Inilah Hal Yang Akan Terjadi Jika Asteroid Menghantam New York

March 22, 2017 1831 Views

Mungkin Anda sering mendengar kata asteroid, akan tetapi tidak tau dan tidak mengerti apakah benda itu berbahaya atau tidak. Kali ini kita akan membahas tentang dampak negatif apa saja yang bisa terjadi jika sebuah asteroid menabrak bumi.

Studi melakukan pengamatan menggunakan data dari NASA 

Dalam beberapa bulan terakhir, para astronom telah memberitahu kepada dunia bahwa beberapa asteroid dalam berbagai ukuran whizzed akan menyerempet melewati bumi. Walaupun semua benda-benda terbang pada jarak yang aman, tapi masih ada ratusan ribu yang belum diidentifikasi yang mengakibatkan banyak orang bertanya. Menggunakan data dari pengamatan NASA objek dekat bumi, sebuah studi baru mengungkapkan skenario menakutkan yang akan terjadi jika ruang batu besar akan membanting sebuah kota besar di Amerika Serikat yang bisa mengakibatkan jutaan kematian dan cedera sepanjang ratusan mil disekitar kejadian.

Para peneliti menganalisis lebih dari 36.000 pendekatan dari database Near Earth Object (NEO) NASA untuk mengetahui benda terbesar dan paling dekat yang lewat dalam beberapa kali. Tim Insurance Quotes menggunakan kalkulator untuk menentukan dampak energi dari NEOS dan kemudian akan diubah ke megaton TNT.

Sebuah objek  dengan lebar 328 kaki  akan menyebabkan kematian lebih dari 2,5 juta di NYC

Pada bulan Februari, objek dengan lebar 328 kaki yang dijuluki dengan 2013FK melewati bumi dengan aman yang diperkirakan akan datang sekitar 2021. Sementara objek ini tidak dianggap sebagai risiko, akan tetapi tabrakan dengan sesuatu yang memiliki ukuran yang sama akan memiliki pengaruh yang sangat buruk. Menurut study, jika sebuah asteroid ukuran 2013FK membanting New York City, akan ada lebih dari 2,5 juta korban.

Bangunan yang berada di sekitar 2.14 akan diratakan dengan radius runtuh yang membentang lebih dari 4.5 mil.
Bola api sendiri memiliki radius yang berpengaruh sekitar 1.36 mil dan radiasi akan meregangkan untuk 1,84 mil di setiap arah.

Bahkan orang-orang yang jauhnya berjarak 12.05 mil akan merasakan efek dari radiasi termal, yang berarti mereka di Yonkers, Queens dan Newark bahkan bisa mengalami luka bakar pada kulit. Jika objek yang lebih besar datang menyerang, seperti objek yang berpotensi berbahaya memiliki lebar 984 kaki 2015 BN509 yang melintasi bumi kita bulan lalu hanya 14 kali jarak antara planet dan bulan, efek ini bisa menjadi bencana.

Jika sebuah objek dengan lebar 984 kaki memukul San Francisco akan menelan 7 juta korban

Dalam skenario yang dibayangkan dalam penelitian ini, setengah dari dampak ini akan terjadi di atas Samudera Pasifik. Hal ini akan menghasilkan tsunami besar yang bisa menghapus daerah pesisir. Para peneliti menemukan radius bola api yang lebih dari 8 mil memiliki dampak sangat besar di San Francisco yang menyebabkan kematian lebih dari 7 juta. Dampak radiasi akan mengancam daerah sampai dengan 9.39 mil dan akan meratakan bangunan dari situs 26 mil. Radiasi akan berkepanjangan sampai 2.17 mil yang berpengaruh pada Reno dan danau Tahoe.

Tim juga mengidentifikasi lima benda terdekat yang akan lewat tahun ini yang mungkin datang sebagai penegas, bahwa semua itu sudah terjadi pada bulan Februari dan Maret. Tapi diperkirakan masih ada sekitar 300.000 NEOS yang berpotensi berbahaya dengan lebar lebih dari 40 meter dan belum diidentifikasi.

NASA merencanakan misi ambisius untuk mengunjungi asteroid dengan sebuah pesawat robot ruang angkasa yang dapat menciptakan orbit dasar untuk astronot. NASA berencana untuk mempelajari asteroid selama sekitar satu tahun dan uji teknik defleksi bahwa suatu hari mungkin diperlukan untuk menyelamatkan bumi dari tabrakan berpotensi bencana. Berbagai teknik untuk membelokkan asteroid yang berpotensi berbahaya bisa diuji pada Arm untuk mengaktifkan kemampuan pertahanan planet.

Teknik ini meliputi Ion Beam Deflection, Enhanced Gravity Tractor dan impactors kinetik. Dalam Ion Beam Deflection, bulu dari pendorong akan diarahkan asteroid untuk mendorong permukaannya di wilayah yang luas. Sebuah tembakan dalam arah yang berlawanan akan diperlukan untuk menjaga pesawat ruang angkasa pada jarak konstan dari asteroid.

Dalam pendekatan Gravity Tractor Enhanced, pesawat ruang angkasa pertama akan mengambil batu dari permukaan asteroid seperti dalam misi Opsi B. Pesawat ruang angkasa dengan batu yang dikumpulkan kemudian akan mengorbit dalam lingkaran melingkar di sekitar vektor kecepatan asteroid. Massa batu ditambah dengan massa dari pesawat ruang angkasa yang meningkatkan daya tarik gravitasi antara pesawat ruang angkasa dan asteroid. Dengan pesawat terbang ruang angkasa dalam formasi dekat dengan asteroid selama beberapa bulan gaya gravitasi yang sangat kecil akan menghasilkan perubahan terukur dalam lintasan asteroid. Sebuah penabrak kinetik juga dapat diluncurkan sebagai muatan sekunder dengan pesawat ruang angkasa atau pada kendaraan peluncuran terpisah dan itu akan berbenturan dengan asteroid target pada kecepatan tinggi sementara pesawat ruang angkasa akan mengamati dampaknya.

Gimana guys, sekarang Anda sudah taukan dampak apa saja yang bisa diakibatkan oleh asteroid. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan Anda.