Asal Usul Dan Jenis Makhluk Mitologi

May 31, 2017 10569 Views

Makhluk mistik, mitos atau legendaris adalah makhluk dari mitologi atau cerita rakyat (sering dikenal sebagai makhluk luar biasa dalam literatur sejarah). Contoh makhluk legendaris dapat ditemukan pada abad pertengahan. Banyak makhluk mitos memiliki kekuatan supranatural (beberapa kebaikan, beberapa kejahatan), kekuatan yang bahkan di zaman sekarang tidak memiliki penjelasan fisik.

Dalam kasus ini, makhluk-makhluk tersebut memiliki kesamaan yang lebih mirip dengan makhluk spiritual, seperti malaikat dalam pemikiran religius. Seringkali makhluk legendaris datang untuk melambangkan kejahatan atau kebajikan dan kekuatan kebaikan atau kejahatan. Dalam banyak kasus, keberadaan mereka sebenarnya adalah sekunder dari moral kisah dimana mereka tampil.

Makhluk legendaris sering dimasukkan ke dalam ilmu pengetahuan dan arsitektural. Hal ini terutama terjadi pada mereka yang melambangkan kekuatan besar atau kekuatan lainnya. Di zaman sekarang, banyak makhluk legendaris tampil menonjol dalam fiksi fantasi. Makhluk ini sering diklaim memiliki kekuatan supranatural atau pengetahuan untuk menjaga beberapa objek yang bernilai tinggi.

Makhluk mitos telah menjadi bagian dari budaya manusia sepanjang masa dan di seluruh penjuru dunia. Mereka bukan hanya makhluk “berbicara” akan tetapi hewan ini juga mampu berkomunikasi menggunakan bahasa dan juga agak pintar, seperti pada dongeng Aesop. Makhluk mitos berada di dalam diri mereka melampaui kenyataan normal, seringkali merupakan campuran hewan atau hewan dan manusia. Beberapa makhluk ini mungkin ada di masa lalu dan banyak orang percaya setelah berhasil menemukan fosil dan bukti lain tentang keberadaan mereka sebelumnya. Beberapa, seperti Monster Loch Ness atau Sasquatch yang terus “terlihat” dan dicari sampai hari ini. Sementara asal muasal makhluk luar biasa ini bervariasi dan sering diperdebatkan, mereka telah memainkan peran penting dalam masyarakat sosial.

Asal Usul Makhluk Mitologi

Beberapa makhluk mitos seperti naga atau unicorn berasal dari mitologi tradisional dan pada suatu waktu diyakini sebagai makhluk asli. Mitologi Yunani misalnya, menampilkan banyak makhluk yang terhubung dengan dewa Harpies merupakan seekor binatang yang dikirim oleh Zeus untuk hukuman yang tepat. Dalam mitologi dan cerita rakyat di seluruh dunia tentang “binatang ajaib” memiliki perilaku yang mewakili kekuatan kebaikan dan kejahatan, kebajikan dan kejahatan manusia dan godaan dimana manusia jatuh. Hal ini sering dimasukkan kedalam cerita anak-anak (dongeng) dan sejenisnya, bentuk dari makhluk luar biasa ini dibuat lebih nyata daripada bentuk fisiknya.

Makhluk mitos kerap jadi angan-angan yang terdiri dari dua bagian atau lebih hewan. Beberapa di antaranya adalah kombinasi antara satu manusia atau lebih dengan makhluk lainnya. Misalnya, centaur adalah kombinasi antara pria dan kuda, minotaur pria dan banteng.

Perlu dicatat bahwa ini tidak selalu dimaksudkan untuk dipahami sebagai penjajaran suku cadang dari spesies yang berbeda. Karena tidak memiliki kosakata morfologi umum, ilmuwan klasik abad pertengahan dan pelancong akan mencoba untuk menggambarkan hewan yang tidak biasa dengan membandingkannya dengan yang paling akrab.

Jerapah, misalnya, disebut cameleopard dan dianggap sebagai makhluk setengah unta dan setengah macan tutul. Banyak makhluk mitos memiliki kekuatan supranatural (beberapa kebaikan, beberapa kejahatan), kekuatan yang bahkan di zaman sekarang tidak memiliki penjelasan fisik. Dalam kasus ini, makhluk-makhluk tersebut memiliki kesamaan yang lebih mirip dengan makhluk spiritual, seperti malaikat, dalam pemikiran religius.

Cryptozoology

Cryptozoology (dari bahasa Yunani: κρυπτός, kryptós, “hidden”; ζῷον, zôon, “animal”; dan λόγος, logo, “knowledge” atau “study” cf zoology) adalah pencarian untuk hewan yang diyakini ada, tapi bukti yang pasti hilang. Di antaranya termasuk beberapa makhluk legendaris. Bidang ini juga termasuk pencari hewan yang diyakini punah. Sementara ahli cryptozoolog berusaha memperjuangkan legitimasi, beberapa di antaranya adalah ilmuwan yang dihormati di bidang lain dan penemuan hewan yang sebelumnya sering tidak diketahui oleh publik, bagaimanapun cryptozoology belum sepenuhnya dianut oleh komunitas ilmiah.

Sebagian besar kritik dari arus utama sains diarahkan pada pendukung keberadaan “kriptida” yang lebih dikenal (seperti Bigfoot, Yeti dan Monster Loch Ness), yang keberadaannya tetap tidak terbukti, meskipun banyak pengamatan yang melihat dan dianggap sangat tidak mungkin oleh Ilmuwan, ahli biologi dan ahli zoologi. Bahkan, banyak dari penampakan makhluk tersebut yang dibuat Hoax, yang membuat cryptozoology tidak dipercaya.

Jenis Makhluk Mitologi

Ada banyak jenis makhluk mitos, berikut adalah pembagian utama dengan beberapa contoh masing-masing.

  • Burung dan Naga

Basilisk

Paling sering digambarkan sebagai reptil, basilisk ini terkenal sebagai raja ular. Salah satu yang paling ditakuti dari semua binatang mitologis, sebuah basilisk dikatakan memiliki kekuatan untuk menyebabkan kematian dengan penglihatan tunggal. Dalam aspek ini, ia memiliki kemiripan dengan Gorgons mitologi Yunani.

Naga cina

Hal ini muncul di budaya Asia Timur lainnya, kadang juga disebut naga Oriental (atau Timur). Naga Cina mudah dikenali karena tubuhnya yang berkepala panjang yang pada umumnya tidak bersayap dengan wajah yang antropomorfi lengkap dengan jenggot. Naga oriental umumnya dianggap sebagai simbol supranatural atau spiritual dari kekuatan surgawi.

Naga

Biasanya digambarkan sebagai Ular besar dan kuat atau reptil lainnya dan memiliki kualitas magis atau spiritual, yang paling terkenal adalah kemampuan untuk mengeluarkan api dari mulut mereka. Naga sering dianggap jahat karena memiliki kekuatan supranatural jahat dan musuh alami manusia.

Feng-huang

Kadang-kadang disebut Chinese Phoenix, feng-huang adalah simbol keseimbangan musim panas dan spiritual dan naga, qilin dan kura-kura adalah salah satu makhluk penghormatan paling tinggi dalam tradisi Cina. Tampilannya dikatakan menunjukkan suatu peristiwa besar atau untuk memberi kesaksian akan kehebatan seorang penguasa. Hal ini sering dipandang sebagai persatuan suci laki-laki dan perempuan, Feng adalah laki-laki dan Huang perempuan, tetapi juga Feng-Huang dapat dianggap sebagai entitas perempuan sehubungan dengan naga laki-laki.

Firebird

Dalam cerita rakyat Slavia, Firebird adalah burung bersinar ajaib dari tanah yang jauh. Biasanya digambarkan sebagai burung besar dengan bulu megah yang bersinar terang memancarkan cahaya merah, oranye dan kuning, Firebird merupakan berkah sekaligus pembawa bencana bagi penculiknya. Bulu Firebird terus menyala saat dilepas dan mampu memberikan cahaya untuk ruangan yang besar. Dengan demikian, Firebird sangat berharga dan sering menjadi objek pencarian yang sulit dalam dongeng.

Phoenix

Ditandai seperti burung dengan bulu yang berwarna cerah, setelah kehidupan yang panjang phoenix meninggal dalam api buatannya sendiri hanya untuk bangkit dari abu.

Ziz

Merupakan seekor burung raksasa dalam mitologi Yahudi, ziz adalah mitra Behemoth (raksasa makhluk darat) dan Leviathan (raksasa makhluk air) di udara. Ziz dikatakan cukup besar sehingga bisa menghalangi sinar matahari dengan lebar sayapnya.

Monster danau

Rakasa danau atau monster rakasa adalah nama yang diberikan pada binatang besar tak dikenal yang konon pernah terlihat dan diyakini tinggal di daerah segar, walaupun keberadaan mereka tidak pernah dikonfirmasi secara ilmiah. Mereka umumnya diyakini tidak ada oleh zoologi konvensional dan sekutu ilmu yang pada prinsipnya adalah subjek penyelidikan oleh pengikut cryptozoology. Penampakannya sering mirip dengan monster laut.

Monster danau yang terkenal meliputi:

  • Champ dari Danau Champlain di Amerika Utara
  • Bessie dari Danau Erie di Amerika Serikat
  • Chessie dari Chesapeake Bay di Amerika Serikat
  • Ogopogo dari Danau Okanagan di Kanada
  • Nahuelito dari Nahuel Huapi Lake di Argentina
  • Danau Tianchi Monster of Heaven Lake (dikenal sebagai Tianchi (天池) dalam bahasa China dan Chonji (천지) dalam bahasa Korea) di perbatasan China dan Korea Utara
  • Isshii dari Danau Ikeda di Jepang
  • Brosno naga Danau Brosno di Rusia
  • Mokele-mbembe di Sungai Kongo di Kongo

Makhluk Mengerikan

Behemoth

Behemoth adalah monster primitif yang tak terkalahkan di negeri ini, karena Leviathan adalah monster prima perairan laut dan Ziz monster primordial di langit. Ada sebuah legenda bahwa Leviathan dan Behemoth akan mengadakan pertempuran di akhir dunia. Keduanya akhirnya akan saling membunuh dan orang-orang yang masih hidup akan berpesta dengan daging mereka.

Leviathan

Leviathan adalah monster laut Alkitabiah, yang disebut dalam bagian-bagian dari Perjanjian Lama. Hal ini dianggap sebagai monster air, sedangkan Behemoth dan Ziz dianggap sebagai monster di bumi dan udara.

Chimera dan Hibrida

Dalam mitologi Yunani, Chimera adalah makhluk mengerikan yang terdiri dari beberapa binatang yang berbeda. Hibrida lainnya ada sebagai kombinasi manusia dengan hewan atau burung, serta berbagai makhluk humanoid.

Makhluk Mitologi Berupa Hewan

Catoblepas

The catoblepas adalah makhluk legendaris dari Ethiopia, yang pertama dijelaskan oleh Pliny the Elder dan kemudian oleh Claudius Aelianus. Kepalanya selalu mengarah ke bawah, maka namanya berarti “melihat ke bawah” dalam bahasa Yunani. Makhluk itu dikatakan memiliki kepala babi dan tubuh kerbau dengan sisik di punggungnya. Tatapan atau napasnya bisa mengubah orang menjadi batu atau membunuh mereka. Catoblepas sering dianggap didasarkan pada pertemuan kehidupan nyata dengan rusa kutub.

Griffin

Griffin memiliki tubuh singa dan kepala dan sayap seekor elang. Terlihat sebagai penjaga kekayaan yang terkubur diam-diam, griffin berevolusi dari binatang buas kuno hingga menjadi simbol kekuatan dan keberanian.

Hippogriff

Hippogriff adalah makhluk legendaris chimeric, yang diduga merupakan keturunan seekor griffin dan seekor kuda, khususnya seekor griffin laki-laki dan seekor kuda betina (kuda betina).

Pegasus

Pegasus adalah kuda bersayap terkenal dari mitologi Yunani. Mengendarai Pegasus Bellerophon mampu mengalahkan chimera. Namun, Bellerophon mencoba terbang ke Gunung Olympus, wilayah para Dewa di punggung Pegasus. Pegasus melempar Bellerophon dari punggungnya untuk perilaku menghujat seperti itu dan dianugerahi tempat sendiri di Gunung Olympus.

Unicorn

Unicorn, biasanya digambarkan dengan tubuh kuda, tapi dengan tanduk spiral tunggal yang tumbuh dari dahi yang salah satu binatang mitos paling dihormati sepanjang masa. Muncul di berbagai budaya, unicorn telah menjadi simbol kemurnian dan keindahan yang merupakan salah satu dari sedikit makhluk mitos yang tidak terkait dengan kekerasan, bahaya dan ketakutan.

Semoga artikel diatas bermanfaat dan menjadi jawaban dari pertanyaan yang mungkin terlintas dipikiran anda.