskipun baru dicuci, debu mudah menempel dan perlu lebih sering dicuci.

Jangan menggunakan berbagai jenis shampoo sembarangan, atau sering bertukar-ganti jenis shampoo. Fungsi shampoo tidak hanya sekadar membersihkan rambut kita dari kotoran, tapi juga merawat dan menimbulkan efek tertentu pada rambut setelah kering. Jika tidak sesuai dengan jenis rambut kita, akan menimbulkan rasa gatal, kelumumur, rambut kering, dan juga iritasi.

Dengan menggunakan shampo jenis tertentu kita bisa merawat dan menyehatkan rambut asal dengan catatan tidak salah memilih jenis shampo. Selalu pilih jenis shampo yang sesuai dengan jenis rambut kita. Manfaat shampo yang ketiga ialah shampo mampu memberikan keindahan pada rambut serta menaikan rasa percaya diri. Banyak shampo yang diproduksi menggunakan formula yang bisa menimbulkan bau harum.

Berkeramas menggunakan shampoo, bisa menaikan kepercayaan diri kita karena rambut kita harum dan juga terawat. Dalam agama juga diajarkan bahwa setiap orang wajib menjaga penampilan dan kebersihan diri. Berkeramas menggunakan shampo merupakan salah satu cara untuk menjaga penampilan diri dan kebersihan diri kita.

Shampo didefinisikan merupakan sediaan kosmetika yang digunakan untuk membersihkan rambut serta kulit kepala, sehingga menghasilkan rambut yang bersih, mudah diatur dan sehat. Pada mulanya shampo dibuat dari sabun tetapi akhir-akhir ini shampo lebih banyak menggunakan detergen sintetik sebagai bahan untuk membersihkan rambut.

Sampo atau yang dalam bahasa Inggris disebut dengan shampoo adalah sejenis cairan, seperti sabun, yang berfungsi untuk meningkatkan tegangan permukaan kulit (umumnya kulit kepala) sehingga dapat meluruhkan kotoran (membersihkan). Kegiatan membersihkan kulit kepala dan rambut ini disebut keramas. Pada saat keramas, individu dianggap melakukan perawatan dengan mencuci rambut dan kulit kepala agar bersih dari minyak, debu, serpihan kulit, dan kotoran lain yang menempel dirambut seiring aktivitas yang dilakukannya.

Dalam pengertian ilmiahnya, shampoo didefinisikan sebagai yaitu sediaan yang mengandung surfaktan dalam bentuk yang cocok dan berguna untuk menghilangkan kotoran dan lemak yang melekat pada rambut dan kulit kepala agar tidak membahayakan rambut, kulit kepala, dan kesehatan si pemakai.

Dalam formulanya shampo tidak hanya terdiri dari detergen saja tetapi ada zat – zat tambahan yang masing – masing mempunyai fungsi dalam pemeliharaan rambut dan dalam memberi bentuk shampo yang baik dan sesuai.

Shampoo pada umumnya digunakan dengan mencampurkannya dengan air dengan tujuan untuk melarutkan minyak alami yang dikeluarkan oleh tubuh untuk melindungi rambut dan membersihkan kotoran yang melekat. Namun tidak semua shampoo berupa cairan atau digunakan dengan campuran air, ada juga shampoo kering yang berupa serbuk yang tidak menggunakan air.

Shampoo kering ini selain digunakan oleh manusia, lebih umum digunakan untuk binatang peliharaan seperti kucing yang tidak menyukai bersentuhan dengan air ataupun anjing. Beberapa industri yang memproduksi shampoo atau perawatan rambut umumnya juga mengeluarkan produk kondisioner dengan tujuan untuk mempermudah pengguna shampoo untuk menata kembali rambutnya.

Formula yang ada di dalam shampo mampu menghilangkan kotoran, debu dan keringat yang ada di kulit kepala. Membuat rambut kita kembali bersih, segar dan mengembang. Manfaat shampo yang kedua ialah untuk merawat rambut. Sekarang ini banyak ditemukan produsen produk kecantikan mengeluarkan jenis shampo yang berbeda-beda disesuaikan dengan tipe rambut. Mulai dari rambut berminyak, rambut kering, rontok, bercabang hingga rambut kusam.

Sejarah Perkembangan Shampoo

Setelah mengetahui mengenai definisi shampoo, ada baiknya juga bagi kita untuk setidaknya mengintip mengenai bagaimana sejarah perkembangan mengenai shampoo ini. Selain menarik, tentunya jika kita membahas mengenai sejarah perkembangannya, hal itu akan menambah wawasan dan juga pengetahuan kita tentang shampoo.

Perlu diketahui, pada awalnya, nenek moyang kita sempat berada di era yang menggunakan essential oil, lalu sabun batangan untuk mencuci rambut. Akan tetapi, pemakaian hal ini tak bertahan lama lantaran kurang memenuhi kebutuhan perawatan rambut. Essential oil membuat rambut menjadi lepek dan berminyak sedangkan sabun batangan justru menimbulkan iritasi kulit kepala.

Akhirnya, di tahun 1989, Ahli kimia asal Berlin, Hans Schwarzkopf, melahirkan sebuah inovasi berupa bubuk shampoo yang larut dalam air. Produk ini sangat populer pada masanya dan dijual di drugstore miliknya meskipun kandungan alkalinya masih cenderung menyebabkan rambut terlihat kusam.

Sebuah artikel yang dilansir oleh New York Times di tahun 1908 juga menggambarkan sulitnya ritual merawat rambut yang masih harus melalui banyak proses. Misalnya harus dilakukan tiap dua minggu di malam hari diikuti dengan menyisir, berikut dibilas hingga empat kali dengan bilasan air dingin diikuti dengan risiko flu.

Tahun 1927, shampoo cair pembersih rambut pertama mulai dibuat. Shampoo kala itu merupakan cairan sintetis campuran yang ternyata masih saja kurang memberikan hasil yang diinginkan yaitu rambut yang sehat berkilau. Lalu, di tahun 1930, Procter & Gamble menciptakan shampoo cair dengan kandungan bahan dasar sulfat sebagai agen pembersih.

Shampoo non-alkali baru ditemukan di tahun 1933 oleh Schwarzkopf. Di tahun 1936, Dr. John Breck berhasil memperkenalkan shampoo dengan kadar pH seimbang di Amerika. Produk ini mulai dijual secara komersil dengan Breck girls sebagai ikon perusahaan produk perawatan rambut ini.

Shampoo kian mengalami diversifikasi produk seiring dengan ditemukannya shampoo sintetis di tahun 1950. Komposisi shampoo juga terus mengalami pengembangan di era tahun 60-an. Dengan mengandalkan air sebagai bahan utamanya, shampoo mulai merambah sejumlah bahan kimia yang diramu khusus untuk membersihkan rambut secara maksimal dengan spesifikasi sesuai kebutuhan pemakainya, seperti formula khusus untuk rambut yang dicat dan serta formula yang lebih lembut untuk bayi. Tahun 1963 juga lahirlah shampoo khusus untuk rambut berketombe.

Namun, di tahun 2000-an, beberapa keluhan akan dampak penggunaan shampoo berbahan kimia mulai muncul seiring dengan kontroversi penggunaan Sodium Laureth Sulphate (SLS) pada shampoo. Akhirnya, di tahun 2007, mulai lahir shampoo natural yang bebas SLS dengan menggunakan bahan dasar essential oil.

Perkembangan terakhir di dunia shampoo adalah munculnya era dry shampoo yang dapat digunakan tanpa air dan keramas. Dry shampoo sangat efektif untuk menyerap minyak berlebih dan memberikan volume indah tanpa perlu mengggunakan air ataupun blow dryer.

Tak perlu khawatir akan sejumlah bahan kimia yang kerap bikin alergi seperti paraben, sulfate, synthetic dyes, petro chemical, phthalates, GMO maupun triclosan. Bagaimanapun juga, penggunaan dry shampoo hanya bersifat sebagai pertolongan pertama saat kamu tidak sempat keramas. Sebaiknya tetap cuci rambutmu menggunakan air dengan menggunakan shampoo dan kondisioner yang tepat.

Dari penjelasan di atas, kita tahu bahwa shampoo mengalami perkembangan yang terbilang cukup pesat sampai sekarang ini. Dan seperti yang sudah kita ketahui, sekarang ini telah banyak merk-merk shampoo yang beredar di pasaran. Dan tentunya juga menawarkan berbagai manfaat yang bisa kita dapatkan dari penggunaannya.

Jenis – Jenis Shampoo

Mungkin selama ini kita hanya mengetahui satu jenis shampoo, yaitu shampoo cair yang selalu kita gunakan ketika kita mandi. Tapi ternyata, shampoo memiliki beberapa jenis yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa jenis dari shampoo, antara lain :

Shampoo Powder

Untuk jenis shampoo yang pertama adalah shampoo yang berbentuk seperti bubuk. Merupakan bentuk shampoo yang kurang disenangi, karena kurang praktis. Untuk sekali pakai biasanya digunakan 3-4 gram. Karena kurang baik dalam air sadah, shampoo berbasis serbuk dalam sabun atau shampoo telah banyak digantikan oleh ditergen sintetik. Natrium lauril sulfat biasanya dipakai untuk basis shampoo jenis ini.

Dry Shampoo

Shampoo jenis ini berguna untuk pemakaian pada saat merasa kurang nyaman bila bershampoo menggunakan air. Sebagai basis sering digunakan serbuk pengabsorpsi seperti talk, amilum, Na seskaikarbonat. Biasanya shampoo ini didiamkan selama 10 menit pada rambut dan kemudian disikat.

Liquid Dry Shampoo

Shampoo ini digunakan untuk membersihkan rambut dan kulit kepala pada saat tidak tersedia waktu untuk bershampoo dengan shampoo jenis busa biasa. Shampoo ini didesain untuk menghilangkan minyak dengan menggunakan pelarut yang sesuai seperti alkohol, dimana ketika dipakai dengan pemijatan yang lembut pada kulit kepala, memberikan efek yang menyegarkan.

Clear Liquid Shampoo

Sebagian besar shampoo yang beredar di pasaran merupakan shampoo jenis ini, dengan bahan dasar lemak alkohol tersulfatasi atau lebih dikenal dengan lauril atau alkil sulfat; juga termasuk alkohol monohidrat dengan panjang rantai C10-C18. Sifat dari detergen ini tergantung pada panjang rantai asam lemak alkohol yang dipakai.

Lotion Shampoo

Shampoo ini mudah digunakan yang dibuat dari asam lemak alkohol sulfat atau dari detergan cair jernih dengan dicampur bersama stabilator atau apocifying agent yang sesuai. Kosentrat shampoo ini mudah didapat dari produsen detergen dan cukup hanya dengan dilarutkan dan ditambahkan zat pewarna serta parfum.

Solid Cream Shampoo

Di dalam perdagangan produk ini lebih dikenal dengan shampoo krim tapi ini merupakan nama lain dari shampoo pasta. Sediaan ini mempunyai basis Natrium alkil sulfat yang dibuat dari fraksi alkohol yang memberikan produk yang mempunyai konsistensi tetap dengan kecenderungan untuk mengkristal seperti mutiara. Untuk mempersiapkan pasta diperlukan lilin seperti setil alkohol sebagai pembangun dan sodium alkil sulfat berbentuk jarum atau pasta.

Aerosol Shampoo

Shampoo jenis ini dikemas secara khusus dalam bentuk semprot. Formulanya harus bisa muncul dari kepala penyemprot dalam bentuk busa yang lembut dan mudah diatur, tapi cukup kuat untuk dipakai secara efisien pada rambut di saat keramas busa shampoo disemprotkan pada telapak tangan dan diusapkan pada rambut yang sudah dibasahi lalu digunakan seperti shampoo biasa.

Anti Dandruff Shampoo

Ketombe bukan disebabkan oleh kulit kepala yang kotor dan bukan karena jenis shampoo yang salah. Ketombe adalah suatu kelainan kulit terutama pada kulit kepala yang ditandai dengan tumbuhnya sisik yang berlebihan. Hal ini terjadi karena percepatan pergantian pelepasan sel epidermal dari aktifitas kelenjar lemak. Penyebabnya diduga karena jamur yang disebut pityrosporum ovale. Shampoo anti ketombe umumnya merupakan campuran antara basis shampoo dengan suatu germisida.

Tips Memilih Shampoo

Kita semua tentu saja memiliki karakteristik rambut yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Untuk itu, jenis shampoo yang digunakan pun tentunya berbeda untuk setiap orang. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk memilih shampoo yang sesuai dengan karakteristik rambut kita.

Rambut Berminyak

Pilih shampoo yang dibuat khusus untuk rambut berminyak. Formulanya harus mampu membersihkan minyak dan lemak pada kulit kepala, tapi juga harus sesuai untuk penggunaan sehari-hari. Produk tidak harus yang berformula terlalu kuat, kerana bahan kimia yang terlalu kuat dapat mengambil kandungan minyak yang terdapat di kulit kepala, sehingga kelenjar minyak pada kulit kepala akan mengeluarkan lebih banyak minyak untuk mengatasi kekeringan, yang akibatnya rambut akan semakin berminyak.

Untuk penggunaan kondisioner, pilih yang sedikit mengandung minyak untuk mencegah kelebihan minyak dan agar rambut tidak terlalu lembap. Jenis Clarifying Shampoo merupakan pilihan yang paling tepat untuk si rambut berminyak, karena secara efektif mengurangi kandungan minyak dan lemak, sehingga rambut tidak lepek dan terasa lebih ringan. Shampoo dengan ekstrak mint atau lemon merupakan pilihan ideal untuk rambut berminyak. Bersihkan rambut minimal tiga kali seminggu.

Rambut Kering

Rambut kering cenderung bercabang dan mudah patah. Pilih shampoo khusus rambut kering yang mengandungi lebih banyak pelembap dan nutrisi. Formulanya juga harus lembut dan mengandungi bahan-bahan yang mengandungi minyak almond, madu, chamomile, atau minyak zaitun. Kondisioner pelembap sangat diwajibkan untuk rambut kering. Tekstur kondisioner yang lebih pekat merupakan pilihan sempurna untuk rambut kering dan rosak, untuk perawatan harian yang lebih intensif.

Rambut Diwarnai, Diluruskan/Dikeriting

Jika rambut telah mengalami pewarnaan, pelurusan atau pengeritingan, anda harus lebih hati-hati dalam memilih produk perawatan rambut. Produk seharusnya dapat mempertahankan warna pewarna rambut dan memperbaiki kerusakan rambut yang terjadi selama proses pewarnaan. sebanyak mana pewarna rambut yang anda gunakan, produk tersebut tetap mengandung bahan kimia yang keras.

Gunakan shampoo yang dibuat khusus untuk rambut diwarnai/dikeriting/diluruskan dengan UV filter untuk mencegah warna rambut dari pudar. Shampoo harus lebih banyak mengandungi berbagai nutrisi untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan bahan kimia dari pewarna rambut atau produk pelurus/pengeriting rambut. Lengkapi juga perawatan dengan kondisioner dan masker rambut.

Rambut Berketombe

Jika rambut anda mudah berketombe, anda harus memilih sampo dan kondisioner atau serum anti ketombe. Shampoo jenis ini mampu membersihkan kulit kepala secara efektif dan menghilangkan ketombe selama beberapa hari. Beberapa jenis sampo anti ketombe menawarkan bahan khusus seperti ketoconazole yang berfungsi mencegah penyebab ketombe dan menormalkan kadar pH kulit.

Nah, itu dia penjelasan mengenai shampoo. Mulai dari pengertian, sejarah, jenis, serta tips yang tepat bagaimana memilih shampoo yang pas dengan karakteristik rambut kita. Semua sudah kita bahas pada artikel kali ini dan tentunya kita semakin banyak mengetahui hal-hal mengenai shampoo.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwasannya shampoo mengalami banyak perkembangan hingga bisa sampai seperti sekarang ini yang mana telah banyak sekali produsen shampoo yang bersaing untuk menciptakan shampoo yang terbaik. Dan tentunya juga kita tahu bahwa ternyata ada banyak jenis shampoo yang bahkan ada yang belum kita ketahui.

Dan berdasarkan penjelasan di atas, kita juga tahu bahwasannya ada banyak karakteristik rambut yang berbeda pada tiap orang. Tentunya untuk merawatnya, kita tidak boleh sembarangan dan harus dengan shampoo yang tepat agar rambut kita tetap sehat dan terawat.