Yuk Ketahui Lebih Dalam Tentang Beatbox, Seni Musik Keren Yang Dihasilkan Dari Mulut

February 14, 2018 17508 Views

Pernah melihat orang yang memainkan musik hip hop dengan menggunakan mulut? Jika pernah, kamu pasti merasa kalau lantunan musik yang dihasilkan dari mulut tersebut terdengar sangat keren sekali karena bisa menyerupai suara musik yang mirip dengan aslinya. Tentunya kamu sudah tahu juga kan kalau hal tersebut dinamakan dengan sebutan “BeatBox”. Beatbox banyak kita jumpai di kalangan para remaja karena memang pada dasarnya mereka adalah mayoritas yang menguasai kebudayaan ini.

Kebanyakan musik beatbox yang dihasilkan sepintas terdengar mirip seperti suara yang dihasilkan oleh beberapa alat musik seperti contohnya Drum, terompet, bahkan bisa juga membuat musik yang terdengar seperti musik yang sering kita dengarkan dari DJ saat acara pesta. Karena itulah beatbox seringkali dikaitkan dengan kebudayaan yang memiliki ikatan dengan budaya Hip Hop.

Berbicara mengenai beatbox, pada artikel kali ini mungkin akan menarik untuk kita bahas hal-hal mengenai beatbox. Untuk itu, yuk kita simak ulasannya berikut ini.

Apa Itu Beatbox

Beatbox bisa dibilang adalah sebuah seni yang mana memfokuskan kita untuk membuat atau memainkan bunyi-bunyi seperti alat musik ritmis misalnya seperti suara ketukan drum, instrumen musik, maupun tiruan dari bunyi-bunyian lainnya, khususnya suara turntable, melalui alat-alat ucap manusia seperti mulut, lidah, bibir, dan rongga-rongga ucap lainnya. Beatbox sudah menjadi sebuah kebudayaan yang banyak sekali diminati di seluruh dunia. Dan kebanyakan orang-orang yang menggandrungi budaya ini adalah orang yang berasal dari kalangan remaja karena mereka menganggap bahwa beatbox merupakan suatu hal yang keren.

Munculnya kebudayaan beatbox ini seringkali dikaitkan dengan budaya hip hop. Untuk yang belum tahu, hip hop adalah sebuah budaya yang merupakan hasil gerakan sebuah kebudayaan yang mulai tumbuh di sekitar era tahun 70an yang mana dikembangkan oleh orang Afro-Amerika dan Latin-Amerika. Beatbox mulai dikenal pada tahun 80an di dunia hip hop. Kata “Beatbox” dapat diartikan sebagai sesuatu yang mengacu pada sebuah mesin drum generasi pertama. Itulah sebabnya mengapa pada saat era kemunculannya, para beatboxer sering dijuluki dengan sebutan “Human Beatbox”.

Beatboxer adalah orang yang mampu untuk mendemonstrasikan segala bentuk bunyi-bunyian secara handal. Seringkali istilah beatbox dikaitkan dengan vokal perkusi dan juga multivokalisme. Walau pada dasarnya sepintas sama, tapi terdapat perbedaan secara umum. Yaitu pada beatbox yang mana letak kebudayaannya berkaitan dengan budaya Hip Hop. Tapi walaupun begitu, nyatanya beatbox tidak hanya terkait pada aliran budaya hip hop saja. Malahan sekarang ini beatbox sudah semakin berkembang dengan memainkan alunan musik yang juga berkembang pada masa sekarang ini.

Seluruh sistem vokal digunakan ketika beatboxers membuat irama dan hal ini mencegah mereka mengembangkan jaringan parut yang biasanya muncul pada pita suara penyanyi. Tak hanya itu, bahkan beberapa teknik yang digunakan beatboxers bisa membantu penyanyi mengatasi stres pada pita suara mereka. Misalnya, menggunakan otot untuk memanjangkan saluran vokal bisa membantu penyanyi mencapai nada yang lebih tinggi.

Sejarah Perkembangan Beatbox

Kebudayaan untuk menirukan suara sudah dikenal oleh masyarakat dunia sejak dahulu kala. Meskipun dapat kita ketahui bahwa budaya imitasi suara ini tidak ada hubungan langsung dengan budaya Hip Hop, tapi seni-seni vokal perkusi seperti musik Bol di India, Kouji di China, maupun teknik vokal perkusi dari Afrika turut menjadi landasan dasar dalam dunia beatboxing. Di Indonesia sendiri terdapat tari kecak yang musik latarnya merupakan paduan dari bunyi-bunyi dari kosakata tertentu.

Perkembangan Beatbox di dalam dunia Hip Hop mulai dikenal pada era tahun 1980-an. Musisi yang menjadi pelopor diataranya Doug E. Fresh, Darren “Buffy” Robinson dari grup The Fatboys, dan Leonardo “Wise” Roman dari Stetsasonic. Doug E Fresh, Darren Robinson, dan Leonardo Roman disebut-sebut sebagai pelopor kemunculan beatbox yang ada di dunia. Atau lebih tepatnya adalah ketiga musisi ini merupakan orang yang dianggap sebagai panutan dari berkembangnya beatbox di dunia. Masing-masing musisi mempelopori ciri khas dan gaya yang berbeda-beda dan menginspirasi generasi beatboxer berikunya. Selain menghasilkan suara ketukan dan ritme, pada era ini musisi Biz Markie juga memperknalkan teknik MCing dan menyanyi yang digabungkan dengan suara perkusi

Jika kita telusuri kembali ke waktu lampau, kita akan menemukan sesuatu di bagian Selatan Perancis antara kisaran tahun 1200 dan 1300, yaitu “the Troubadours” yang mana merupakan para musisi-penyajak. Group ini berkeliling wilayah Perancis yang mana berkelana dan ingin bernyanyi di jalanan untuk bernyanyi sendiri atau pun ditemani sebuah “lute” yaitu instrument semacam kecapi yang juga menjadi cikal bakal gitar akustik modern. Musik mereka berupaya untuk tampil beda dan menampilkan lirik-lirik yang santun atau tema-tema yang religius. Di akhir tahun 1400 dan 1500an, para group akan bernyanyi bersama2, mirip musik barbershop, pengharmonisasian menjadi satu suara. Untuk memperluas music mereka, mereka menukar nada pendek yang tajam, responsif dalam melodi, membuatnya terdengar seperti seluruh band bermain bersamanya. Bahkan, Orang2 Gipsy Perancis ini adalah pertanda awalnya vokal perkusi dalam sejarah.

Pada akhir tahun 1880an, para group kulit hitam (biasanya kuartet) menyanyikan a-capella, yaitu, hanya menggunakan harmonisasi suara mereka sendiri untuk menciptakan musik. Mereka akan menahan lama, nada rendah, yang kita dengar sebagai suara bass dalam beatbox modern. Vokal perkusi digunakan oleh para group kuartet untuk membantu musik mereka mengatur tempo, seperti klik pada lidah dan menarik nafas dalam-dalam hingga nyaring bersuara. Ya, beratus-ratus tahun yang lalu sebelum Kenny Mohammed, musisi barbershop kulit hitam telah lebih dulu menguasai “the inward snares”(teknik penciptaan suara snare dengan menarik nafas). Meskipun vokal perkusi adalah latar belakang dari jenis musik ini, tentu saja hal ini juga menciptakan pengaruh akan timbulnya scatting dan dengungan bass pada alunan jazz, blues, dan musik swing yg berjarak beberapa tahun kemudian.

Pada dekade 1990-an, musisi Beatbox banyak sekali bermuculan dan juga berkonstibusi dalam penyebaran beatbox ke seluruh penjuru dunia. Beatboxer yang cukup tersohor antara lain Vaughan Chadderton, Rahzel, Kenny Muhammad, Babeli, Eklips, Joseph Poolpo, Alem, serta Matisyahu. Perkembangan internet juga memberi dampak positif bagi perkembangan beatbox di seluruh dunia.

Pada tahun 2005, untuk pertama kalinya diadakan kejuaraan beatboxing sedunia di Leipzig, Jerman. Kejuaraan ini diikuti oleh Beatboxer dari seluruh penjuru dunia seperti Tom Thumb dan Joel Turner dari Australia, White Noise dari Irlandia, Roxorloops dari Belgiua, Poizunus dari Kanada, serta Faith SFX dari Inggris. Di akhir kejuaraan, dinobatkanlah Joel Turner dari Australia sebagai pemenang pertamannya. Sedangkan posisi runner-up diberikan kepada Roxorloop dari Belgia.

Pada tahun 2009, kejuaran beatbox dunia ke-2 diselenggarakan oleh Bee Low (petinggi Beatbox Battle) di Berlin, Jerman. Diikuti oleh banyak beatboxer hebat dari seluruh dunia seperti Krnfx dari Kanada, Dharni dari Singapura, Skiller dari Bulgaria, Vahtang dari Rusia, Zede dari Swiss. Final adalah Zede melawan Vahtang dan akhirnya kejuaraan beatbox dunia ke-2 dimenangkan oleh Zede dari Swiss.

Pada 31 Maret 2012 kejuaraan beatbox dunia ke-3 diselenggarakan kembali oleh Beatbox Battle di Berlin, Jerman. Untuk pertama kalinya Indonesia berpartisipasi kejuaraan beatbox dunia yang diikuti oleh Billy BdaBX. Lewat audisi online wildcard pun banyak beatboxer dari Indonesia yang mencoba ikut audisi seperti Lazuandi dari Depok, Jawa Barat. Final kejuaraan beatbox dunia ke-3 ini adalah Skiller dari Bulgaria melawan Alem dari Perancis. Juara beatbox battle dunia ke-3 diambil oleh Skiller dan Alem pada posisi runner up. Meskipun Billy BdaBX dari Indonesia belum memenangkan kejuaraan ini,tapi ini langkah awal yang sangat bagus untuk Indonesia.

Sekarang ini, beatbox sudah banyak sekali mangalami perkembangan dengan banyaknya bermunculan komunitas-komunitas beatbox yang mana mengajak siapapun yang ingin belajar beatbox dan menjadi bagian dari dunia seni beatbox itu sendiri. Hal itu juga bertujuan agar nantinya culture beatbox ini sendiri tidak hilang seiring berjalannya waktu.

Manfaat Beatbox Yang Perlu Kamu Ketahui

Beatbox, selain dikenal karena dianggap keren oleh banyak orang, ternyata kebiasaan ini memiliki manfaat yang bisa dibilang sangat berguna untuk kita. Dan manfaat-manfaat ini bisa kita jadikan landasan untuk kita mempelajari beatbox. Berikut adalah beberapa manfaatnya :

  • Melatih Kesabaran

Beatbox bisa melatih kesabaran? Tentu saja bisa. Kenapa demikian, karena saat kita pertama kali belajar mengenai sesuatu, pastinya membutuhkan proses dan begitu juga saat kita berlatih untuk menguasai kesenian beatbox ini. Untuk melakukan teknik dasarnya saja bisa dikatakan butuh waktu beberapa lama untuk bisa menguasainya sepenuhnya. Dibutuhkan kesabaran untuk kita untuk menguasainya agar bisa sampai ke tahap selanjutnya.

Orang yang selalu menginginkan yang serba instan tidak akan berhasil dalam sesuatu apapun. Karena semua sesuatu itu butuh proses dan sobat harus menikmati proses tersebut. Mau berapa lama proses itu? Seberapa sulit proses itu? Yang terpenting adalah menikmatinya. Dan di dalam belajar beatbox, saat kita sudah menguasai beberapa suara yang bisa kita hasilkan, kita akan merasa sangat kesenangan karena dengan kesabaran kita terus berlatih hingga bisa menguasainya dan hal tersebut membuat kita merasa spesial.

  • Membahagiakan Diri Sendiri Dan Orang Lain

Saat kita tengah merasa sedih, biasanya musik merupakan salah satu solusi yang kita gunakan untuk menghilangkan rasa gundah tersebut. Namun jangan salah, dengan beatbox pun kita juga bisa menghibur atau membahagiakan diri sendiri. Sama halnya seperti ketika kita menyanyi. Saat menyanyi, perlahan kita akan mengikuti alunan lagu dan mulai melupakan rasa sedih yang tengah kita alami. Begitu juga dengan beatbox, disaat galau dan kita mulai membuat sedikit demi sedikit irama beatbox, lama kelamaan kita akan terbawa ke alunan musik yang kita buat dan membuat kita jadi melupakan permasalahan dan kesedihan kita.

Selain untuk diri sendiri, beatbox juga berguna untuk menghibur orang lain. Hal ini biasanya dirasakan oleh orang-orang yang sudah menguasai teknik beatbox. Mereka seringkali diminta untuk melakukan beatbox di hadapan orang-orang disekitarnya untuk menghibur. Dan tentunya beatbox yang dilakukan tentunya mendapatkan apresiasi dari orang yang melihat karena mereka merasa terhibur dengan beatbox tersebut.

  • Mendapatkan Uang

Nah, yang berikut ini pasti tentunya semua orang mau. Nah kamu juga jangan salah, dengan beatbox pun kita juga bisa menghasilkan uang. Bagaimana caranya? Jika kita terus mendalami hobi kita, kita bisa membuat sebuah video dimana kita membuat lantunan irama beatbox kita sendiri kemudian menyebarkannya. Dan jika video kita memiliki respon positif, bukan tidak mungkin bagi kita untuk diundang ke berbagai acara untuk mengisi acara tersebut.

Tak hanya itu, kita juga bisa membuka kursus beatbox, yang mana tentunya kita juga tahu kalau yang namanya kursus tidak mungkin gratis. Kita tidak perlu memasang tarif yang mahal, hanya saja jika ada banyak orang yang kita latih, tentu kita bisa bayangkan sendiri berapa yang bisa kita dapat kan. Namun, alangkah lebih baik lagi kalau kita mengajarkannya dengan sukarela, hehehe.

Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Oleh Beatboxer

Ternyata untuk menjadi seorang beatboxer bukanlah perkara sembarangan. Hal itu karena ada hal-hal yang harus diperhatikan agar nantinya performa kita sebagai beatboxer bisa maksimal. Berikut adalah beberapa hal yang tidak boleh dilakukan oleh seorang beatboxer.

  • Merokok

Hal yang pertama yang semestinya tidak dilakukan oleh para beatboxer adalah merokok. Alasannya adalah karena efek yang ditimbulkan dari rokok ini adalah batuk. Batuk tentunya bisa mengganggu kita terutama saat kita sedang melakukan perform. Dan bisa kamu bayangkan bagaimana saat kita perform malah tiba-tiba di tengah alunan musik yang kita hasilkan malah batuk. Tentunya hal tersebut sangat mengganggu. Dan juga karena merokok bisa menyebabkan nafas kita jadi terengah-engah. Tentunya sebaiknya kita tidak merokok, karena pernafasan sangat penting untuk melancarkan dan menyempurnakan performa kita.

  • Makan Gorengan

Sepertinya untuk pantangan yang satu ini lebih ditujukan untuk beatboxer yang lebih banyak menggunakan suara yang dihasilkan dari tenggorokan. Tentunya kita semua tahu kalau efek dari memakan gorengan salah satunya adalah membuat tenggorokan kita menjadi kering. Hal ini juga terutama bisa menimpa para beatboxer yang lebih pro lagi yaitu beatbox yang dilakukan sambil bernyanyi. Gorengan akan membuat suara beatbox yang dihasilkan menjadi kurang menarik untuk didengar.

  • Deep Throat Yang Berlebihan

Sebenarnya deepth throath bukan lah sesuatu yang berbahaya jika kita mengikuti prosedur latihan yang tepat dan sudah menguasainya dengan benar. Tapi bahayanya adalah saat kita mempelajarinya dengan berlebihan dan terkesan asal-asalan. Kebanyakan orang yang serius untuk belajar teknik ini rata-rata menguasainya dalam jangka waktu 2 Minggu dan kebanyakan dari mereka mengeluh sakit pada tenggorokan. Sebaiknya untuk menguasai teknik ini, jangan terlalu memaksakan agar tidak memberikan efek yang terlalu sakit pada tenggorokan.

  • Muncrat

Nah, kalau yang satu ini pastinya sudah banyak sekali diketahui oleh orang-orang. Beatbox juga terkenal karena banyak orang yang mengatakan kalau beatbox itu memberikan sensasi air liur yang muncrat saat melakukan performa kita. Dan kebanyakan efek tersebut melekat pada mic dan membuat beatboxer lain yang hendak menggunakan mic tersebut menjadi risih. Tentunya dengan hal tersebut kamu mengerti hal apa yang harus dilakukan. Usahakan sebisa mungkin untuk meminimalisir keluarnya air liur ketika sedang melakukan beatbos ini.

Istilah Yang Ada Seputar Beatbox

Ada beberapa istilah beatbox yang perlu kamu ketahui. Hal ini bukanlah hal yang sembarangan karena untuk menjadi seorang beatboxer, kamu harus tahu tentang istilah-istilah yang ada seputar beatbox. Berikut ini telah dirangkum beberapa istilah yang ada seputar beatbox.

  • Jamming

Jamming adalah sebuah istilah yang dipakai ketika Beatboxer berkumpul dan membunyikan Beatbox secara bersamaan dengan tekhnik yang berbeda beda dan membentuk suatu irama.

  • Battle

Istilah battle merupakan istilah yang digunakan ketika seorang beatboxer melawan salah seorang beatboxer lainnya, tetapi dengan cara dan positif dan cara untuk battle Beatbox dengan cara membunyikan beat dalam waktu tertentu dan putaran tertentu dengan cara bergiliran. Battle ini dijadikan sebagai ajang kejuaraan dalam Beatbox.

  • Tempo

Tempo adalah ukuran kecepatan dalam birama lagu. Ukuran kecepatan bisa diukur dengan alat bernama metronome dan alat bernama keyboard. Di dalam keyboard terdapat digital metronome yang bisa berfungsi sebagai pengukur kecepatan dalam birama, misalnya 3/4 atau 4/4.

  • Genre

Genre adalah pengelompokan musik sesuai dengan kemiripanya satu sama lain. Sebuah genre dapat didefinisikan oleh teknik musik, gaya, konteks, dan tema musik. Dalam Beatbox kamu dapat membuat banyak genre, karena Beatbox tidak ada aturanya dengan genre tertentu.

  • Freestyle

Freestyle atau gaya bebas adalah ketika seorang Beatboxer membunyikan beatnya yang mana merupakan hasil dari menyatukan beberapa beat menjadi susunan irama seperti music. Hal ini tentunya akan mudah dilakukan apabila kita sudah menguasai banyak teknik.

Nah, demikianlah ulasan mengenai beatbox ini. Untuk menjadi seorang beatboxer dibutuhkan kesabaran yang tinggi sampai nantinya benar-benar menguasai teknik tertentu dan bisa memulai untuk performing. Ada beberapa pantangan yang harus dihindari agar hasil dari yang dipelajari menjadi sempurna dan tentunya bisa menjadi kepuasan tersendiri untuk kita. Untuk tatacara menjadi seorang beatboxer atau ingin belajar beatbox, sekarang ini sudah banyak beredar di youtube tentang bagaimana belajar beatbox. Terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.