Yuk, Ketahui Lebih Dalam Mengenai Sulap

January 12, 2018 7111 Views

Siapa yang tidak menyukai hiburan. Hampir semua orang yang ada di dunia ini pastinya menyukai hiburan, entah hanya untuk sekedar menghilangkan rasa bosan dan penat ataupun juga sebagai hobi yang memang menggemari hiburan. Dan tidak bisa dipungkiri juga salah satu hiburan yang paling banyak disukai di dunia adalah sulap.

Ya, bisa dibilang sulap adalah salah satu hiburan yang paling banyak disukai karena memiliki sensasi tersendiri yang mampu memukau siapapun yang melihatnya karena aksi yang dilakukan oleh pesulap itu sendiri. Tak heran juga banyak orang di dunia ini yang bertanya-tanya bagaimana bisa seseorang mejadi seperti memiliki kekuatan sihir karena ibarat memanipulasi mata para penonton yang menikmati aksinya.

Terlepas dari itu semua, ada baiknya daripada kita juga ikut bertanya-tanya mengenai atraksi sulap ini, mari kita sama-sama menyimak tentang penjelasan mengenai sulap ini. Silahkan simak ulasannya pada artikel kali ini.

Apa Itu Sulap

Sulap adalah suatu seni pertunjukan yang banyak diminati sebagian besar masyarakat di dunia, karena pada penyajiannya sulap dapat membuat heran penontonnya akan rahasia di balik penyajiannya. Sulap merupakan suatu gabungan dari berbagai seni yang ada, misalnya seni tari, seni musik, seni rupa, dll dan merupakan penerapan dari gabungan berbagai disiplin ilmu yang ada. Misalnya ilmu fisika, ilmu biologi, ilmu kimia, ilmu psikologi, dan lain-lain.

Seni Sulap bukanlah suatu keterampilan yang berbau klenik atau supranatural, karena setiap trik sulap dapat dijelaskan. Sulap semata-mata hanyalah permainan “kelihaian” tangan, manipulasi, hasil kerja dari suatu perlengkapan/ peralatan ataupun efek yang timbul dari suatu reaksi kimia dan yang telah dilatih sebaik mungkin oleh seorang pesulap sebelum dipertunjukkan kepada orang lain. Oleh sebab itu sulap dapat dipelajari oleh semua orang, asalkan orang tersebut mau berlatih pula dengan baik.

Sayang sekali sampai sekarang masih saja ada orang yang menyamakan sulap dengan sihir/mistik. Sulap dianggap sebagai satu kekuatan supranatural karena disesatkan oleh beberapa Pesulap yang hanya memikirkan popularitas dan uang saja. Pesulap yang sejati tidak akan membiarkan orang lain berpikir terlalu jauh bahwa pesulap mempunyai kekuatan sihir.

Sejarah Perkembangan Sulap

Sampai saat ini, belum jelas secara pasti kapan pertama kali sulap di’temukan’, tapi dari penelitian yang selama ini dilakukan, sulap tertua ditemukan pada sebuah lembaran papyrus yaitu sebuah benda peninggalan sejarah dari Mesir kuno yang ditulis sekitar tahun 2700 SM.

Pada lembaran tersebut tertulis sebuag kisah yang terjadi pada tahun 2600 SM yang menceritakan seorang pesulap mesir yang memainkan sebuah trik sulap untuk menghibur Raja Cheops. Pesulap bernama Dedy tersebut memotong kepala seekor sapi dan mengembalikannya dalam keadaan hidup – pada versi lain menampilkan trik sulap classic Cups and Ball -.

Pada abad ke-18, seorang Pesulap bernama Isaac Fawkes yang berasal dari Inggris berhasil membuat pertunjukkan sulap menjadi populer pada saat itu dan dianggap menjadi orang yang paling berjasa didunia pertunjukkan sulap, terutama di Inggris.

Salah satu triknya yang paling populer adalah membuat sebuah pohon apel yang tumbuh dan mekar serta berbuah dalam waktu kurang dari 1 menit. Setiap pertunjukkannya selalu sukses dan diminati banyak orang yang membuatnya kaya raya sampai akhir hayatnya.

Pesulap lainnya yang juga memiliki pengaruh yang besar terhadap dunia sulap adalah Giuseppe Pinetti (1750 – 1800) seorang pesulap kelahiran Italy yang terinspirasi dari kesuksesan Isaac Fawkes, pertunjukkan sulapnya yang spektakuler membuatnya menjadi tenar hinga sering dipanggil keluarga kerajaan untuk melakukan pertunjukkan sulap.

Selanjutnya ada John Henry Anderson (1814 – 1874), seorang pesulap dari Scotlandia yang dijuluki The wizard of the North. Pedahulu Harry Haudini ini sangat sukses menembus pasar Eropa, Australia, dan Amerika.

John Henry Anderson terkenal dengan peralatan sulapnya yang besar dan terbuat dari perak solid. Dia menjadi sangat terkenal dan kaya raya hingga sebuah musibah menimpanya. Theater pertunjukkannya terbakar habis hingga menyebabkan ia menjadi bangkrut.

Selanjutnya, mulai bermunculan pesulap-pesulap hebat seantero jagad dengan kemampuan dan trik yang luar biasa. Perkembangan tehknologi juga sangat mempengaruhi perkembangan dunia sulap, media turut berperan serta dalam publikasi sulap sehingga sampai saat ini sulap menjadi sebuah pertunjukkan hiburan yang sangat digemari diseluruh dunia.

Perkembangan Sulap Di Indonesia

Seni Sulap di Indonesia mulai berkembang sejak awal abad ke-19, namun tidak banyak catatan tentang perkembangan sulap pada periode tersebut. Pada tahun 1950, muncullah seorang pesulap berkebangsaan Indonesia bernama Lie, ia dikenal sebagai pesulap angkatan pertama di Indonesia. Dia juga mendirikan sebuah perkumpulan sulap yang di beri nama “SUNGLAP” yang berarti sungguh gelap.

Jadi menurut Lie, seni sulap sungguh–sungguh gelap bagi para penontonnya, karena mereka sama sekali tidak tahu rahasia di balik sebuah pertunjukkan sulap. Seni Sulap pada zaman itu sangat sedikit peminatnya, hal ini di karenakan harga alat – alat sulap pada zaman itu sangatlah mahal, sehingga hanya orang–orang kaya yang dapat membeli alat–alat tersebut. Oleh karena hal itu, seni sulap pada zaman itu perlahan memudar.

Tahun 1990, Seni Sulap di Indonesia mulai terdengar lagi gaungnya, hal ini berkat kemuncullan seorang pesulap bernama Andry Manan. Dia adalah pesulap pertama yang mempertunjukkan Seni Sulap di layar televisi, sehingga hampir seluruh masyarakat Indonesia mengetahui tentang adanya Seni Sulap. Semenjak saat itu, banyak stasiun televisi yang tertarik untuk menggunakan pesulap untuk mengisi di salah satu acara mereka.

Tahun 1999, Deddy Corbuzier muncul sebagai Mentalis terbaik se-Asia Tenggara, tidak lama setelah kemunculan Deddy Corbuzier, muncullah pesulap–pesulap baru seperti Demian Aditya, Romy Rafael, Oge Arthemus, Decky San, Bow Vernon. Dan pada tahun 2008 muncullah sebuah kompetisi yang diperuntukan bagi pesulap–pesulap baru di tanah air, sehingga dari kompetisi tersebutlah lahir generasi–generasi pesulap yang baru hingga sampai detik ini meskipun kompetisi tersebut telah berakhir.

Jenis-Jenis Sulap Berdasarkan Alirannya

Tentu kamu pernah melihat aksi sulap yang dilakukan oleh Dedy Corbuzier kan? Seperti misalnya saat dia membengkokkan sendok dengan menggunakan pikirannya. Sulap seperti itu disebut dengan aliran sulap Mentalist. Nah, selain Aliran Mentalist, ada juga aliran-aliran sulap lainnya, berikut ini adalah penjelasannya :

  • Mentalist
    Aliran sulap yang berhubungan dengan kekuatan pikiran. Di Indonesia aliran ini yang paling populer dan banyak dipakai magician. Beberapa ilmu yang diajarkan di Mentalist adalah Telekinesis (Menggerakan benda jarak jauh), Membaca pikiran, Claiforyant (melihat benda dengan mata tertutup), ESP atau Indra keenam.
  • Classic Magic
    Jenis sulap ini tidak banyak bicara, hanya mengandalkan gerakan dan bahasa tubuh, sangat identik sekali dengan kecepatan tangan seperti mengeluarkan banyak kartu dari tangan kosong, memunculkan kelinci dalam topi, mengubah baju dengan cepat. Aliran jenis ini sangat disukai anak kecil.
  • Illusionist
    Demian Aditya adalah magician terkenal di Indonesia dengan aliran ilusionist. Aliran jenis ini menciptakan Ilusi yang tidak mungkin bisa dilakukan seperti menangkap Peluru, Memunculkan dan menghilangkan manusia dalam kotak, dan juga bisa terbang.
  • Hipnotis
    Kemampuan seorang hipnotis adalah mempengaruhi pikiran alam bawa sadar, orang yang terkena hipnotis akan mengikuti semua perintah sang Hipnotis. Aliran ini sangat identik dengan Humor.
  • Fakir
    Banyak orang yang bilang bahwa fakir itu Debus, tapi ada perbedaan antara Fakir dan Debus, Debus biasa dikaitkan dengan Ilmu Hitam, sedangkan fakir murni Latihan, Skill, dan sedikit Trik. Aliran ini sangat populer dari mentalis di Indonesia, karena Indonesia termasuk Negara yang penduduknya masih di pengaruhi dengan mistis.
  • Escapology
    Aliran ini adalah yang paling berbahaya, dimana Magician harus bisa meloloskan diri dari bahaya. Permainan aliran ini seperti Melepaskan tangan yang di gembok didalam air, meloloskan diri dari kamar api yang pernah dimainkan Oge Arthemus. Magician lain yang beraliran Escapology adalah Edo Shadow, Harry Houdini.

Jenis Aliran Sulap Baru :

  • Mathemagic
    Aliran ini di populerkan oleh Joe Sandy pada saat kompetisi The Master 1 di Gelar dan Joe Sandy menjadi Juara. Aliran ini sangat berhubungan sekali dengan angka, permainan aliran ini seperti menghitung Cepat, Menebak Tanggal lahir dengan kombinasi angka dan memprediksi hitungan angka dari penonton. Bisa dikatakan aliran ini merupakan kombinasi antara Mentalist dan Matematika.
  • Close-Up Magic
    Adalah sulap yang dilakukan dengan jarak yang sangat dekat. Harus pintar-pintar menyembunyikan kecepatan tangannya dengan baik agar rahasia sulap tidak terungkap.Digemari karena tidak memerlukan alat yang besar, melainkan menggunakan alat-alat sehari-hari yang mudah didapat.
  • Pick Pocket
    Aliran ini bisa disebut juga sebagai aliran Copet. Mengambil barang tanpa sepengetahuan penonton dengan sangat cepat. Barang yang diambil biasanya Jam Tangan, Sabuk, Dompet, KTP, bahkan Kaca mata yang sedang dipakai.
  • High Tech Ilusionist
    Permainan sulap ini menggunakan Teknologi canggih pada jaman sekarang. Biasanya menggunakan Benda yang berhubungan dengan teknology seperti TV Plasma, Gadget dan lain-lain.
  • Cardician
    Aliran ini Identik dengan kecepatan tangan, dan hanya fokus pada Kartu Remi. Di panggung The Master masih belum ada magician yang berpredikat sebagai Cardician, mungkin ini akan menjadi terobosan terbaru kedepan nanti. Aliran ini masih dibawakan oleh magician luar yaitu Daniel Madison, orang yang dulunya menjadi Card Shark (Orang yang selalu bermain kartu secara curang di meja Kasino).

Pesulap Terbaik Yang Ada Di Dunia

Di dunia ini pastinya ada banyak sekali orang dengan profesi yang digeluti sebagai pesulap. Namun, diantara semuanya juga pasti ada yang terbaik. Untuk itu, berikut ini adalah para pesulap terbaik yang ada di dunia :

  • Apollo Robins (Sleight of Hand)

Jika kamu bertemu dengan orang ini maka berhati-hatilah dengan semua barang bawaan kamu karena Apollo Robins adalah magician atau pesulap yang terkenal dengan seni mencurinya. Tapi untungnya, Apollo Robins tidak pernah berniat jahat karena ia sendiri adalah seorang konsultan keamnan dan juga merupakan entertainer dengan kemampuan tangannya yang sangat cepat.

Salah satu aksi yang membuat nama Robbins terkenal adalah pada saat ia mencuri barang-barang seorang agen rahasia yang sedang melindungi seorang mantan Presiden yaitu Jimmy Carter. Yang mengagumkan adalah selain berhasil mencuri barang bawaan agen rahasia tersebut Ia juga berhasil mencuri buku bawaan presiden terebut dan kunci ke mobil konvoi Presiden.

  • Val Valentino (Illusionist)

Mungkin kamu tidak familiar dengan nama ini tapi bagaimana dengan nama “Masked Magician?” Val Valentino adalah ilusionis asal Amerika yang mendapatkan popularitasnya dari mengekspos trik-trik sulap para pesulap lainnya dengan nama panggung “Masked Magician.” Ia melakukan hal ini dengan dasar untuk mendorong pesulap lainnya menemukan trik-trik sulap yang baru dan tidak hanya mengembangkan trik sulap yang sudah pernah ada.

Hal ini dimulai saat Fox (perusahaan penyiaran acara televisi) terus menerus meminta Val Valentino mengungkap beberapa trik ilusi sebagai ganti Fox akan membayar Val, dan Val juga diperbolehkan untuk mengenakan topeng. Inilah cikal bakal dari “Pesulap Bertopeng” atau “Masked Magician”.

  • Dynamo (Illusionist)

Steven Frayne atau dikenal dengan nama panggung Dynamo dikatakan merupakan pesulap modern yang dapat mencantumkan namanya di kalangan atas setara dengan David Copperfield. Para fans pesulap ini mengatakan bahwa berkat dirinya, sulap-sulap kuno kembali menjadi sebuah kejadian yang mengagumkan bagi para penontonnya.

Beberapa aksinya yang terkenal adalah berjalan di atas air, membuat sebuah pnsel berada di dalam botol air tanpa merusaknnya, menembus kaca tanpa membuatnya pecah di hadapan ratusan orang, mengemudi dengan mata dan telinga tertutup, menelan berlian kemudian mengambilnya keluar dari perutnya sendiri, serta banyak lainnya.

  • Penn and Teller (Illusionist)

Walaupun sekarang telah berganti profesi menjadi komentator sosial menyangkut isu atheism, obat-obatan, liberalism dan sejenisnya, Penn & teller sebenarnya adalah pesulap yang terkenal sebagai duo magician. Mereka terkenal karena pertunjukan sulap mereka yang menggabungkan alur misteri dengan bumbu komedi.

Salah satu aksi duo mereka yang paling terkenal dan tetap mengagumkan hingga sekarang adalah pada saat mereka menangkap peluru yang ditembakkan ke diri mereka masing-masing dengan mulut mereka. Mereka berdua sering muncul dalam banyak acara teleivisi, literatur dan juga terkenal karena karir komedi.

  • Magic Babe Ning (Illusionist)

Ning Cai yang memiliki julukan terkenal sebagai ‘Magic Babe’ Ning adalah pesulap Singapura yang disebut sebagai “Pesulap Wanita Profesional Pertama di Asia Tenggara.” Inspirasinya dalam menjadi pesulap adalah dari David Copperfield pada saat ia berumur 5 tahun, dimana ia tidak menyetujui bahwa wanita hanya menjadi asisten dari para pesulap pria. Hal lain yang membuatnya terkenal adalah pada saat ia disebut sebagai “wanita terseksi di dunia sulap” oleh MagicSeen, MagicSeen sendiri adalah majalah sulap terbesar di UK.

Salah satu aksinya yang paling terkenal adalah saat ia meloloskan diri dari borgol, gembok, dan rantai yang mengikatnya dalam sebuah kurungan besi dengan duri-duri stainless yang akan menimpanya dalam waktu 90 detik, terlebih iamelakukan semua itu dengan mata tertutup.

  • Deddy Corbuzier (Mentalist)

Deodatus Andreas Deddy Cahyadi Sunjoyo atau singkatnya dan lebih dikenal sebagai Deddy Corbuzier adalah seorang mentalis yang disebut master para magician di Indonesia. Beberapa hal yang membuat namanya terkenal selain kemampuan sulapnya adalah make-upnya dan kemunculannya di berbagai media televisi sebagai entertainer.

Deddy Corbuzier juga adalah salah satu magician yang menerima Merlin Award (award international untuk para magician karena kontribusinya di dunia sulap), dimana pada tahun 2010 ia disebut sebagai “Mentalist of The Year”.

  • David Blaine (Illusionist)

Lahir pada 4 April 1973 di Brooklyn, New York, David Blaine yang terinspirasi dari pesulap jalanan berhasil menjadi seorang pesulap dan entertainer ternama yang dikenal dunia sekarang ini. Beberapa aksinya yang terkenal adalah terkait dengan kemampuan ketahanan tubuhnya seperti berdiri di tiang setinggi 30 meter selama 35 jam, terkurung di sebuah kotak kaca tanpa makan selama 44 hari, terkurung di pilar es beku selama 3 hari dan masih banyak lainnya.

Aksi lainnya yang membuat namanya sebagai seorang ilusionis terkenal adalah ia dapat membuat dirinya melayang dan saat ia menebak sebuah kartu yang diambil secara acak dan membuat kartu itu muncul di sisi lain kaca sebuah kafe. Berkat aksi-aksinya ini David Blaine telah berhasil memecahkan rekor-rekor dunia terkait dengan ketahanan selama berhari-hari.

  • Criss Angel (Illusionist)

Mimpinya sebagai pesulap adalah menjadi “Jika Houdini adalah melambangkan abad 20, maka ia ingin melambangkan abad 21 dengan seni ilusinya.” Ia sering disebut-sebut sebagai pesulap atau magcian paling terkenal di abad 21. Hal ini berkat kemunculannya dalam acara televisinya yang sangat terkenal, yaitu “Criss Angel: Mind Freak.” Criss Angel adalah salah satu magician yang menerima penghargaan Merlin Award (award untuk para pesulap berkat kontribusinya di dunia sulap).

Beberapa aksinya yang paing terkenal adalah melayang di antara dua gedung, membuat sebuah mobil Lamborghini lenyap, selamat dari ledakan bom C4, memotong dirinya menjadi dua secara live, dilindas oleh kendaraan Steamroller (kendaraan pelindas yang biasa untuk membuat jalanan aspal), berjalan di atas air, menembus pintu besi, dan banyak lainnya. Walaupun kita tahu teknik sulap itu adalah trik, tetapi seperti pesulap lainnya ia mengatakan: “Tidak ada trik, apa yang saya lakukan adalah ilusi. Kamu yang menentukan mana yang nyata dan mana yang ilusi”.

  • Harry Houdini (Escapologist)

Erik Weisz atau lebih dikenal dengan nama Harry Houdini adalah nama dari seorang pesulap yang terkenal karena kemampuannya untuk meloloskan diri dari situasi yang tidak memungkinkan (Escapology). Beberapa aksinya yang paling terkenal adalah meloloskan diri dari borgol khusus yang membelenggu semua tubuhnya dimulai dari kaki tangan lengan hingga kepala, Chinese Water Cell (terperangkap dalam air), dan dikubur hidup-hidup dalam baju khusus.

Memulai karirnya sebagai pesulap di sirkus yang akhirnya berhasil membesarkan namanya sendiri dengan teknik meloloskan dirinya. Harry Houdini dapat disebut sebagai ‘Kakek’ dari seni Escapology. Walaupun mungkin tekniknya tidak bisa dibandingkan dengan magic atau sulap sekarang ini, ia-lah yang mempelopori para magician atau pesulap modern sekarang ini akan ide-ide meloloskan diri lainnya.

  • David Copperfield (Illusionist)

Sering disebut-sebut sebagai magician atau pesulap terbaik sepanjang masa yang berjaya pada akhir abad 20 dan di awal abad 21. Walaupun sekarang ia telah mengakhiri karirnya sebagai seorang pesulap tapi ia tetap dikenal sebagai legenda di dunia sulap. Beberapa aksi paling terkenal David Copperfield adalah Menembus Tembok Besar Cina, membuat patung liberty hilang, meloloskan diri dari air terjun Niagara, melayang di atas Grand Canyon, dan masih banyak lainnya.

Ia juga mendirikan “International Museum and Library of The Conjuring Arts,” LA, Nevada, yang ditujukan untuk melestarikan berbagai seni magic atau sulap. Salah satu kelebihan dari David Copperfield selain kemampuan sulapnya adalah kemampuannya untuk menarik para penonton dengan ceritanya (story telling). Mungkin hal ini karena ia telah mempraktekkan sulap sejak umur 12 tahun.

Nah, itulah ulasan mengenai sulap. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mempelajari atau bahkan ingin menjadi pesulap?