Penjelasan Proxy, Server Penghubung Antara Komputer Dan Jaringan Internet

March 9, 2018 10753 Views

Jika membahas hal mengenai komputer, tentunya tidak akan pernah ada habisnya. Hal itu terjadi karena komputer bisa dikatakan merupakan sebuah teknologi yang mengalami perkembangan yang sangat pesat dan tidak ada habisnya. Komputer sendiri seperti yang kita tahu sekarang ini sudah menjadi sebuah perangkat elektronik yang wajib untuk digunakan bahkan di hampir setiap kegiatan yang menyangkut tentang pekerjaan.

Di dalam penggunaan komputer, terdapat satu hal yang seakan akan juga tidak bisa dilepaskan dari perangkat ini. Ya, hal yang dimaksudkan tersebut adalah jaringan internet. Internet sekarang ini bisa dibilang merupakan salah satu kebutuhan yang memang harus tepenuhi bagi setap individu.

Dalam proses menjelajah internet, biasanya alamat ip yang dimiliki oleh komputer kita akan terlihat pada website yang tengah kita kunjungi. Hal tersebut bisa menyebabkan hal yang tidak kita inginkan. Misalnya saja, melalui ip tersebut komputer kita bisa disalahgunakan oleh orang lain seperti menyebarkan virus hingga mengambil data-data yang ada dalam komputer kita.

Biasanya, untuk melindungi agar alamat ip kita tidak bisa dilihat atau disembunyikan adalah dengan menggunakan proxy pada jaringan yang kita gunakan. Proxy bisa berguna sebagai sebuah jembatan yang membatasi komputer kita secara pribadi dengan internet.

Nah, sebenarnya apa yang dimaksud dengan proxy ini? Apa fungsi dan dan manfaat serta kelemahan proxy di dalam sebuah jaringan? Untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasan mengenai proxy berikut ini.

Apa Itu Proxy

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai proxy, ada baiknya bagi kita untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai apa yang dimaksud dengan proxy ini. Proxy merupakan salah satu jenis server. Proxy merupakan sebuah server yang berfungsi untuk meneruskan permintaan dari client dengan memanfaatkan tunneling (Pembungkusan alamat IP) menggunakan IP dari server pada saat hendak terhubung ke internet.

Proxy server dapat digunakan sebagai web cache, artinya server dapat menyimpan history pengunjung sehingga mempercepat proses akses terhadap suatu website. Selain itu, proxy server mampu menjadi parental control yang berfungsi sebagai filter terhadap suatu content. Proxy mempunyai peran yang sangat penting dalam jaringan komputer karena dengan adanya proxy server dapat memberikan mem-blok atau menfilter website tertentu, atau bisa juga digunakan untuk menyembunyikan alamat ip address.

Web server yang menerima request dari proxy server akan menginterprestasikan request-request tersebut seolah-olah request tersebut datang langsung dari komputer klien, bukan dari komputer server. Proxy server juga dapat digunakan untuk mengamankan jaringan pribadi yang dihubungkan ke sebuah jaringan publik.

Proxy server memiliki lebih banyak fungsi daripada router yang memiliki fitur packet filtering karena memang proxy server beroperasi pada level yang lebih tinggi dan memiliki kontrol yang lebih menyeluruh terhadap akses jaringan. Proxy menyediakan sumber daya baik dengan menghubungkan ke server tertentu atau dengan melayani dari cache. Dalam beberapa kasus, proxy dapat mengubah permintaan klien atau respon server untuk berbagai tujuan.

Secara sederhana, proxy merupakan sebuah server komputer yang berfungsi meneruskan permintaan pengguna ke server lain di internet. Dengan kata lain, proxy server ini merupakan penghubung antara komputer pribadi dengan jaringan internet. Proxy sendiri memiliki beberapa macam kegunaan, antara lain :

Untuk menyembunyikan alamat IP komputer klien/pengguna, sehingga siapapun bisa berselancar secara anonim tanpa meninggalkan jejak alamat IP di halaman website yang dikunjungi. Misalnya, jika seorang klien mengunjungi Google melalui server proxy, maka Google akan melihat bahwa yang mengunjunginya merupakan proxy server, bukan si klien, sehingga Google pun tidak dapat melacak posisi klien pengguna tersebut.

Berselancar lebih cepat di internet. Semua permintaan dari komputer klien akan mencapai proxy server terlebih dahulu. Kemudian proxy akan mengecek apakah halaman web yang dikunjungi pengguna tersebut sudah memiliki caching yang tersimpan atau belum. Jika ada, maka client akan mendapatkan feedback dari data caching tersebut, sehingga klien dapat berselancar lebih cepat di internet.

Untuk memblokir situs yang tak diinginkan. Misalkan untuk jaringan internet di perkantoran, agar pekerja di kantor tersebut tidak memanfaatkan internet untuk bermain media sosial dan menonton, maka beberapa situs bisa dimasukkan dalam blacklist proxy sehingga tidak dapat diakses melalui jaringan kantor tersebut.

Jenis – Jenis Proxy

Seperti yang sudah dijelaskan pada ulasan mengenai pengertiannya di atas, proxy merupakan sebuah server yang mana merupakan pihak ketiga yang menghubungkan antara komputer kita dengan jaringan internet. Nah, proxy ternyata memiliki beberapa jenis yang berbeda. Berikut ini adalah penjelasan mengenai beberapa jenis proxy yang ada.

Transparent Proxy

Jenis proxy yang pertama adalah transparent proxy. Ini merupakan jenis server proxy yang mengidentifikasi dirinya sebagai server proxy dan juga membuat alamat IP asli tersedia melalui http header. Ini umumnya digunakan untuk kemampuan mereka untuk website cache dan tidak secara efektif memberikan anonimitas apapun untuk mereka yang menggunakannya.

Namun, penggunaan proxy transparan akan membuat kamu terkena IP Banned. Ini transparan dalam hal alamat IP kamu terlihat publik, bukan transparan dalam istilah yang kamu tidak tahu bahwa kamu menggunakannya (sistem kamu tidak secara khusus dikonfigurasi untuk menggunakannya).

Proxy jenis ini merupakan jenis proxy yang akan memberitahukan informasi komputer pengguna. Ketika pengguna melakukan request dari sebuah website, maka website tersebut akan mengetahui alamat IP proxy yang digunakan oleh pengguna, namun tidak mengetahui alamat IP pribadi dari pengguna. Karena server website tidak bisa mengakses alamat IP pengguna, maka komunikasi antara pengguna dan proxy server tersebut terenkripsi sehingga keamanan pun terjamin.

Anonymous Proxy

Jenis proxy yang kedua adalah anonymous proxy. Proxy jenis ini merupakan jenis proxy yang akan memberitahukan informasi komputer pengguna. Jenis server proxy ini mengidentifikasi dirinya sebagai server proxy, akan tetapi proxy jenis ini tidak membuat alamat IP yang asli tersedia. Jenis server proxy bisa terdeteksi, akan tetapi memberikan anonimitas wajar bagi sebagian besar pengguna.

Ketika pengguna melakukan request dari sebuah website, maka website tersebut akan mengetahui alamat IP proxy yang digunakan oleh pengguna, namun tidak mengetahui alamat IP pribadi dari pengguna. Karena server website tidak bisa mengakses alamat IP pengguna, maka komunikasi antara pengguna dan proxy server tersebut terenkripsi sehingga keamanan pun terjamin.

Distorting Proxy

Distorting proxy merupakan jenis server proxy yang mengidentifikasi dirinya sebagai jenis server proxy yang membuat alamat IP seseorang yang terlihat tetapi bukan IP asli, itu hanya sebuah rekayasa. Sedangkan IP asli tersedia melalui hhtp header.

Jenis proxy yang satu ini tidak mengidentifikasi dirinya sebagai proxy server, sehingga tidak menyediakan alamat IP original. Proxy jenis ini menggunakan header REMOTE_ADDR dengan sebuah alamat IP menuju proxy server, sehingga dari pengguna akan terlihat bahwa proxy servernya berperan sebagai klien.

Reverse Proxy

Jenis proxy yang satu ini umumnya digunakan untuk menyediakan jalan atas berbagai permintaan pengguna dari internet, melalui sebuah firewall yang terisolasi dan jaringan pribadi. Reverse proxy banyak digunakan untuk mencegah klien pada internet terhubung dengan akses yang tak termonitor, yang melibatkan data sensitif konten dari sebuah jaringan yang tertutup seperti intranet. Jika caching pada reverse proxy diaktifkan, maka traffic jaringan juga dapat diturunkan.

Fungsi Proxy

Proxy memiliki beberapa fungsi yang tentunya sangat berguna pada sebuah jaringan komputer. Berikut ini adalah beberapa fungsi yang dimiliki oleh proxy.

  • Connection sharing

Proxy bertindak sebagai gateway yang menjadi pembatas antara jaringan lokal dengan jaringan luar. Gateway bertindak juga sebagai sebuah titik dimana sejumlah koneksi dari pengguna lokal dan koneksi jaringan luar juga terhubung kepadanya. Oleh sebab itu, koneksi dari jaringan lokal ke internet akan menggunakan sambungan yang dimiliki oleh gateway secara bersama-sama (connecion sharing).

Proxy berfungsi untuk menghubungkan (connecting) dan berbagi (sharing). Artinya, dengan adanya proxy, maka sebuah alamat IP komputer pengguna dapat terhubungkan dengan alamat IP lainnya, juga dapat menjadi perantara untuk berbagi data antar dua alamat IP. Dalam fungsi connecting sharing, sebuah proxy dapat menjadi sebuah gerbang yang membatasi jaringan lokal dan jaringan luar. Dengan fungsi connection sharing, maka sebuah komputer sangat mungkin untuk terhubung dari jaringan lokal ke jaringan internet dengan menggunakan sambungan gerbang tersebut.

  • Filtering

Beberapa jenis proxy juga dilengkapi dengan firewall yang fungsinya untuk menyaring alamat IP yang tidak diinginkan, bahkan memblokirnya untuk mencegah terjadinya kerusakan pada komputer. Untuk fungsi filtering, proxy bekerja pada layer aplikasi, untuk melindungi jaringan lokal dari berbagai macam serangan dan gangguan yang mungkin masuk dari jaringan luar. Untuk menolak alamat IP tertentu di suatu waktu, pengguna komputer dapat melakukan konfigurasi pada proxy. Fungsi filtering ini juga dapat diatur atau dikonfigurasi untuk menolak akses terhadap situs web tertentu dan pada waktu-waktu tertentu juga.

  • Caching

Caching artinya proses untuk sebuah proxy menyimpan data yang sudah pernah diminta oleh pengguna saat browsing di internet. Misalnya, saat kita membuka suatu website yang terdapat gambar dan objek di dalamnya, maka data gambar dan objek tersebut akan disimpan proxy dalam bentuk cache.

Adanya media penyimpanan data suatu web pada proxy membuat pengguna lebih cepat untuk mengakses website tersebut, terutama jika pada pemakai proxy sebelumnya sudah terdapat permintaan akses untuk website tersebut. Sebuah proxy server mempunyai mekanisme penyimpanan obyek-obyek yang telah diminta dari server-server yang ada di internet. Dengan mekanisme caching ini maka akan menyimpan objek-objek yang merupakan berbagai permintaan/request dari para pengguna yang di peroleh dari iternet.

Manfaat Proxy

Setelah mengetahui fungsi yang dimiliki oleh proxy, kita juga perlu tahu bahwa dengan menggunakan proxy kita akan mendapatkan manfaat yang tentunya menguntungkan kita di dalam penggunaan sebuah jaringan internet. Berikut ini adalah manfaat yang didapatkan dari penggunaan proxy dalam sebuah jaringan.

  • Mengakses Sebuah Situs Menjadi Lebih Cepat

Salah satu contoh manfaat yang kita dapatkan dari menggunakan proxy adalah kita bisa mengakses sebuah situs yang telah atau yang pernah kita kunjungi menjadi lebih cepat. Akses internet akan menjadi lebih cepat, terutama pada website yang sudah pernah dibuka sebelumnya.

Dengan menggunakan proxy server, seluruh konten dan juga isi dari aplikasi intenet akan menjadi lebih cepat untuk ditampilkan. Kemudian hal ini akan berpengaruh kepada akses internet itu sendiri yang menjadi lebih cepat dan dapat terhindar dari kegagalan loading konten.

  • Keamanan Jaringan Yang Lebih Baik

Manfaat yang berikutnya dari penggunaan proxy dalam sebuah jaringan adalah kita mendapatkan keamanan jaringan yang lebih baik dan juga terjaga. Hal ini sangat erat pula kaitannya dengan fungsi filtering dari sebuah proxy server. Dengan adanya filtering pada proxy server, maka setiap konten website atau aplikasi internet akan menjadi lebih aman dan juga mudah untuk diakses.

Fitur ini juga memungkinkan agar komputer atau device terhindar dari gangguan malware dan juga virus yang bertebaran pada jaringan internet. Cara menjaga keamanan jaringan komputer salah satunya adalah dengen menggunakan proxy server guna menyaring informasi yang masuk dan keluar. Sehingga user dengan mudah mengakses internet tanpa perlu khawatir data apapun akan tersebar dengan mudah.

  • Pemblokiran Terhadap Situs Tertentu

Proxy juga banyak digunakan untuk melakukan pemblokiran terhadap situs-situs tertentu. Saat ini, jenis situs yang sifatnya pronografi, serta SARA sudah banyak diblokir dan juga filter berkat fungsi filtering yang ditawarkan oleh proxy server. Jadi, proxy server sangat bermanfaat bagi user yang memang membutuhkan fitur koneksi internet yang bebas dari konten konten buruk dan juga tidak pantas, sehingga dapat digunakan oleh semua orang.

  • Meningkatkan Kinerja Jaringan Internet

Manfaat yang selanjutnya adalah kinerja jaringan internet yang terbilang meningkat dengan menggunakan proxy. Dengan penggunaan bandwith yang lebih sedikit dan juga pengaksesan informasi serta data yang tidak harus langsung terkoneksi dengan web server, maka efektivitas dan juga kinerja dari jaringan internet yang akan kita akses akan menjadi lebih baik. Setiap gambar, objek dan juga konten akan lebih mudah untuk ditampilkan dan dapat mengurangi resiko adanya gambar atau konten yang tidak tampil.

  • Mengurangi Penggunaan Bandwith

Nah, untuk manfaat yang berikutnya bisa dibilang menghapuskan kekhawatiran kita soal kuota internet. Bagi kamu yang mungkin sering khawatir dengan kuota internet yang tipis, maka dengan adanya proxy server ini, user pasti akan sangat terbantu. Setiap situs yang sudah pernah kamu kunjungi sebelumnya, akan disimpan dalam proxy server dalam proses caching. Maka dari itu, ketika akan mengunjungi situs yang sama, proxy server akan menyediakan konten yang sudah pernah kamu akses sebelumnya, sehingga tidak perlu melakukan request langsung ke web server.

Kelemahan Proxy

Dari segudang fungsi dan manfaat yang didapatkan dari proxy, bukan menjadi jaminan bahwa penggunaan proxy tidak memiliki kelemahan. Berikut ini adalah beberapa kelemahan yang dimiliki oleh proxy.

  • Akses Internet Lambat

Jika pada manfaatnya kita bisa mengakses situs atau laman web yang sudah pernah kita buka dengan lebih cepat, namun hal sebaliknya berlaku pada situs web yang belum pernah kita buka atau kunjungi. Kelemahan penggunaan proxy server adalah kecepatan akses menjadi lebih lambat pada situs dan juga aplikasi internet yang baru digunakan, dan belum pernah digunakan sebelumnya.

Hal ini disebabkan karena request jaringan akan berlangsung lebih panjang, dimana ketika user melakukan request maka proxy server akan melihat dan menganalisa request terlebih dahulu dan baru kemudian proxy server menyambungkan ke web server. Setelah web server merespon, konten akan berhenti di proxy server telebih dahulu untuk proses caching, filtering dan juga fungsi lainnya. Kemudian barulah konten masuk ke aplikasi internet milik user yang telah diminta sebelumnya.

  • Konten Yang Tidak Sengaja Terblokir

Kelemahan proxy yang berikutnya adalah adanya konten yang secara tidak sengaja terblokir. Ada beberapa kesalahan dalam proses filtering yang terjadi. Mungkin tidak banyak, namun terkadang ada beberapa konten yang sebenarnya tidak berbahaya, namun tetap diblokir oleh proxy server, karena kesalahan identifikasi. Apabila hal ini terjadi, maka kita harus mengganti konfigurasi proxy server telebih dahulu agar halaman bisa dimuat kembali dengan baik.

  • Keterlambatan Update

Proxy server juga dapat mengalami keterlambatan dalam melakukan update. Apabila proxy server mengalami keterlambatan dalam melakukan update, maka hal ini akan menyebabkan user akan memperoleh konten-konten yang belum update dan harus melakukan refreshin beberapa kali sebelum akhirnya memperoleh konten yang sudah terupdate.

Demikianlah ulasan mengenai proxy pada artikel kali ini. Seperti yang sudah dijelaskan pada ulasan di atas, proxy merupakan sebuah server yang bisa dikatakan menjadi pihak ketiga yang menghubungkan antara komputer pribadi dengan jaringan internet.

Pada ulasan di atas juga kita bisa tahu bahwa ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari penggunaan proxy di dalam sebuah jaringan internet. Dengan menggunakan proxy dalam sebuah jaringan internet, kita bisa merasakan akses internet yang cepat bahkan bisa mendapatkan keamanan yang terjamin dalam mengakses internet. Namun dengan banyaknya manfaat yang didapatkan dari penggunaan proxy, bukan berarti tidak mempunyai kelemahan seperti yang sudah dijelaskan juga. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih sudah membaca.