Asal Dan Huni Kuntilanak

December 9, 2016 5064 Views

Dari antara mahkluk halus, Kuntilanak atau yang juga dikenal sebagai Pontianak adalah mahkluk halus yang berasal dari Melayu Kuno. Kuntilanak digambarkan sebagai hantu perempuan yang sangat menakutkan. Berdasarkan kepercayaan Indonesia, Kuntilanak merupakan seorang wanita yang meninggal dalam keadaan hamil. Sebagai mahkluk halus yang bergentayangan, Kuntilanak biasanya menghuni di hutan, pohon beringin dan pohon pisang.

Berdasarkan legenda, Kesultanan Pontianak yang bernama Syarif Abdurrahman Alkadrie membangun Kerajaan Kesultanan Pontianak di sepanjang Pantai Barat Kalimantan. Daerah ini dianggap sebagai tempat yang sangat angker yang di huni oleh mahkluk halus. Meskipun penduduk lokal memberi saran agar pindah dari tempat itu, akan tetapi Sultan mempercayai saran tersebut.

Kuntilanak atau juga dikenal sebagai Pontianak merupakan mahkluk yang berpakaian putih serta rambut panjang yang menutupi wajahnya. Sebagai mahkluk ghaib, Kuntilanak mempunyai kemampuan dalam mengubah diri menjadi seorang wanita sebagaimana manusia pada aslinya.

Menurut cerita, dulunya sebelum menjadi Kuntilanak, Ia adalah seorang wanita yang sangat cantik dan menarik. Dengan kecantikannya yang begitu luar biasa sehingga mampu memikat hati para lelaki dan selalu ingin mendekatinya serta ingin memilikinya. Pada suatu hari, Ia berkenalan dengan seorang lelaki yang juga di kenal dengan ketampanannya. Setalah lama berkenalan, wanita itupun hamil dan memberitahukan kepada pasangan prianya untuk bertanggung jawab dan menuntut untuk segera menikahinya. Mendengar itu, Lelaki tersebut tidak bersedia betanggung jawab atas apa yang ia lakukan terhadap wanita itu. Dengan ketidakberdayaannya, wanita tersebut merasa sangat sedih dengan apa yang ia rasakan. Beberapa bulan sudah berlalu, perut wanita itupun mulai membesar. Wanita tersebut kembali mencari lelaki yang pernah berhubungan dengannya yang juga sebagai calon ayah dari kandungannya itu, tetapi menghilang tak tau kemana. Dengan rasa putus Asa, Wanita tersebut pergi ke suatu tempat yang gelap dan sangat sepi, ia memutuskan untuk mengakhiri hidupnya dengan cara yang tidak wajar.

Setelah kematiannya yang tidak wajar, arwahnya bergentayangan dengan cara berubah wujud menjadi seorang wanita yang cantik dan menggoda setiap lelaki. Setiap lelaki yang berhasil masuk kedalam godaannya akan dibunuh dan mayatnya di tinggalkan begitu saja. Ini dilakukannya sebagai bentuk pembalasan dendam terhadap lelaki yang telah melukainya.

Kuntilanak termasuk sebagai mahkluk halus yang sangat mengerikan karena ciri khas dari Kuntilanak memiliki kuku yang sangat panjang dan juga tajam sehingga sangat mudah untuk membunuh korbannya. Selain membalaskan dendamnya, Kuntilanak yang bergentayangan memiliki tujuan lain seperti mencari bayinya yang sudah meninggal.

Sebagai mahkluk yang sangat terkenal dengan keseramannya, Kuntilanak sering dijadikan sebagai Film Horor yang sangat populer di Indonesia dan Malaysia. Film Kuntilanak pertama digelar di Malaysia sekitar tahun 1958. Tidak lama dari itu, Indonesia menggelar Film Horor Kuntilanak yang dilakukan sekitar tahun 1961. Hingga sekarang ini, Film Horor yang berjudul Kuntilanak menjadi salah satu film yang sangat populer dikalangan masyarakat. Sejak tahun 2006, Film Horor Kuntilanak yang di produksi oleh Indonesia merilis 8 Film lain yang dihasilkan dari Cerita Rakyat. Berdasarkan keberhasilannya, Indonesia terus Merilis Film Horor yang berjudul Kuntilanak.