Jenis, Gejala, Penyebab Dan Mencegah Katarak

February 13, 2017 2810 Views

Katarak adalah suatu penyakit mata yang sangat sering dialami oleh banyak orang terutama pada orang tua. Katarak merupakan penyakit mata yang dikatakan sebagai penyakit yang sangat serius karena dapat menyebabkan masalah penglihatan yang biasanya menyerang orang dengan usia 40 tahun. Mengapa Katarak dikatakan sebagai penyakit yang cukup berbahaya? Karena Katarak dapat mengalami kebutaan bagi penderitanya.

Di Amerika, Penyakit Katarak sudah sangat sering terjadi dengan jumlah penderita sekitar 22juta orang yang berusia 40 tahun. Berdasarkan penelitian yang ada dan banyaknya penduduk Amerika yang berusia 40 tahun akan mengalami penyakit tersebut dan akan bertambah dari 22 juta hingga 30 juta pada tahun 2020.

Jenis penyakit katarak

Katarak Subcapsular. Ini sering menyerang belakang Lensa. Orang yang mengalami penyakit Diabetes dan sering mengkonsumsi obat-obatan dengan dosis yang tinggi sangat mudah sekali terkena penyakit jenis ini.

Katarak Nuklir. Katarak jenis ini biasanya terletak pada bagian tengah lensa mata. Ini sangat sering terjadi pada orang yang berusia tua.

Katarak Kortikal. Jenis lain dari penyakit Katarak adalah Katarak Kortikal. Katarak ini biasanya menyerang pinggiran lensa mata atau keliling Korteks lensa.

Gejala dan tanda-tanda Katarak

Pada pertumbuhan Katarak yang masih kecil, Ini mungkin sedikit gangguan pada penglihatan seperti pandangan agak sedikit kabur. Contohnya melihat gelas dan lukisan akan terasa kabur.

  • Melihat seseorang tidak seperti biasanya seperti penglihatan Normal.
  • Penglihatan Kabur.
  • Jika melihat cahaya, Mata akan terasa silau. Contohnya, Jika berkendara pada malam hari mata akan silau melihat cahaya dari pada mata yang normal.

Jenis Katarak yang dialami akan sangat mempengaruhi mata dari seberapa cepatnya perkembangan Katarak. Apabila Katarak nuklir lebih dulu terjadi, pandangan mata akan berkurang dan harus melihat dengan jarak yang sangat dekat.

Jika anda mengalami gangguan pada mata atau akan mengalami penyakit katarak seperti apa yang telah dijelaskan diatas, Bersegeralah mengunjungi Dokter mata untuk melakukan pemeriksaan.

Penyebab katarak

Lensa mata berfokus pada penglihatan yang jelas. Mata yang sehat akan melihat hal-hal dengan sangat jelas walaupun dari jarak dekat maupun jarak jauh.

Untuk memiliki lensa mata yang sehat, Protein dan Air adalah bahan utama yang sangat penting pada mata. Konsumsi Makanan yang mengandung Protein merupakan cara yang sangat tepat untuk memperjelas penglihatan mata.

Jika kurangnya asupan Protein pada tubuh, Bagian tubuh terutama mata akan sangat mudah terkena Katarak. Jika mata memiliki bintik kecil berwarna putih, itu adalah Katarak. Bintik kecil tersebut akan tumbuh menjadi besar sehingga mata akan sulit untuk melihat dengan Normal.

Penyakit Katarak dikatakan sebagai penyakit serius yang dapat menyerang mata dan tanpa ada yang mengetahui kapan itu akan terjadi. Untuk itu, Disini kami akan membantu anda untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat menyebabkan katarak atau perkembangan katarak.

  • Radiasi sinar Matahari
  • Diabetes
  • Hipertensi
  • Obesitas
  • Rokok
  • Konsumsi obat berlebihan
  • Pernah mengalami luka pada mata
  • Pernah operasi Mata
  • Terapi Hormon
  • Konsumsi alkohol berlebih
  • Myopia tinggi
  • Keturunan

Banyak teori yang menyatakan bahwa timbulnya Katarak pada mata karena disebabkan oleh perubahan oksidatif lensa mata. Berdasarkan para ahli Nutrisi, Buah dan Sayur yang mengandung Antioksidan tinggi sangat membantu dalam mencegah munculnya Katarak.

Pencegahan katarak

Penyakit yang dapat menyerang Mata dengan apa yang dikenal Katarak mengundang Kontroversi atas pencegahan Katarak. Ini mengakibatkan para ahli Gizi dan Nutrisi menyatakan resiko Katarak dapat dicegah.

Banyak dari para ahli kesehatan yang Profesional menyatakan bahwa Konsumsi makanan yang kaya akan Vitamin E, Karotenoid Lutein dan Zeaxantin sangat baik untuk mengurangi Resiko terkena Katarak.

Makanan yang kaya kan Vitamin E seperti Biji bunga matahari, Almond dan Bayam. Serta makanan yang banyak mengandung Lutein dan Zeaxanthin adalah Bayam, Kale dan juga Sayuran yang berdaun hijau.

Peneliti lain juga mengungkapkan Makanan yang banyak mengandung Vitamin C tinggi dan juga makanan yang mengandung Omega-3 serta asam lemak juga sangat berpengaruh mengatasi Resiko Katarak.

Langkah lain yang dapat Anda ambil untuk mengurangi risiko katarak adalah untuk mengenakan kacamata pelindung untuk sinar Matahari langsung ketika Anda berada di luar ruangan.

 

Oke Sahabat, Dengan apa yang  telah kami sajikan untuk anda mengenai Katarak,  semoga berguna dan bermanfaat bagi anda. Selalulah menjaga kesehatan dengan Konsumsi makanan  seperti Buah dan sayur yang baik terutama untuk mata seperti apa yang telah dijelaskan diatas.